Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyakit Kanker Usus Besar, Gejala dan Ciri-cirinya

Penyakit Kanker Usus Besar, Gejala dan Ciri-cirinya

Mengenal penyakit kanker usus besar sangat penting untuk penanganan yang cepat dan tepat. Terlambat dalam memberikan pertolongan terhadap penyakit kanker ini bisa berakibat fatal. Karena itu penting mengenal gejala dan ciri penyakit ini.

Kanker merupakan salah satu dari berbagai penyakit yang paling mematikan di dunia. Ada banyak jenis kanker yang bisa menyerang tubuh. Kanker usus besar juga termasuk yang wajib kita waspadai meskipun tidak sepopuler jenis kanker lainnya.

Biasanya kanker usus besar banyak terjadi dari polip adenoma pada usus serta penumpukan tinja. Hal ini terjadi karena konstipasi yang terlalu lama. Kanker tersebut ditandai dengan munculnya sel-sel yang tidak normal dalam usus besar.

Dalam penanganan kanker usus besar adalah dengan menggunakan terapi. Dokter mungkin akan melakukan diagnosis yang terkadang berlanjut melalui jalan operasi dan dengan kemoterapi.

Pola makan yang tidak sehat dan faktor keturunan merupakan beberapa faktor yang menjadi penyebab kanker usus besar. Karena itulah, mulailah mengubah pola dan gaya hidup sehat untuk memperkecil resiko terkena kanker usus besar.

Baca Juga : Manfaat Kayu Ular untuk Stamina, Anti Kanker, dan Obat Malaria

Kenali Gejala Penyakit Kanker Usus Besar

Untuk mencegah kondisi menjadi parah dan terlambat, sangat penting mengenal penyakit ini. Berikut ini berbagai ciri dan gejala penyakit kanker usus besar yang sebaiknya anda perhatikan.

Perut Kembung

Anda dapat mengetahui lewat perut yang terasa kembung. Namun, kembung pada perut ini akan kerap kali dirasakan dan sulit untuk diatasi. Kembung yang seperti inilah yang bisa dikatakan sebagai tanda awal kanker usus besar.

Susah Buang Air Besar

Pada kondisi normal, biasanya kita akan membuang limbah tubuh setiap hari. Akan tetapi jika ada gangguan pada pencernaannya, maka proses buang air besar atau BAB menjadi tidak teratur.

Baca Juga : Gejala Penyakit Celiac Sering Tidak Disadari Orang Dewasa

Kondisi ini berarti anda sedang mengalami susah buang air besar yang tandanya berupa feses yang keras. Ketika ini terjadi tak jarang kita akan mengeluarkan darah segar akibat terus memaksa keluar akibat organ pencernaan luka.

Sering Diare

Sering diare hal ini memang sering terjadi, inilah termasuk tanda lainnya dari penyakit kanker usus besar. Anda akan sering terserang diare dan gangguan tersebut tak kunjung sembuh walaupun Anda berusaha untuk mengobatinya.

Penyakit Wasir

Apa itu penyakit wasir?  Wasir merupakan penyakit yang akan menyebabkan anus akan mengeluarkan darah saat anda buang air besar. Penyakit  tersebut terjadi akibat tubuh kurang mengonsumsi serat dan air putih.

Sehingga proses pembuangan feses akan sulit dan menyebabkan usus terluka. Jika anda pernah atau mungkin baru mengalami wasir, maka perlu waspada. Untuk mengatasinya anda bisa meminum obat atau memeriksakan ke dokter.

Baca Juga : Pencegahan Penyakit Usus Buntu untuk Mengurangi Resiko Terserang

Penyakit Ambeien

Ciri gejala selanjutnya adalah jenis penyakit ambeien, yaitu sistem pencernaan akibat jalur keluar kotoran terhalang.

Oleh Karena itu, jika anda mengalami susah saat buang air besar, sebaiknya segera menghubungi dokter agar bisa mendapatkan informasi yang jelas mengenai penyakit yang Anda derita.

Ciri-ciri Umum Penyakit Kanker Usus Besar

Selain beberapa gejala tersebut, penyakit ini juga biasanya memperlihatkan ciri yang bersifat umum. Berikut ini ciri-ciri penyakit kanker usus besar secara umum yang biasanya penderita alami.

  1. Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas
  2. Rasa sakit di perut atau bagian belakang
  3. Keluar darah dari anus
  4. Berat badan menurun drastis
  5. Perut masih terasa penuh dan begah meskipun sudah buang air besar. Rasa lelah yang terus-menerus. Ketidaknyamanan yang amat terasa pada area perut, seperti kejang, kembung atau nyeri
  6. Kanker bisa menjadi masalah dalam usus, dan hal itu dapat terlihat dari adanya sejumlah gejala, seperti rasa sakit, sembelit, nyeri dan perut terasa kembung.
  7. Pendarahan pada bagian usus besar dapat diketahui dengan adanya darah dalam feses ketika buang air besar.
  8. Perubahan pada fungsi usus (diare atau sembelit) tanpa sebab yang jelas, biasanya lebih dari enam minggu
  9. Bentuk kotoran (feses) yang memanjang dan kecil mirip seperti pensil
  10. Anemia, dengan tanda penderitanya terlihat sangat pucat

Itulah berbagai ciri dan gejala penyakit kanker usus besar yang sebaiknya kita waspadai. Sebenarnya masalah kanker pada usus besar bisa kita cegah dengan cara mengubah kebiasaan pola hidup tidak sehat.

Salah satunya hindari konsumsi lemak berlebih dan beralih mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat tinggi. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -