Penyebab Pilek Berkepanjangan, Waspadai Jenis Penyakit Ini!

penyebab pilek berkepanjangan
Kenali penyebab pilek berkepanjangan. Foto;Ist/Net

Untuk memastikan penyebab pilek berkepanjangan tentunya perlu pemeriksaan dokter. Namun ada sejumlah penyakit yang bisa membuat penyakit pilek berkepanjangan dan selalu datang kembali. Apakah itu?

Pilek merupakan salah satu jenis gangguan yang umum terjadi dan biasa kita temukan dengan mudah. Pilek dapat menjadi penanda jika anda terkena flu. Terdapat beberapa hal yang dapat memicu pilek.

Gangguan ini antara lain bisa terjadi karena perubahan cuaca yang drastis, kurangnya daya tahan, serta infeksi virus atau bakteri. Namun ada sejumlah faktor yang menyebabkan pilek tak kunjung sembuh yang bisa membahayakan nyawa kita.

Orang biasanya menderita pilek 3 sampai 7 hari. Namun ada beberapa kasus orang menderita pilek bisa lebih dari 7 hari dan tak kunjung sembuh.

Baca Juga: Penyebab Sakit Kepala Berkepanjangan dan Solusi Cara Mengatasinya

Jika pilek tidak kunjung hilang, maka anda harus curiga karena bisa jadi ada suatu gangguan atau kelainan yang terjadi pada tubuh anda. Untuk memastikan penyebab pilek berkepanjangan anda perlu segera berkonsultasi dengan dokter.

Pada kasus biasa, pilek akan sembuh dengan sendirinya karena tubuh kita memproduksi antibodi yang mampu menangkal penyebab pilek. Namun jika pilek yang anda alami berkepanjangan dan tidak kunjung sembuh sebaiknya perlu memeriksakannya ke dokter.

Sampai saat ini ada beberapa penyakit yang menjadi penyebab pilek menahun. Penyebab pilek ini dapat kita ketahui jika kita memeriksakan tubuh ke dokter. Penyebab pilek ini memang tidak dapat anda ketahui dengan sendirinya.

Pilek yang berkepanjangan tentu akan mengganggu aktivitas anda dan juga tubuh anda akan mudah terkena penyakit. Jika anda mengalami pilek yang berkepanjangan atau lebih dari 14 hari maka anda harus menemui dokter.

Faktor Penyebab Pilek Berkepanjangan

Pilek berkepanjangan atau bahkan dapat sampai menahun merupakan akibat dari adanya gangguan yang ada dalam tubuh. Pilek yang berkepanjangan bisa menjadi sangat berbahaya karena anda bisa menderita penyakit yang lebih serius.

Untuk lebih mengenal gangguan ini, berikut beberapa penyakit yang bisa menjadi  penyebab pilek berkepanjangan. Deteksi dini gangguan ini akan membantu penanganan yang lebih efektif.

Alergi

Alergi menjadi penyebab utama pilek berkepanjangan. Banyak orang mengidap alergi tertentu seperti alergi pada debu atau hawa dingin. Alergi ini bisa menyebabkan pilek sampai menahun.

Alergi terjadi karena sel-sel yang ada pada hidung kita bereaksi terhadap alergen. Proses penyembuhan alergi terhadap sesuatu bisa dilakukan dengan cara terapi alergen yang membutuhkan waktu bertahun-tahun agar tubuh dapat menerima alergen tersebut.

Baca Juga: Penyebab Sakit Kepala Sebelah dan Bedanya dengan Migrain

Sinusitis

Sinusitis merupakan peradangan atau pembengkakan jaringan dinding yang melapisi rongga sinus di hidung. Jika organ tersebut mengalami penyumbatan dan berisi cairan maka akan banyak kuman yang dapat menyebabkan infeksi dan peradangan.

Polip Hidung

Faktor lain yang bisa menjadi penyebab pilek berkepanjangan adalah polip hidung. Polip hidung adalah kondisi saat hidung mengalami pembengkakan selaput dinding dalam saluran hidung dan sinus.

Penyakit ini tidak selalu mengalami gejala tertentu, terlebih lagi jika polip berukuran kecil. Jika polip yang terjadi berukuran besar akan menimbulkan gejala berupa hidung tersumbat, hidung meler, serta keluar lendir.

Penyakit ini memang tidak mengkhawatirkan tapi jika tidak ada penanganan segera akan terjadi hal yang lebih parah. Seperti kesulitan bernapas, pembengkakan area mata, gangguan indra penciuman dan perasa, serta gangguan penglihatan.

Baca Juga: Makanan Penyebab Sakit Ginjal ini Biasa Dikonsumsi

Beberapa penyakit di atas merupakan sebab terjadinya pilek berkepanjangan. Penyebab pilek berkepanjangan memang sangat banyak namun pilek ini juga bisa mengindikasikan anda mengidap suatu penyakit.

Alangkah lebih baiknya jika anda langsung pergi ke dokter jika anda mengalami pilek yang tak kunjung sembuh. Jika telat penanganannya pilek berkepanjangan dapat menjadi penyakit yang lebih serius bahkan sampai menyebabkan kematian.

Jadi menjadi lebih bijak dalam urusan kesehatan adalah hal yang wajib anda lakukan karena hal ini merupakan hal yang paling penting bagi hidup anda.

Jangan sampai menunda suatu penyakit karena anda juga tidak tahu seberapa cepat penyakit akan berkembang di dalam tubuh anda.

Demikian beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab pilek berkepanjangan yang sebaiknya anda tahu. Jika Anda atau ada anggota keluarga yang mengalami gejala pilek yang tak kunjung sembuh sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk penanganannya. (R11/HR Online)

Editor: Jujang