Penyebab AC Mobil Bau Apek dan Tak Sedap, Tenyata Ini Biang Keladinya

Penyebab AC Mobil Bau
Ilustrasi Penyebab AC Mobil Bau. Foto: Ist/Net

Penyebab AC mobil bau apek atau lembab umumnya memang muncul secara tiba-tiba seiring penggunaan kendaraan yang anda miliki.

Kejadian seperti ini dapat membuat udara dalam mobil keluarga menjadi pengap. Jangan menganggap enteng kondisi seperti ini, karena selain mengganggu penumpang, tentunya juga tidak baik untuk kesehatan.

Mobil adalah tempat anda akan berlama-lama ketika melakukan perjalanan, jika kabin memiliki aroma yang tidak sedap tentu akan mengganggu penciuman.

Munculnya bau apek pada AC tak selalu terjadi karena adanya komponen yang rusak dalam sistem AC mobil. Namun bisa juga karena kurang tepatnya dalam memilih pengharum ruangan.

Pengemudi akan merasa nyaman apabila kabin mobil mengeluarkan aroma wangi, sehingga banyak orang yang sengaja menempatkan pewangi dalam mobil.

Baca Juga : Cara Membersihkan AC Mobil, Bisa Anda Lakukan di Rumah

Akan tetapi jika kabin tetap bau apek, bisa jadi bau yang timbul karena adanya bekas makanan yang membusuk. Segala kemungkinan penyebab AC menjadi bau tersebut mungkin saja terjadi mengingat penyebabnya tak selalu karena adanya kerusakan pada komponen mobil.

Beberapa Penyebab AC Mobil Bau yang Bisa Mengganggu Kenyamanan

Masalah yang sering timbul ini memberikan efek tidak nyaman saat berkendara dan mayoritas pemilik mobil sudah pernah mengalaminya. Sedangkan, AC berfungsi untuk memberikan kesegaran di dalam kabin mobil anda. Jadi apabila mengeluarkan bau, maka seluruh kabin mobil akan merasakannya.

Akan tetapi untuk mengatasi penyebab AC mobil bau ini cukup mudah. Anda tinggal memberikan pengharum mobil yang nantinya akan melawan bau tak sedap itu. Akan tetapi pengharum mobil hanya akan bertahan sebentar, setelah itu bau akan kembali menyerbak.

Baca Juga : Fungsi Kondensor AC Mobil dan Cara Perawatannya

Jika hal ini terjadi kemungkinan penyebab AC bau karena adanya komponen yang rusak. Komponen tersebut harus segera anda perbaiki agar tidak menjalar ke komponen lainnya. Berikut penyebab lain yang bisa membuat AC mobil anda mengeluarkan bau tak sedap.

Evaporator Kotor

Biasanya terdapat bau yang kurang sedap karena pengemudi sering merokok dalam mobil. Kandungan nikotin pada rokok ini yang mana akan mudah menempel ke evaporator. Jika tidak segera anda atasi lama kelamaan nikotin ini akan menjadi lendir. Jika sudah menjadi lendir maka akan menjadi penyebab AC mobil bau. Kemudian, cara mengatasinya pun mudah, anda tinggal membersihkan rumah dari evaporator, selanjutnya hindari kebiasaan merokok di dalam kabin mobil.

Grille AC yang Kotor

Sama seperti pada evaporator, Grille pada AC yang kotor pun bisa menjadi penyebab pendingin mobil bau. Sementara itu, grille AC merupakan komponen yang terdapat di bagian depan AC. Jika tidak sering anda bersihkan maka kotoran yang menempel akan menumpuk. Sehingga saat AC menyala kotoran akan terbawa keluar kembali. Oleh karena itu kami sarankan untuk selalu menjaga kebersihan mobil dan membersihkan komponen grille AC agar bau tak sedap tidak muncul.

Jok Mobil yang Basah

Bau pada AC juga sering terjadi pada mobil yang memakai jok jenis kulit. Jok dengan bahan kulit ini akan mengeluarkan bau jika terkena air. Untuk mengatasinya anda perlu mengeringkan jok mobil. 

Setelah itu tinggal menambahkan pengharum ruangan mobil yang berkualitas. Dengan memilih pewangi mobil yang berkualitas, keawetan aroma segar pada mobil akan terasa lama dan membuat semakin nyaman.

Mobil Sering Membawa Barang Berbau Amis

Bau amis yang muncul dari barang bawaan akan menjadi penyebab AC mobil bau. Barang-barang yang berbau amis ini seperti ikan laut ataupun lainnya. Agar hal ini tidak terjadi, kami sarankan terlebih dahulu anda memasak ikan yang akan anda bawa.

Baca Juga : Pembersih AC Mobil, Cukup Ampuh Hilangkan Debu dan Kotoran 

Namun cara lain untuk menetralisir bau amis dengan menggunakan daun pandan dan kopi. Kedua bahan tersebut bisa anda taruh di dalam kabin mobil anda.

Memakai Pengharum Mobil Murahan

Hampir semua pemilik mobil menambahkan pengharum ruangan. Hal ini agar kabin mobil menjadi lebih segar dan bebas dari bau tak sedap. Sayangnya tak semua pengharum mobil memiliki kualitas yang bagus. 

Pengharum mobil yang murah akan mengeluarkan bau yang menyengat sehingga kenyamanan berkendara anda akan terganggu. Bahkan tak jarang pengharum mobil yang murah akan mengeluarkan zat yang bisa menempel pada AC mobil. Sehingga zat ini akan menutupi saluran keluar pada AC dan menjadi penyebab AC mobil bau. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto