Penyebab Hidung Gatal dan Cara Mengobatinya Secara Alami

penyebab hidung gatal
Kenali penyebab hidung gatal. Foto: Ist/Net

Mengenal penyebab hidung gatal akan memudahkan kita untuk mengobatinya. Meskipun gatal pada hidung bisa merupakan hal yang lumrah namun jika berlangsung terus menerus perlu kita waspadai. Termasuk jika ini merupakan tanda penyakit tertentu.

Siapapun tentunya pernah mengalami hidung gatal. Gatal sesekali saja merupakan hal yang wajar dan lumrah. Namun jika sering berulang tentunya akan sangat mengganggu aktivitas kita bukan?

Pemicu hidung menjadi gatal ternyata banyak dan dapat Anda rasakan ketika benda asing atau aroma asing masuk ke dalam hidung. Hal itu membuat hidung menjadi tidak nyaman dan mengeluarkan berbagai reaksi alergi seperti gatal.

Faktor Penyebab Hidung Gatal

Hidung yang gatal biasanya juga akan menimbulkan sejumlah keluhan lainnya. Seperti mata gatal, hidung tersumbat, bersin, sakit kepala dan masih banyak lagi.

Ada banyak sekali penyebab hidung gatal yang dapat terjadi. Mengenal pemicunya akan memudahkan kita mencegah untuk menghindari keluhan yang satu ini.

Salah satu tindakan yang paling tepat adalah dengan segera mengunjungi dokter atau rumah sakit. Segera cek apakah benar Anda mengalami alergi atau tidak.

Baca Juga : Tenggorokan Panas dan Gatal, Kenali Penyebab dan Pencegahannya

Alergi Rhinitis

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan gatal pada hidung mungkin karena Anda sedang mengalami alergi rhinitis. Untuk mengetahui apakah benar karena gangguan rhinitis tentunya anda perlu mengeceknya ke dokter.

Cara Mencegah dan Mengatasi Hidung Gatal

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab hidung gatal. Termasuk karena alergi pada suatu keadaan tertentu. Maka dari itu penting untuk mencegah hal ini terjadi dengan cara berikut ini.

Irigasi hidung

Irigasi hidung merupakan suatu istilah untuk nasal irrigation saat hidung Anda gatal akibat dari rhinitis. Cara paling mudah untuk mengatasi iritasi hidung adalah dengan membersihkan semua bagian dari rongga hidung dari berbagai macam zat, yang membuat hidung Anda iritasi dan juga gatal.

Cara ini sangat ampuh untuk membuat hidung Anda kembali normal dengan membersihkan segala kotoran yang menempel dalam rongga hidung anda.

Minum Dekongestan dan Antihistamin

Dewasa ini sudah banyak sekali obat yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai keluhan tertentu. Anda dapat meredakan hidung Anda yang gatal dengan minum antihistamin atau juga dekongestan.

Baca Juga : Benjolan di Dalam Hidung Menandakan Adanya Penyakit Tertentu

Obat ini terbilang sangat ampuh dalam mengatasi gangguan hidung yang gatal. Namun, anda perlu cek ke dokter dan minta resep kedua obat itu sehingga pengobatan akan lebih maksimal.

Imunoterapi

Mencegah hidung gatal ternyata dapat kita lakukan dengan cara imunoterapi. Anda dapat melakukan terapi khusus yang caranya adalah dengan menyuntikkan elergen ke kulit tubuh Anda dan mempunyai dosis serta waktu tertentu.

Penyebab hidung gatal karena rhinitis dapat kita atasi dengan cara suntik alergen ini sehingga dapat meredakan gatal dan sakit pada hidung anda.

Alergi pada hidung sendiri memang terkadang membuat Anda tidak nyaman. Itu karena hidung Anda mengalami radang pada mukosa hidung.

Lapisan mukosa terpapar secara berlebihan allergen atau zat yang tidak sesuai dengan sifat hidung Anda sehingga menyebabkan alergi hingga bersih, tersumbat dan mengalami gejala lain yang membuat Anda tidak nyaman saat beraktivitas.

Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat meredakan gatal pada hidung anda. Buah buahan yang mengandung flavonoid dan juga vitamin c sangat bermanfaat untuk membuat hidung Anda terhindar dari gatal dan alergi.

Baca Juga : Anak Sering Mimisan Tak Selalu Karena Penyakit, Ini Kemungkinannya

Salah satunya adalah buah beri. Buah ini mengandung vitamin yang sangat bagus dan diketahui dapat mencegah alergi yang kerap menyerang hidung.

Paparan dari sinar, debu dan aroma yang menusuk biasanya bisa menjadi penyebab hidung gatal. Karena saat itu beraktivitas di tempat umum sebaiknya gunakan masker untuk mencegah gangguan pada hidung.

Madu juga merupakan salah satu bahan yang dapat meredakan hidung Anda yang sering bermasalah. Anda dapat dengan rutin mengonsumsi madu dalam segala bentuk untuk membuat hidung Anda terhindar dari alergi.

Ada banyak jenis makanan yang dapat mengurangi reaksi alergi Anda. Begitu banyaknya pilihan sehingga dapat Anda manfaatkan dengan mudah dan terbukti efektif mengurangi gatal pada hidung.

Itulah berbagai penyebab hidung gatal yang sebaiknya anda tahu. Ada banyak pilihan cara untuk mengatasi dan mengobatinya secara alami. Anda bisa memilih makanan atau melakukan terapi khusus. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah