Penyebab Menstruasi Tidak Lancar, Wanita Wajib Tahu

penyebab menstruasi tidak lancar
Kenali penyebab menstruasi tidak lancar. Foto: Ist/Net

Ada banyak faktor penyebab menstruasi tidak lancar pada wanita. Baik karena penggunaan alat kontrasepsi, obat, hingga kebiasaan hidup yang tak sehat. Mengubah pola hidup bisa mencegah menstruasi tidak lancar.

Salah satu masalah yang sering terjadi bagi para wanita yang sedang mengalami fase menstruasi adalah tidak lancarnya proses menstruasi. Menstruasi yang terganggu ini mengakibatkan rasa sakit pada perut.

Selain itu karena darah yang keluar tidak tuntas, hal ini berakibat sisa-sisa darah mengumpul. Bila hal ini kita biarkan dalam waktu yang lama, maka akan berakibat serius bagi kesehatan organ kewanitaan.

Terganggunya menstruasi yang tidak lancar juga bisa membuat anda kesulitan untuk menghitung fase menstruasi. Hal ini tentunya bisa berakibat sulitnya memprediksi masa subur.

Penyebab Menstruasi Tidak Lancar Pada Wanita

Banyak sekali hal-hal yang bisa menjadi penyebab ketidaklancaran menstruasi anda. Baik itu karena faktor hormon juga karena faktor ekstern lainnya. Berikut penyebab menstruasi tidak lancar pada wanita yang perlu anda ketahui.

Baca Juga : Cara Agar Cepat Haid yang Mudah, Murah, Alami dan Efektif

Faktor Kehamilan

Antara kehamilan dan menstruasi memang memiliki peranan dan kaitan yang saling berhubungan. Salah satu tanda anda sedang mengalami kehamilan adalah dengan tidak lancarnya fase menstruasi anda.

Maksudnya adalah jika misalnya periode rutin menstruasi anda terlewatkan mungkin ini merupakan salah satu tanda anda sedang hamil. Anda bisa memperkirakan faktor ini dengan melakukan tes pack.

Selain karena kehamilan jika anda sedang dalam masa fase menyusui juga bisa menjadi penyebab menstruasi yang tidak lancar. Hal ini sebenarnya bukan sesuatu yang berbahaya karena merupakan gejala yang normal.

Masalah pada Berat Badan

Naik atau turunnya berat badan secara signifikan juga merupakan salah satu penyebab menstruasi yang tidak lancar. Naiknya berat badan dengan signifikan merupakan salah satu terjadinya permasalahan pada kelenjar tiroid.

Selain itu juga dengan naiknya berat badan secara drastis juga bisa merupakan sinyal tanda terjadinya masalah ovarium polikistik yang menjadikan menstruasi anda tidak lancar.

Baca Juga : Penyebab Telat Haid dan Solusinya yang Sebaiknya Wanita Tahu

Untuk hal ini memang perlu penanganan dokter lebih lanjut. Apalagi berat badan yang berkurang juga bisa menjadi masalah tersendiri. Hal ini karena dengan berat badan yang menurun berarti pembentukan hormon haid juga turut berkurang.

Stres

Stres berat juga sangat berpengaruh dan bisa menjadi penyebab menstruasi tidak lancar. Ketika anda sedang dalam tekanan psikis, maka tubuh secara otomatis akan memproduksi hormon pemicu stres.

Dengan produksi hormon ini secara alami akan berpengaruh tidak baik terhadap pembentukan hormone haid. Kondisi ini tentu saja sangat berpengaruh pada kelancaran menstruasi anda.

Selain menyebabkan tidak teraturnya menstruasi, stres yang berlebihan juga akan mengakibatkan terjadinya pendarahan berlebih pada saat menstruasi.

Karena itu agar masa menstruasi berjalan dengan lancar, sangat penting agar anda tidak mengalami kondisi stres berat. Anda bisa melakukan banyak hal seperti jalan santai atau berlibur.

Penggunaan Alat Kontrasepsi

Baca Juga : Menghitung Masa Subur Perempuan Biar Cepat Hamil

Faktor lain penyebab menstruasi tidak lancar juga bisa karena penggunaan alat-alat kontrasepsi. Seperti pil KB, suntik KB maupun alat KB yang lainnya bisa berpengaruh terhadap kelancaran menstruasi anda.

Selain itu dengan menggunakan alat kontrasepsi untuk beberapa kasus yang tidak cocok akan merasakan perubahan pada tubuh. Seperti berat badannya yang melonjak drastis ataupun sebaliknya.

Karena itu jika memang harus menggunakan alat kontrasepsi, carilah yang benar-benar cocok untuk anda. Konsultasikan hal ini dengan dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Pola Hidup Sehari-hari

Aktivitas dan kebiasaan sehari-hari juga bisa menjadi penyebab menstruasi tidak lancar. Seperti melakukan olahraga yang berlebihan akan membuat berat badan turun.

Jika ini anda lakukan terus menerus akan menyebabkan menstruasi menjadi tidak lancar. Begitu juga sebaliknya untuk kondisi tubuh yang mengalami obesitas juga akan menyebabkan menstruasi tidak lancar.

Hal ini terjadi karena hormon tubuh yang mempengaruhi proses menstruasi ini. Utamanya pengaruhnya terhadap produksinya tergantung kondisi tubuh yang terjadi karena pola hidup sehari-hari.

Nah, itulah beberapa penyebab menstruasi tidak lancar yang sebaiknya anda tahu. Pola hidup sehat, rutin berolahraga, dan cukup minum air putih sangat berguna agar menstruasi anda lancar dan terhindar dari gangguan. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah