Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita CiamisPetani Porang Terkendala Jual Hasil, CV Hajima di Ciamis Siap Beli

Petani Porang Terkendala Jual Hasil, CV Hajima di Ciamis Siap Beli

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Petani porang terkendala jual hasil produksinya, CV Hajima di Dusun Pasir Amis, Desa Dayeuhluhur, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, siap membangun kemitraan dengan petani.

Direktur CV Hajima, Peri, melalui karyawannya, Momon Ato mengatakan, melihat adanya petani porang yang kesulitan dalam menjual hasil produksinya, maka pihaknya membangun kemitraan dengan para petani porang tersebut.

“Para petani yang awalnya terkendala dalam penjualan, kini tidak perlu bingung lagi. Karena, kami siap membelinya sesuai dengan harga beli distributor (HBD),” ujar Momon, Senin (24/05/2021).

Ia menjelaskan, manfaat kemitraan itu sendiri selain untuk memperbaiki struktur ekonomi nasional, juga dapat mempersempit kesenjangan antar petani. Sebab, para pelaku atau petani tumbuh saling terkait, saling memperkuat, dan saling menguntungkan.

Sedangkan, manfaat lainnya dengan adanya kemitraan yakni dapat terjalinnya potensi produktif yang ada di daerah. Hal itu karena mampu meningkatkan posisi tawar petani melalui harga yang lebih mahal, dan adanya kepastian pasar.

Baca Juga : UPZ Jatinagara Ciamis Bagikan Sembako untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

“Tujuan kemitraan yang dibangun oleh CV Hajima yaitu, membantu para pelaku kemitraan serta pihak-pihak tertentu dalam mengadakan kerjasama kemitraan yang bertanggung jawab. Sehingga, dapat meningkatkan pendapatan, perolehan nilai tambah bagi pelaku kemitraan, dan dapat meningkatkan ekonomi pedesaan,” terangnya.

Momon menambahkan, sebelumnya petani porang terkendala jual hasil produksinya. Adapun petani yang telah bekerja sama dengan CV Hajima antara lain petani porang dari Banten, Bandung, dan Pangandaran.

CV Hajima sendiri bisa membangun kemitraan dengan para petani porang karena bekerja sama dengan salah satu perusahaan yang ada di Madiun. (Dji/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah