Perbedaan Jerawat Tanda Hamil dan Haid, Apa Saja?

perbedaan jerawat tanda hamil dan haid
Ini perbedaan jerawat tanda hamil dan haid. Foto: Ist/Net

Apa sih perbedaan jerawat tanda hamil dan haid? Tak sedikti wanita yang bingung dengan gejala semacam ini. Apalagi jerawat bukanlah tanda khas dari suatu kehamilan. Sehingga tak jarang calon ibu yang melewatkannya.

Banyak orang yang menganggap jerawat merupakan hal yang wajar terjadi. Jerawat muncul karena banyak hal. Mulai dari kurangnya dalam menjaga kebersihan wajah, adanya perubahan hormon, dan sebagainya.

Jerawat yang terjadi karena perubahan hormon ini sering muncul pada masa haid maupun menjelang haid. Namun perubahan hormon saat sedang hamil juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Ini Dia Perbedaan Jerawat Tanda Hamil dan Haid

Pada dasarnya, kemunculan jerawat umumnya terjadi pada wanita yang sedang haid atau hamil. Akan tetapi ada beberapa jerawat yang muncul pada keduanya.

Untuk Anda para wanita tentunya harus mengetahui terhadap gejala ini. Setidaknya supaya kita tahu bagaimana cara penanganannya. Berikut ini adalah perbedaan jerawat tanda hamil dan haid yang sebaiknya ada tahu.

Baca Juga : Pertanda Masalah Kesehatan dari Jerawat, Bukan Rindu yang Dipendam

Jerawat Tanda Hamil

Untuk jerawat yang timbul sebagai tanda hamil memiliki beberapa ciri yang sebaiknya kita kenali. Berikut ini sejumlah ciri itu yang bisa kita kenali.

Terjadi Pada Masa Kehamilan Usia Muda

Pada saat kandungan masih berusia muda, biasanya para wanita akan mengalami jerawat. Hal ini karena pada masa ini kulit memproduksi sebum yang merupakan zat yang menyebabkan terjadinya jerawat.

Selain itu, ini juga karena peningkatan hormon estrogen dan progesteron yang tidak stabil pada masa kehamilan. Jerawat ini akan hilang sendiri dalam waktu yang cukup lama tergantung kondisi hormon dalam tubuh.

Kondisi Jerawat

Perbedaan jerawat tanda hamil dan haid juga terlihat pada kondisinya. Jerawat pada wanita hamil biasanya hanya muncul berupa benjolan besar pada beberapa bagian wajah saja.

Akan tetapi setiap wanita hamil berbeda-beda tergantung dengan kondisi kulitnya. Semakin berminyak tubuhnya, maka jerawat besar akan muncul pada beberapa bagian.

Baca Juga : Daun Kelor untuk Jerawat dan Manfaatnya Buat Kulit Wajah
Benjolan Keras

Jerawat pada masa kehamilan ini cenderung akan sedikit keras saat kita sentuh. Hal ini karena produksi sebum yang terlalu banyak sehingga menyebabkan pengerasan.

Benjolan Jerawat Terasa Sakit

Pada umumnya, jerawat yang terjadi pada wanita hamil cenderung lebih sakit saat kita sentuh. Hal ini karena benjolan tersebut sangat keras apalagi jika tumbuhnya berada sekitar area yang sensitif pada wajah.

Jerawat Pada Masa Haid

Sedangkan untuk jenis jerawat pada masa haid juga memiliki ciri khasnya sendiri. Berikut ini perbedaan jerawat tanda hamil dan haid khususnya untuk wanita yang sedang haid.

Terjadi Menjelang Haid

Banyak wanita yang mengawali menstruasi dengan munculnya beberapa jerawat pada wajah. Biasanya jerawat ini akan muncul pada saat menjelang masa menstruasi atau selama masa menstruasi.

Sama halnya dengan jerawat pada ibu hamil, jerawat karena haid ini juga muncul karena adanya perubahan hormon estrogen yang tidak stabil. Jerawat akan menghilang dengan sendirinya seiring berjalannya masa menstruasi.

Baca Juga : Perawatan Sehari-Hari untuk Wajah Berjerawat, Berikut Caranya
Kondisi Jerawat

Pada jerawat yang timbul karena haid bisa muncul dengan lebih bervariasi. Ada yang muncul berupa jerawat besar dan hanya pada beberapa bagian wajah. Namun ada juga wanita yang mengalami jerawat berbentuk kecil-kecil atau bruntusan yang muncul secara merata pada wajah.

Jerawat Keras atau Lunak

Hal yang menjadi perbedaan jerawat tanda kehamilan dan haid ini adalah kondisi benjolan jerawat haid yang lebih bervariasi. Ada sebagian waninta yang mengalami kondisi benjolan jerawat lunak ketika disentuh.

Ada juga yang mengalami kondisi benjolan jerawat yang akan keras pada saat kita sentuh. Namun hal ini kembali lagi tergantung kondisi kulit dan tipe kulit yang kita miliki.

Benjolan Jerawat Bisa Sakit Bisa Tidak Saat Disentuh

Jika Anda menyentuh jerawat yang timbul saat masa haid maka bisa jadi jerawat yang Anda sentuh akan terasa sakit atau tidak. Ini tergantung jenis jerawat yang muncul dan tempat jerawat tersebut muncul.

Perbedaan jerawat tanda hamil dan haid memang tidak begitu mencolok. Yang jelas, Anda harus selalu menjaga kebersihan area wajah pada saat haid maupun masa kehamilan agar terhindar dari jerawat ini. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah