Pemkab Pangandaran Sediakan Pos Pemeriksaan Kesehatan Wisatawan

Pemkab Pangandaran Sediakan Pos Pemeriksaan Kesehatan Wisatawan
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata. Foto: Ceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menyediakan pos pemeriksaan kesehatan khusus bagi wisatawan luar daerah yang tidak membawa surat sehat.

Pos pemeriksaan dari Dinas Kesehatan itu berada di lapangan Merdeka.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, bagi wisatawan luar daerah yang tak membawa surat hasil rapid test antigen, tidak mesti harus pulang lagi.

“Kita sediakan pos pemeriksaan kesehatan, wisatawan yang tidak membawa surat sehat bisa menjalani tes antigen yang sudah kita siapkan bersama petugasnya,” ujar Jeje Sabtu (15/5/2021) saat meninjau lokasi pantai Pangandaran.

Baca Juga: Petugas Gabungan di Pangandaran Putar Balik Puluhan Kendaraan Pemudik

Apabila hasil tes negatif, wisatawan bisa masuk dan berlibur ke objek wisata Pantai Pangandaran.

“Sebaliknya, jika hasilnya positif wisatawan tersebut harus pulang lagi ke kota asalnya,” katanya.

Pihaknya pun meminta pengusaha restoran dan hotel agar selalu mengingatkan pengunjung untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Kita juga minta wisatawan agar selalu menerapkan prokes 5M, guna mengantisipasi penyebaran Covid-19,” jelas Jeje.

Lebih lanjut Jeje menyebut, bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan plat Z, semuanya harus masuk melalui pintu tol gate parapat.

“Bagi yang membawa kendaraan plat luar Z, harus masuk ke pintu tol gate utama dengan menunjukan hasil rapid test antigen,” ungkapnya.

“Jika tak bisa menunjukan hasil rapid test, harus menjalani pemeriksaan kesehatan dulu di pos Dinas Kesehatan,” ucapnya lagi.

Jeje menambahkan pembukaan objek wisata Pangandaran ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dari sektor pariwisata.

Meski demikian, sektor kesehatan juga harus tetap diperhatikan, agar tidak menimbulkan penyebaran Covid-19.

“Makanya ada ketentuan bagi pengunjung yang ingin berwisata kesini dan wajib mereka taati, terutama soal prokes,” pungkasnya. (Ceng2/R8/HR Online)

Editor: Jujang