Penyebab Tangan Kebas, Karena Salah Gerak hingga Tanda Penyakit

penyebab tangan kebas
Kenali penyebab tangan kebas. Foto: Ist/Net

Apa sih penyebab tangan kebas? Kebas atau kesemutan tak hanya bisa terjadi pada tangan, namun juga bisa pada kaki dan bagian tubuh lainnya. Selain karena terganggunya aliran darah, ini juga bisa gejala penyakit loh.

Tangan kebas atau kesemutan pastinya pernah kita rasakan. Hal tersebut wajar saja terjadi. Tetapi bagaimana jika tangan kebas terjadi terlalu sering? Apakah Anda termasuk orang yang merasakan hal tersebut? Jika benar, anda perlu mewaspadainya.

Tangan kebas yang muncul berulang dan sering juga bisa menjadi tanda awal munculnya penyakit. Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui apa saja faktor yang memicu terjadinya tangan kesemutan tersebut.

Faktor Penyebab Tangan Kebas

Sebenarnya banyak sekali hal yang bisa menyebabkan terjadinya kesemutan yang tidak kita sadari. Bahkan ada juga tangan kebas yang terjadi karena penyakit. Berikut ini beberapa penyebab tangan kebas yang perlu untuk Anda ketahui.

Gerakan Berulang

Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya tangan kebas yaitu melakukan gerakan yang berulang-ulang. Tangan kesemutan yang Anda rasakan biasanya karena adanya masalah yang terjadi pada saraf sekitar tangan.

Baca Juga: Kaki Pecah-pecah dan Gatal, Kenali Penyebab dan Cara Penanganannya

Bagi Anda yang sering melakukan gerakan yang berulang seperti naik motor, mengetik, menulis dan lainnya kemungkinan bisa saja menyebabkan tangan kebas.

Penyebab inilah yang dapat menimbulkan tangan Anda sensitif terhadap tekanan tertentu. Tangan kebas semacam ini bisa kita atasi dengan mengonsumsi vitamin B-12, B6 dan B1.

Neuropati Perifer

Bisa jadi tangan kebas yang Anda rasakan timbul karena Neuropati Perifer. Gangguan ini terjadi karena terjadinya kerusakan saraf pada kaki, tangan dan jari-jari. Namun penyebab tangan kebas yang satu ini masih terbilang ringan.

Nah, untuk mengatasinya Anda bisa mengonsumsi minuman dan makanan yang banyak mengandung vitamin B12. Seperti halnya telur, susu, daging ayam, daging sapi dan hati.

Tangan Menahan Kepala Saat Tidur

Saat tidur kebanyakan orang akan menggunakan tangan untuk menahan kepala. Jika hal ini Anda lakukan dapat menyebabkan tangan mengalami kesemutan.

Baca Juga: Badan Menggigil Tiba Tiba Saat Tidur, Kenali Faktor Penyebabnya

Hal ini bisa terjadi karena pada saat posisi tidur tersebut, saraf yang terdapat sekitar tangan mengalami tekanan. Sehingga saraf tangan tidak bisa bekerja dengan semestinya.

Nah, salah satu penyebab tangan kebas ini sebaiknya jangan Anda biasakan. Sedangkan untuk memulihkan kondisi kesemutan ini alangkah baiknya untuk memperbaiki posisi tidur Anda dengan benar.

Minum Alkohol dan Merokok

Merokok dan minum alkohol yang berlebihan juga dapat menyebabkan terjadinya tangan kebas. Pasalnya rokok dan alkohol yang anda konsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan terganggunya saraf otonom.

Saraf otonom berguna untuk mengatur fungsi tubuh. Mengonsumsi rokok dan alkohol secara terus-menerus dalam jumlah yang banyak tidak hanya bisa memicu tangan sering kemesutan. Kebiasaan ini juga menyebabkan nyeri berbagai bagian tubuh.

Sindrom Carpal Tunnel

Sindrom Carpal Tunnel juga menjadi salah satu penyebab tangan kebas yang paling sering terjadi. Gangguan ini terjadi karena saraf median mengalami penekanan.

Hal ini bisa terjadi karena kebiasaan buruk atau penyakit tertentu seperti hipotiroid dan diabetes.

Baca Juga: Penyebab Sering Sendawa, dari Makanan dan Minuman hingga Alergi

Adapun beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan tangan kebas antara lain sering mengetik, mencuci, menulis dan semua aktivitas yang kita lakukan secara berulang.

Sedangkan cara untuk mengatasi atau mencegah gangguan ini timbul kembali adalah dengan mengubah pola hidup menjadi lebih baik.

Kurang Asupan Bernutrisi

Kekurangan asupan makanan yang bernutrisi juga bisa menjadi salah satu penyebab tangan kebas. Salah satu asupan yang paling penting untuk tubuh yaitu vitamin B12.

Pasalnya vitamin B12 memiliki peranan yang sangat penting untuk tubuh. Seperti untuk menjaga produksi sel darah merah agar tetap terkontrol dengan baik serta menjaga kesehatan saraf dan DNA.

Kondisi tangan kebas yang timbul karena kurang asupan bernutrisi, umumnya dirasakan oleh orang yang sudah berusia lanjut.

Hal ini karena pola makan yang tidak terjaga dengan baik dan terbiasa mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Untuk mengatasinya, Anda harus banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. .

Itulah berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab tangan kebas. Selain karena salah gerak atau pekerjaan berulang, gangguan ini juga bisa muncul karena penyakit tertentu. Jika anda sering mengalami gangguan ini perlu berkonsultasi dengan dokter. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu