Obat Masuk Angin Alami, Cobalah Resep Ramuan Simpel Ini!

obat masuk angin alami
Resep obat masuk angin alami. Foto: Ist/Net

Menggunakan obat masuk angin alami merupakan solusi praktis yang murah dan cukup efektif. Ada banyak jenis obat herbal untuk mengatasi dan menyembuhkan penyakit masuk angin yang termasuk sering kita alami.

Pada saat musim hujan tentunya kita harus waspada terhadap berbagai penyakit yang berpotensi menyerang tubuh. Salah satunya adalah masuk angin. Masuk angin merupakan penyakit yang sangat umum dan banyak orang yang mengalaminya.

Ada sejumlah gejala penyakit masuk angin ini. Seperti merasakan tidak enak badan, perut mual atau terasa seperti ada angin yang bergerak-gerak dalam perut, dan rasa lemas pada tubuh.

Masuk angin, mengutip dari Wikipedia, merupakan kondisi tubuh yang tidak nyaman akibat berkumpulnya gas yang dalam perut. Masuk angin adalah istilah yang orang awam gunakan terhadap sebuah penyakit yang memiliki gejala-gejala seperti tersebut.

Sedangkan secara medis sebenarnya tidak mengenal istilah masuk angin. Penyakit dengan gejala tersebut dalam dunia medis biasa kita kenal sebagai flu dengan tambahan gejala lain yaitu demam.

Masuk angin memang serupa dengan influenza ini karena penyebab dan gejalanya yang memang hampir sama.

Baca Juga : Kenali Penyebab dan Gejala Masuk Angin serta Langkah Mencegahnya

Resep Ramuan Obat Masuk Angin Alami

Anda dapat menemukan banyak sekali obat untuk mengatasi masuk angin. Namun negara kita juga sangat kaya dengan tanaman berkhasiat obat yang terkenal dengan sebutan herbal.

Karena itu alangkah baiknya jika Anda menggunakan obat alami sehingga tidak menimbulkan efek samping. Berikut ini beberapa resep ramuan untuk obat masuk angin alami yang bisa anda gunakan.

Menggunakan Kencur

Kencur, tanaman obat yang satu ini memang sudah terkenal sangat ampuh untuk mengatasi masuk angin. Anda bisa menggunakan herbal ini sebagai minuman yang enak dan berkhasiat.

Cara penggunaannya juga mudah. Sediakanlah satu buah kencur, satu ruas jahe, dan kapulaga lalu dan rebuslah dengan dua gelas air. Tunggu hingga mendidih.

Setelah mendidih, saringlah air rebusan tadi dan tunggu hingga hangat. Minumlah air rebusan herbal tadi satu hari sekali secara rutin hingga masuk angin Anda sembuh.

Baca Juga : 7 Cara Ampuh Mengatasi Masuk Angin

Dengan Jahe

Jahe yang biasanya kita gunakan sebagai penyedap makanan juga merupakan obat masuk angin alami yang ampuh. Herbal ini terkenal dengan rasanya yang pedas dan dapat menimbulkan rasa hangat pada badan.

Cara penggunaannya cukup mudah. Siapkan saja satu buah jahe, kemudian tumbuk atau blender hingga halus. Setelah halus, seduhlah jahe tadi dengan satu gelas air panas.

Anda dapat menambahkan gula sesuai selera agar rasanya lebih enak. Minumlah air seduhan jahe tersebut secara rutin satu hari sekali hingga penyakit masuk angin Anda sembuh.

Bawang Putih

Selain berguna sebagai bumbu dapur, ternyata bawang putih juga mengandung banyak antibiotik. Senyawa ini berperan penting untuk meningkatkan imun atau kekebalan tubuh dan sebagai obat masuk angin alami.

Salah satu penyebab penyakit masuk angin adalah menurunnya sistem kekebalan tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi bawang putih ini, maka kekebalan tubuh Anda akan meningkat. Sehingga tubuh Anda akan pulih dari masuk angin.

Untuk menggunakannya sebagai obat alami sangatlah mudah. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung layaknya Anda sedang minum pil dari dokter.

Baca Juga : Hati-hati! Penyebab Perut Kembung Tak Hanya Akibat Masuk Angin

Mengonsumsi Sup Ayam

Resep obat masuk angin alami yang satu ini termasuk yang paling menyenangkan, khususnya bagi Anda yang tidak suka dengan obat dan jamu yang rasanya pahit. Anda dapat memakan sup ayam yang berguna sebagai penghangat tubuh.

Selain itu dengan memakan sup ayam, tubuh Anda akan terisi oleh asupan gizi yang terkandung dalam sup ayam tersebut. Sehingga dengan mengonsumsinya tubuh Anda akan cepat pulih dari masuk angin.

Ubi Merah

Disamping rasanya yang enak, ubi merah juga bermanfaat bagi tubuh. Makanan ini juga berfungsi sebagai obat tradisional untuk mengatasi masuk angin yang sering kita alami.

Anda bisa mengolahnya dengan mencampur bahan-bahan lain seperti gula merah, cengkeh, kapulaga, kayu manis dan jahe merah. Rebus dengan air secukupnya setelah itu minum rebusan rempah tersebut secara rutin.

Demikianlah beberapa resep ramuan obat masuk angin alami yang dapat anda gunakan. Mengonsumsi herbal semacam ini juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit ini datang. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah