Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita TerbaruPerusahaan Keuangan: Sumber Utama Emisi Global Inggris

Perusahaan Keuangan: Sumber Utama Emisi Global Inggris

Lembaga Perusahaan Keuangan Inggris mendapatkan kecaman dari bebarapa warga Inggris. Hal ini lantaran perusahaan inggris tidak berbuat cukup banyak untuk mengatasi adanya perubahan iklim di Inggris meskipun perusahaan keuangan telah mencanangkan pembiayaan untuk penghijauan.

Pada beberapa kesempatan sebuah berita di Inggris juga memberitakan bahwa perusahaan di Inggris ini bertanggung jawab untuk sebanyak 805 juta ton karbon pada tahun 2019. Nilai ini tentunya setara dengan 1,8 kali emisi bersih tahunan di inggris raya secara keseluruhan.

Berdasarkan penelitian yang telah dari Greenpeace UK dan juga WFF memperoleh hasil bahwa keuangan merupakan kontributor terbesar adanya perubahan Iklim pada Inggris ini. Bisa jadi memang perusahaan keuangan tidak berhubungan langsung dengan adanya emisi dan juga perubahan iklim.

Akan tetapi berdasarkan analisis yang ada pada penelitian tersebut sampel kecil dari lembaga keuangan Inggris. Kurang lebih 15 perusahaan yang menjadi sampel dan juga 10 manajer aset memaparkan bahwa aktivitas perusahaan tidak ada penjaminan terhadap emisi.

Perusahaan Keuangan merupakan rahasia kecil yang memegang peran penting bagi adanya perubahan iklim di Inggris ini.  Bank dan Investor bertanggung jawab atas banyaknya emisi dari pada beberapa negara lain.

Banyak warna Inggris yang mengeluhkan adanya perubahan iklim di Inggris ini. Bahkan setelah mengetahui bahwa lembaga keuangan Inggris turut mengambil peran dari emisi gas di Inggris ini Direktur Eksekutif Greepeace turut memberikan pendapatnya.

Direktur Eksekutif Greepeace Inggris, John Souven mengatakan bahwa bagaimana mungkin Inggris dapat mengklaim sebagai pemimpin dan pelopor perbaikan Iklim dunia. Sedangkan pemerintah membiarkan beberapa lembaga keuangan Inggris membajak miliaran dollar untuk bahan bakar fosil pada setiap tahunnya.

Apa itu Emisi Global yang diakibatkan oleh Perusahaan Keuangan?

Sebagai tambahan Informasi mengenai Emisi Global yang kini sedang sangat banyak menjadi bahan perbincangan di Inggris. Emisi Global merupakan nama lain dari pemanasan Global.

Emisi Global atau merupakan masalah besar bagi seluruh makhluk hidup yang ada di Bumi. Kondisi Emisi Global ini biasanya akan terasa ketika terdapat peningkatan suhu di Bumi yang semakin panas.

Adanya peningkatan Suhu udara di Bumi terpengaruh oleh berbagai faktor. Namun faktor utama yang mempengaruhi peningkatan suhu Bumi ini tidak lain adalah karena aktivitas manusia.

Aktifitas manusia sendiri tentunya sangat beragam mulai dari penggundulan Hutan, pembakaran Fosil, ataupun penggunaan rumah kaca. Kondisi pemanasan Global atau Emisi Global ini tentunya juga mempengaruhi aktifitas manusia.

Ciri-ciri yang nampak saat terjadi peningkatan Emisi Global adalah permukaan air laut yang meninggi serta semakin banyaknya cuaca Ektrem. Kedua hal tersebut akan berakibat pada peningkatan suhu dan juga keasaman dari air laut.

Jika kembali melihat kepada yang kini sedang terjadi di Inggris. Terdapat sebuah laporan yang mengklaim bahwa secara data statistik kota London yang terletak di Inggris ini merupakan kota penghasil Karbon Dioksida terbesar ke sembilan di Dunia.

Angka ini tergolong cukup besar untuk sebuah kota. Bahkan ini lebih tinggi dari pada Karbon Dioksida di Negara Jerman.

Perihal adanya perubahan Iklim di Inggris ini tentunya memang berhubungan dengan perusahaan keuangan di Inggris. Hal ini bahkan memang sudah banyak terungkap beberapa tahun terakhir.

Bahkan beberapa perusahaan keuangan baik lembaga bank maupun lembaga keuangan non bank telah membuat janji dengan suka rela untuk berkomitmen mengurangi emisi. Namun meskipun demikian beberapa bank tetap menggelontorkan banyak dana untuk operasional perusahaan yang mendorong peningkatan emisi.

