Penyebab Gatal Pada Kulit yang Sering Terjadi dan Tak Disadari

penyebab gatal pada kulit
Kenali penyebab gatal pada kulit. Foto: Ist/Net

Penyebab gatal pada kulit ternyata banyak karena kebiasan buruk yang tidak kita sadari. Selain menimbulkan gatal, tak jarang kulit mengalami perubahan warna, terjadi radang, hingga mengelupas. Yuk kenali penyebabnya agar terhindar dari gangguan ini.

Kulit merupakan bagian tubuh terluar yang selalu terlihat. Pengaruh dari lingkungan yang buruk akan mengenai bagian kulit terlebih dahulu. Karena itu apabila terdapat masalah pada kulit akan langsung dapat kita ketahui.

Kulit yang bersih dan sehat memperlihatkan bahwa orang tersebut dapat menjaga kesehatan kulit tubuhnya. Mempunyai kulit yang bersih dan juga sehat akan membuat Anda tampak sehat dan juga awet muda.

Namun tentunya kulit juga mempunyai banyak masalah yang terkadang datang tanpa kita undang. Banyak yang mengalami kulit gatal maupun kering karena suatu kondisi tertentu.

Faktor Penyebab Gatal Pada Kulit

Kulit yang menghitam atau gatal, bahkan bersisik merupakan pertanda kulit yang kurang sehat. Hal itu terjadi karena banyak faktor sehingga menyebabkan kulit menjadi tidak sehat dan mudah mengalami gangguan.

Baca Juga: Manfaat Teh Celup yang Sudah Dipakai, Jangan Dibuang Dulu Bun!

Nah, berikut ini sejumlah faktor yang bisa menjadi penyebab gatal pada kulit yang sebaiknya Anda tahu.

Cuaca Ekstrem

Tentunya Anda tahu bahwa kulit manusia merupakan salah satu bagian tubuh yang harus terus mendapat perlindungan. Kulit terkadang bisa meradang dan menimbulkan banyak masalah saat cuaca ekstrem.

Hal ini tentu bisa kita antisipasi dengan pemakaian baju berlengan panjang. Cuaca yang terlalu panas atau dingin dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

Masalah kulit karena cuaca ini sudah banyak terjadi sehingga Anda harus waspada dan bisa mencari cara yang tepat. Memakai pakaian yang hangat saat musim dingin dan pakaian yang menyerap keringat atau memakai payung saat cuaca sangat terik.

Paparan UV

Paparan sinar matahari yang menusuk kulit secara langsung juga dapat menjadi penyebab gatal pada kulit. Bahkan kulit bisa berubah menjadi terlalu kering dan kemudian menghitam.

Anda dapat kehilangan kelembaban kulit Anda jika terpapar sinar UV secara terus menerus. Kulit juga akan mengalami dehidrasi yang parah sehingga banyak minum saat terik matahari akan sangat membantu.

Baca Juga: Penyebab Tangan Gemetar, dari Minum Kopi hingga Penyakit Serius

Air Hangat

Air hangat bisa menjadi penenang kala tubuh Anda yang penat dengan segala pekerjaan.

Namun Anda harus tahu bahwa mandi dengan menggunakan air hangat dalam kurun waktu yang cukup lama malah akan membuat kulit Anda keriput, kering dan juga bersisik.

Karena itu mandilah secukupnya dan segera selesaikan agar kulit tubuh Anda tetap dalam keadaan segar dan sehat.

Terkena Sabun atau Detergen

Faktor lainnya yang juga bisa menjadi penyebab gatal pada kulit adalah karena penggunaan sabun atau deterjen. Jika Anda pernah mengalami gangguan kulit karena sabun atau detergen, sebaiknya Anda tidak lagi memakai sabun tersebut.

Hal itu menandakan bahwa Anda alergi terhadap bahan pembuatnya atau juga Anda tidak cocok dengan sabun tersebut. Ketidak-cocokan terhadap sabun akan membuat kulit Anda kering, gatal, hingga terluka.

Cek bahan-bahan apa saja yang terkandung dalam sabun tersebut. Sehingga Anda akan dapat mengetahui apakah ada bahan yang membuat Anda alergi atau tidak.

Baca Juga: Penyebab Sering Sendawa, dari Makanan dan Minuman hingga Alergi

Kurang Cairan

Salah satu penyebab gatal pada kulit adalah kurangnya cairan yang masuk dalam tubuh anda. Tapi biasanya tubuh yang kekurangan cairan akan memicu kulit menjadi kering, bersisik dan tidak sehat.

Minum 8 gelas air sehari harus Anda lakukan untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh. Apabila kurang, maka akan terjadi risiko seperti dehidrasi kulit dan sebagainya.

Pemakaian Obat

Obat yang tidak sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda bisa menjadi boomerang untuk Anda. Anda dapat mengecek kandungan setiap obat yang Anda konsumsi dan lihat apakah Anda alergi dengan bahan tersebut atau tidak.

Mengecek dengan teliti akan membuat Anda terhindar dari segala keluhan mengenai kulit. Bisa jadi obat dapat membuat kulit menjadi gatal dan kering karena tidak cocok.

Itulah berbagai faktor penyebab gatal pada kulit yang sering terjadi. Gejala penyakit tertentu juga bisa membuat kulit menjadi kering dan juga kasar. Sebaiknya selalu cek kondisi kulit Anda agar selalu segar dan sehat. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu