Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruPlanet Neraka TOI-1431b, Miliki Suhu Terpanas dan Ukuran 3 Kali Jupiter

Planet Neraka TOI-1431b, Miliki Suhu Terpanas dan Ukuran 3 Kali Jupiter

Planet neraka TOI-1431b sedang menjadi perbincangan. Berdasarkan CNet yang telah melansir mengenai temuan planet yang kabarnya memiliki suhu sangat panas.

Sesuai dengan nama yang tersemat bahwa planet ini memiliki suhu yang mampu membuat apapun menguap. Para ilmuwan dibuat takjub dengan kondisi dari planet ini.

Memiliki ukuran yang besarnya 3 kali lebih besar dari planet Jupiter. Padahal planet tersebut merupakan salah satu yang paling terbesar di tata surya. Nah, dengan ukuran besar dan suhu panasnya, membuat planet ini menjadi perbincangan menarik.

Baca Juga: Planet Ekstrasurya GJ 740 b, Planet Berbatu Memiliki Besar 3 kali Bumi

Temuan Planet Neraka TOI-1431b

Brett Addison yang merupakan pimpinan dari tim astrofisikawan dalam penelitian ini, menjelaskan bahwa “Suhu planet ini mendekati suhu knalpot dari mesin roket”. Para tim astronom global mengklaim bahwa suhu dalam planet ini bahkan sanggup membuat apapun meleleh.

Maka mereka menyebutnya dengan “hellish”  karena suhunya yang melebihi panas dari lava. Bisa kita bayangkan bahwa suhu matahari yang menyengat saja membuat kita tidak nyaman. Sedangkan planet ini memiliki suhu yang di luar batas wajar. Maka akan dipastikan bahwa planet ini tidak layak huni.

Detail Dari Planet Neraka TOI-1431b

Planet ini terletak sekitar 490 tahun cahaya dari bumi dan memiliki ukuran yang besar. Dengan posisi yang sangat dekat dengan bintangnya yang terang serta memiliki waktu orbit selama dua setengah hari.

Kondisinya ini cukup langka dan merupakan planet yang memiliki suhu paling panas daripada beberapa planet sebelumnya. Bahkan cukup membuat bergidik ngeri.

Pada saat siang hari, suhu bisa meningkat mencapai 3000K atau berkisar 2700 C. Namun ketika malam hari, suhu akan turun menjadi 2600K atau berada di 2300 C.

Sudah dipastikan bahwa tidak ada kehidupan yang bertahan dalam planet ini. Suhu yang tidak normal ini membuat apapun langsung hancur tak bersisa.

Baca Juga: Fakta Planet Neptunus, Bercincin dan Memiliki Iklim yang Ekstrim

Penemu Pertama Kali

Planet neraka TOI-1431b merupakan temuan dari Transiting Exoplanet Survey Satellite NASA. Nah, dengan itulah Brett Addison yang merupakan pimpinan Pusat Astrofisika Universitas Queensland Selatan, Toowoomba.

Meneruskan untuk meneliti data menggunakan teleskop Stellar Observation Network Group yang berada di Kepulauan Canary guna mencari tahu pasti letak planet neraka tersebut.

Ia mengatakan keistimewaan planet ini terletak pada ukurannya yang raksasa dan suhunya sangat panas. Namun juga memiliki orbit unik. Dalam retrograde yang bermaksud miring ke titik mana berputar ke arah berlawanan dengan bintangnya.

Letak planet yang katanya memiliki suhu paling panas ini berada dekat dengan matahari. Jadi, dapat kita simpulkan bahwa karena posisi inilah yang membuatnya memiliki suhu panas.

Ukuran Planet Neraka TOI-1431b

Pada saat merilis pernyataan mengenai planet terbaru ini, para ilmuwan sempat takjub. Dengan ukuran dari planet ini yang mempunyai orbit 2 setengah hari hitungan bumi.

Maka, bisa kita bayangkan sebesar apa planet ini. Memiliki tiga kali besar Jupiter, merupakan salah satu planet terbesar yang pernah kita ketahui.

Maka tidak heran jika planet neraka ini menghabiskan waktu dua hari setengah hanya untuk satu kali orbit. Temuan ini membuat para ilmuwan tergugah untuk mendalami lagi data planet berukuran masif ini.

Jika ternyata ada planet yang lebih besar dari planet Jupiter sebelumnya, mungkin banyak penemuan lainnya yang menunggu untuk terungkap.

Bisa jadi terdapat planet yang layak huni untuk mengganti bumi mungkin? Tidak ada yang tahu jika tidak mencoba bukan?

Peluang Besar

Dengan penemuan planet neraka TOI-1431b, para ilmuwan mempunyai peluang lebih besar. Dengan mempelajari atmosfer planet-planet ini untuk memahami bagaimana terbentuk dan proses bermigrasi.

Semakin banyaknya penemuan, akan membuka jalan lebih luas dan bercabang atas mengagumkannya alam semesta ini. Banyak sekali yang menjadi hal baru dalam penemuan kali ini.

Titik orbit planet neraka ini bahkan ke arah miring atau samping. Hal ini membuat arah yang justru berlawanan dengan rotasi bintangnya.

Ukuran planet neraka TOI-1431b akan menjadi gerbang terbukanya banyak kemungkinan yang terlupakan. Kemungkinan yang akan segera terungkap, semesta memiliki realitas yang tidak terbatas. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img