Alasan Perusahaan Keuangan Mecicu Emisi Global

Perusahaan keuangan memicu adanya emisi global adalah karena perusahaan keuangan cenderung terus mendukung operasional perusahaan dengan produksi yang tidak ramah lingkungan. Berbagai perusahaan keuangan ini memberikan sejumlah dana, sementara dengan dana yang ada perusahaan tentunya semakin berkembang dan semakin mendukung peningkatan emisi global.

Tanpa adanya intervensi pemerintah sebagai regulasi penanganan yang tepat tentunya pada perusahaan keuangan ini tidak akan menyelaraskan aktivitas pendanaan mereka terhadap penghijauan. Jika beberapa perusahaan keuangan ini secara hukum wajib dan terdapat peraturan yang berlaku tentunya arah pendaan untuk tujuan menjaga iklim global telah terlaksana dengan baik.

Pada kesempatan kali ini pihak pemerintah Inggris akhirnya turut mengukui bahwa Indutri dan juga Lembaga keuangan tentunya harus berbuat banyak. Bahkan beberapa amandemen perundangan di Inggris kali ini secara tegas melarang perusahaan keuangan untuk memberikan pendanaan kepada beberapa perusahaan yang kegiatan produksinya merusak lingkungan.

Hal ini tentunya ingin menyelaraskan dengan slogan bahwa London menjadi kota pelopor peperangan melawan perubahan Iklim. Memang aksi ini dapat dibenarkan lantaran sebuah kota menduduki peringkat ke sembilang Dunia berarti aktifitas merusak lingkungan memang sangat tinggi.

Pemerintah inggris juga mengatakan bahwa mengapa ajakan untuk melawan emisi global ini memang harus berlaku. Memang inggris merupakan bagian kunci ari solusi untuk mengatasi perubahan Iklim yang bukan hanya di Inggris saja, akan tetapi juga di Dunia.

Solusi Penangan Emisi Global melalui Perusahaan Keuangan

Solusi dalam menangani adanya emisi global berlebih yang ada di Negara Inggris ini tentunya dengan memberikan aturan yang tegas terhadap lembaga keuangan perihal pemberian pendanaan. Perusahaan keuangan kini mulai memiliki kesadaran bahwa perusahaan mereka memiliki peran yang cukup penting dalam penanganan adanya perubahan iklim kali ini.

Perusahaan keuangan dapat melakukan banyak hal untuk tetap mendapatkan keuntungan dan tetap menjaga kehijauan atau menghambat Emisi Global. Mulai dari membuat beberapa produk keuangan seperti Obligasi Hijau, Pinjaman Hijau, sektor jasa keuangan yang dapat memberikan dorongan permodalan untuk produk yang berlanjutan.

Sementara bagi para Manajer aset dapat melakukan beberapa Portofolio yang tentunya searah dengan lembaga keuangan dan merujuk pada tujuan penghijauan. Sebabagai Regulasi tertinggi di Inggris Bank of England sebenarnya memiliki peran yang sangat penting dan dapat membuat kebijakan lebih jauh mengenai Lembaga keuangan dan penghijauan ini.

Sejauh ini solusi terhadap pengurangan emisi global hanya terlihat sangat sedikit. Namun pada dasarnya dengan menggunakan otoritasi dan juga perangkatnya, sebenarnya Bank Of Engand ini dapat membatasi pinjamannya.

Pembatasan pinjaman yang dimaksudkan disini adalah pembatasan pinjaman terhadap perusahaan yang operasional menyebabkan karbon dioksida meninggi. Selain itu pemerintah melalui perusahaan keuangan juga memperbanyak kegiatan yang mendukung penghijauan selain dengan memberikan pendanaan terhadap perusahaan ramah lingkungan.

Solusi selanjutnya yaitu kepada pemerintah Inggris. Dengan adanya peraturan dan juga mandat yang jelas yang berasal dari pemerintah untuk mendukung penghijauan.

Maka para perusahaan keuangan atau perusahaan keuangan ini tidak lagi memiliki alasan untuk memberikan pendanaan pada perusahaan yang memicu emisi Global. Selain itu pemerintah juga dapat memberikan larangan kepada beberapa perusahaan yang menggunakan bahan baku atau proses produksi yang merusak alam.

Dengan begitu perusahaan dapat terus beroperasi tanpa merusak alam. Sementara perusahaan keuangan juga tetap dapat memberikan sumber pendanaan terhadap perusahaan tersebut.