Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mudah Mengatasinya

penyebab gusi bengkak
Ini penyebab gusi bengkak. Foto: Ist/Net

Penyebab gusi bengkak bisa karena banyak faktor. Baik karena kekurangan vitamin hingga kurangnya perawatan gigi secara rutin. Untuk mencegah maupun cara mengatasinya ada sejumlah pilihan yang mudah dan praktis untuk anda lakukan.

Gusi bengkak adalah salah satu masalah yang sering terjadi pada mulut. Umumnya, saat seseorang mengalami sakit tersebut akan mencari obat sakit gusi guna mengatasi keluhan nyeri serta pembengkakan yang terjadi pada gusi.

Gusi yang membengkak adalah sebuah kondisi umum yang bisa saja terjadi karena banyak hal. Rasa sakit pada gusi tak kalah beratnya daripada sakit gigi. Lantas apa saja hal yang menyebabkan gusi menjadi membengkak?

Apa Saja Penyebab Gusi Bengkak?

Saat gusi membengkak, umumnya akan ada gejala lain yang menyertainya seperti bau napas yang tidak sedap, munculnya nanah dari bawah gigi dan gusi, serta rasa nyeri pada gusi.

Ada beberapa hal yang menyebabkan gusi Anda menjadi membengkak. Yuk ketahui apa saja penyebab gusi bengkak berikut ini.

Baca Juga : Gusi Bengkak Bernanah? Segera Atasi dengan Cara Ini Sebelum Terlambat!

Efek Samping Obat

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan gusi menjadi membengkak. Diantaranya seperti obat penekan imunitas tubuh, obat anti kejang, hingga obat penghambat kanal kalsium.

Umumnya efek samping dari beberapa jenis obat-obatan tersebut dapat terjadi pada 2 atau 4 bulan setelahnya. Karena itu sebaiknya perhatikan keterangan yang ada pada label obat yang anda beli.

Salah dalam Menyikat Gigi

Menyikat gigi tentu Anda lakukan setiap harinya secara rutin. Namun, beberapa orang tidak menyadari dalam menggosok gigi sehingga terlalu keras yang menyebabkan gigi atau gusi menjadi bengkak.

Padahal, saat ingin menggosok gigi tidak perlu kita lakukan dengan cara yang keras. Cukup gosok gigi secara perlahan dan gerakkan dari atas ke bawah. Yang penting semua sela gigi juga dapat terjangkau oleh sikat gigi.

Baca Juga : Begini Cara Obati Gusi Bengkak Menggunakan Bahan Alami

Pemakaian Gigi Palsu

Penggunaan gigi palsu bisa menjadi penyebab gusi bengkak karena pemasangannya yang kurang pas. Selain itu apabila Anda kurang menjaga kebersihan gigi palsu yang digunakan juga dapat menjadi penyebab gigi menjadi bengkak.

Untuk itu, apabila  terpaksa harus mengenakan gigi palsu maka sangat disarankan untuk memperhatikan kebersihan gigi serta memperhatikan ukurannya dengan tepat.

Kekurangan Vitamin C

Penyebab gusi bengkak juga bisa karena kurangnya asupan vitamin C. Vitamin C yang kurang dalam tubuh dapat memicu terjadinya pembengkakan pada gusi seseorang.

Umumnya kekurangan vitamin C tersebut terjadi karena berbagai hal, seperti stress, penyakit diabetes, pola makan kurang sehat, hingga kebiasan merokok.

Radang Pada Gusi

Penyakit radang pada gusi biasanya menjadi penyebab utama seseorang mengalami gigi bengkak. Radang gusi ini sendiri umumnya dapat terjadi akibat kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik. Tidak heran jika terjadi radang pada gusi sehingga perlu segera diatasi agar tidak memperparah keadaan.

Baca Juga : Jangan Disepelekan, Penyakit Gusi Bisa Bikin Pria Impoten

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan gusi Anda mengalami pembengkakan. Yang paling penting adalah selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut sehingga beberapa penyebab gusi mengalami pembengkakan dapat kita minimalisir.

Bagaimana Cara Mengatasi Gusi Bengkak?

Umumnya, gusi bengkak yang masih dalam keadaan ringan lebih mudah penanganannya dan pengobatannya. Yakni dengan menjaga kebersihan mulut secara rutin.

Namun jika radang gusi sudah cukup parah anda perlu segera memeriksakan ke dokter. Dokter biasanya akan memberikan resep obat dengan lebih tepat sesuai dengan faktor penyebab gusi bengkak yang kita alami tersebut.

Selain itu, penanganan juga bisa kita lakukan dengan memperhatikan faktor yang menyebabkan radang gusi. Neh, berikut ini beberapa cara mengatasi gusi bengkak yang bisa Anda terapkan.

  1. Kompres area pipi dengan air dingin atau air hangat untuk meringankan gusi yang membengkak.
  2. Rutin menggosok gigi setidaknya dua kali dalam sehari. Yakni dengan membersihkan juga sela-sela gigi.
  3. Bersihkan plak gigi dan sela-sela gusi agar bakteri menghilang.
  4. Ganti pasta gigi atau obat kumur Anda yang memicu penyebab sensitivitas pada gusi.

Itulah sejumlah faktor yang bisa menjadi penyebab gusi bengkak yang perlu anda tahu. Agar sakit ini tidak kambuh lagi penting untuk memastikan agar kita senantiasa menjaga kebersihan gigi dan gusi. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah