Penyebab Leher Sakit, Kenali Hal Tidak Terduga Ini!

penyebab leher sakit
Kenali penyebab leher sakit. Foto: Ist/Net

Ada banyak faktor penyebab leher sakit atau kaku. Selain karena posisi duduk yang salah atau lama, kondisi ini juga bisa merupakan gejala suatu penyakit. Karena itu sebaiknya kenali apa yang memicu timbulnya leher sakit.

Leher merupakan  bagian tubuh yang sangat sering mengalami masalah. Masalah pada leher yang sering kita alami adalah gangguan persendian. Baik berupa rasa kaku, pegal, ataupun sakit.

Sakit pada bagian leher atau kondisi ketika leher terasa kaku memang sangat menggangg. Apalagi saat kita melakukan aktivitas sehari-hari. Ada banyak aktivitas yang akan terhambat dan menyebabkan produktivitas menjadi menurun.

Baca Juga: Penyebab Gatal Pada Kulit yang Sering Terjadi dan Tak Disadari

Jika sudah terjadi akan menyebabkan leher akan terasa nyeri dan tentu saja akan sangat terasa menyiksa. Jangankan untuk bergerak, hanya untuk sekedar menengok saja rasa sakitnya luar biasa dan terasa berat.

Sebenarnya, apa saja yang menyebabkan gangguan pada leher ini? Penyebab leher sakit beragam mulai dari faktor dalam maupun faktor dari luar. Selain itu juga tergantung aktivitas yang Anda lakukan.

Faktor Penyebab Leher Sakit

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda juga perlu tahu jika leher tersusun dari tujuh ruas tulang belakang. Tulang-tulang terdapat sebuah lempengan yang memisahkan antar tulang.

Selain itu juga berfungsi untuk mengatur semua pergerakan dan keseimbangan. Jika salah satu dari susunan tulang tersebut terganggu maka akan menyebabkan rasa sakit pada leher.

Baca Juga: Badan Menggigil Tiba Tiba Saat Tidur, Kenali Faktor Penyebabnya

Selain itu, ada beberapa faktor penyebab leher sakit yang sebaiknya anda kenali dan waspadai.

Nyeri Pada Otot Sekitar Leher

Pada dasarnya, nyeri otot menjadi salah satu penyebab utama munculnya rasa sakit pada leher. Tak jarang gangguan ini berawal dari rasa kaku dan pegal.

Salah satu penyebab munculnya rasa nyeri ini adalah adanya kebiasaan buruk yang Anda lakukan. Misalnya saja sering menatap HP terlalu lama atau terlalu lama bekerja di depan komputer tanpa beristirahat.

Cedera

Tulang-tulang yang menyusun pada leher mempunyai sifat yang sangat fleksibel. Selain itu juga mampu menompang kepala yang mana membuatnya sangat rentan terhadap terjadinya cedera.

Baca Juga: Penyebab Perut Buncit Pada Wanita dan Cara Mencegahnya

Ada beberapa hal bisa menjadi penyebab leher sakit. Misalnya saja terjadi kecelakaan, dampak olahraga yang berlebihan, menyelam terlalu lama, sering mengangkat beban yang berat dan lainnya.

Dalam sebuah kasus yang parah, cedera bahkan bisa menyebabkan leher patah. Hal ini terjadi apabila salah satu tulang belakang mengalami retak.

Leher yang patah ini bisa menyebabkan rasa nyeri yang tidak akan tertahankan. Bahkan kondisi ini bisa menyebar ke area tubuh lain hingga sumsum tulang belakang.

Meningitis

Meningitis adalah sebuah gangguan penyakit yang membuat leher akan terasa sakit dan kaku. Banyak orang yang menyebutnya sebagai radang selaput otak. Gangguan penyakit ini muncul karena adanya infeksi virus dan bakteri.

Kanker

Adanya penyakit kanker pada area kepala dan sekitarnya juga menjadi salah satu penyebab leher sakit. Untuk memastikannya tentunya anda perlu memeriksakannya ke dokter.

Leher yang sakit akibat kanker ini biasanya muncul dengan gejala lainnya. Seperti sariawan, perubahan suara, kesulitan bernafas, demam dan sebagainya.

Spondylosis Serviks

Spondylosis Serviks atau yang populer dengan sebutan degenerasi cakram serviks merupakan sebuah gangguan penyakit yang menyerang bagian tulang leher. Penyakit ini juga bisa menjadi penyebab leher sakit.

Jenis penyakit ini akan membuat adanya gesekan antara tulang belakang yang sangat intens. Hal tersebut bisa menyebabkan rasa sakit dan kekakuan pada bagian leher. Gejala ini biasanya akan berulang dan berlangsung lama.

Radikulopati Serviks

Radikulopati serviks adaah penyakit yang banyak orang menyebutnya dengan saraf kejepit. Ini merupakan sebuah gangguan yang terjadi karena kondisi akar saraf sumsum tukang belakang yang ada pada bagian belakang leher mengalami iritasi.

Gangguan bisa menyebabkan rasa nyeri yang menjalar dari leher ke beberapa bagian lainnya. Gejala yang sering muncul adalah mengalami kelemahan pada otot, mengalami mati rasa dan juga muncul sensasi kesemutan pada bagian lengan dan tangan.

Itulah tadi beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab leher sakit. Untuk mengatasi dan meredakan gangguan ini Anda perlu banyak beristirahat  yang cukup dan jangan terlalu sering melakukan kegiatan yang terlalu berat. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu