Permintaan Ikan Segar di Pangandaran Meningkat Tiga Kali Lipat

Ikan Segar di Pangandaran
Pembeli ikan segar mengantri di salah satu penjual ikan di Kalipucang Pangandaran. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Kebutuhan ikan segar di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat meningkat tiga kali lipat saat lebaran Idul Fitri 2021. 

Yudi salah seorang pedagang ikan segar mengatakan, sejak H-5 lebaran, permintaan ikan segar mulai ikan mas sampai mulai meningkat sampai tiga kali lipat. Umumnya pembeli datang dari wilayah Kabupaten Pangandaran.

“Kebutuhan permintaan yang meningkat, justru kita tidak bisa memenuhinya. Mengingat kiriman dari bandar ikan saat ini tidak sesuai pesanan,” ungkap Yudi, Kamis (13/5/2021).

Yudi menyampaikan, saat permintaan ikan segar di Pangandaran meningkat, kiriman dari bandar ikan justru terbatas.

“Karena pesanan ikan ini naik bukan hanya di Pangandaran saja, tapi terjadi juga di Ciamis dan Kota Banjar,” ungkapnya.

Menurut Yudi, pihaknya bukan hanya melayani pembeli dari wilayah Kabupaten Pangandaran saja. Tapi juga melayani pembeli dari Kabupaten Ciamis, yakni dari Lakbok, Purwadadi, Banjarsari, Banjaranyar, dan Pamarican.

“Kalau pembeli dari Kabupaten Pangandaran biasanya dari Kecamatan Mangunjaya, Padaherang dan sebagian dari Kalipucang. Semuanya sudah menjadi pelanggan kami,” katanya.

Dalam sehari, Yudi mengaku bisa menjual sampai 3 kuintal ikan mujair, begitu juga dengan ikan mas. Banyak pembeli yang sudah jadi langganan memborong ikan segar pada momen lebaran 2021 saat ini.

“Yang sudah jadi pelanggan itu dari para pedagang di pasar dan para pemilik kolam pemancingan. Alhamdulillah ikan habis semua kebagian, meskipun tidak sesuai pesanan,” katanya. 

Sementara itu, Yayan salah seorang pembeli asal Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, menuturkan, dirinya memesan ikan mujair dan ikan mas untuk dijual kembali saat momen Idul Fitri.

“Tapi kami pun hanya kebagian 30 Kg ikan mujair dan 10 Kg ikan mas untuk kami jual. Alhamdulillah, meskipun sedikit yang penting kebagian,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Entis, pemilik kolam pemancingan yang tengah memburu ikan segar di Pangandaran.

“Biasanya sehari setelah lebaran, para pemancing membludak. Karena itu kami pun harus menyiapkan stok ikan yang melimpah. Sehari-hari saja kami biasanya menyediakan 50 Kg sampai 70 Kg ikan. Saat hari-hari lebaran stok ikan harus lebih dari itu,” katanya.

Entis mengaku menyiapkan 200 Kg ikan untuk kebutuhan kolam pemancingan miliknya. “Itu pun biasanya kami membeli lagi untuk jaga-jaga daripada nanti kekurangan ikan untuk para pemancing,” katanya. (Entang/R7/HR-Online)

Editor: Ndu