Perintah Ridwan Kamil Tutup Akses Wisata Pangandaran dan Ciwidey

Pangandaran dan Ciwidey
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Humas Jabar

Berita Jabar, (harapanrakyat.com),– Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memerintahkan agar akses menuju obyek wisata di Pangandaran dan Ciwidey ditutup.

“Akses ke Pangandaran dan Ciwidey disepakati ditutup untuk wisatawan,” ujar Emil di Gedung Pakuan, Bandung, Sabtu (15/5/2021).

Menurut Emil, saat ini obyek wisata di Puncak dan Lembang masih aman dan terkendali. Ia pun mengimbau masyarakat terutama wisatawan agar segera putar balik kendaraannya, lantaran akses menuju Pangandaran dan Ciwidey ditutup.

“Saya mengimbau kepada pemudik dan wisatawan, segera putar balik, karena Pangandaran dan Ciwidey akan ditutup,” ucapnya.

Baca Juga: Wisatawan Langgar Prokes, Pantai Batu Karas Pangandaran Ditutup

Emil menuturkan, perayaan Idulfitri tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat untuk beradaptasi dan menahan diri. 

Menurutnya, yang harus diutamakan oleh warga Jabar adalah kesehatan keluarga di rumah maupun keluarga di kampung halaman.

“Kesabaran adalah hal penting dalam menghadapi kesusahan saat pandemi. Kesabaran menghadapi larangan mudik, juga pelaksanaan Idulfitri, yang mungkin tidak nyaman. Tapi itulah esensi ujian dan esensi latihan kesabaran,” tutur Emil.

Sementara itu Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah mengantisipasi pergerakan masyarakat menuju destinasi wisata. Salah satunya dengan menyiapkan 15.000 test antigen. Nantinya pengetesan dilakukan secara acak di destinasi wisata yang berpotensi diserbu wisatawan.

Selain tes, Pemprov Jabar bersama Pemkab/Kota di Jabar memonitor pembatasan jumlah pengunjung. Termasuk juga pembatasan jam operasional. Tak kalah penting juga monitor penerapan protokol kesehatan di hotel, pusat perbelanjaan, rumah makan, dan destinasi wisata.

Antisipasi tersebut diharapkan bisa mencegah penyebaran Covid-19 saat lebaran, terutama jangan sampai timbul klaster wisata. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu