Ruang Tamu Shabby Chic Sederhana Pilihan Interior Ramah Budget

Ruang Tamu Shabby Chic Sederhana Pilihan Interior Ramah Budget
Ruang tamu shabby chic sederhana. Foto: Ist/Net

Ruang tamu shabby chic sederhana sebagai inspirasi desain interior. Tentunya interior yang ramah budget namun tetap elegan. Interior shabby chic ini merupakan pilihan yang tepat. Shabby chic sering digunakan dalam dunia interior.

Desain yang memberikan sentuhan pesona pedesaan. Namun yang terbuat dari furnitur antik dan aksen hiasan mengkilap. Shabby chic menjadi cara sempurna untuk mendekorasi ruang tamu dengan fokus pada kehangatan dan kenyamanan.

Baca Juga: Desain Paviliun Minimalis Lebih Cantik, Praktis dan Fungsional

Alasan Memilih Ruang Tamu Shabby Chic Sederhana

Shabby chic sebagai pilihan desain interior yang tetap menampilkan kesan elegan. Tentunya ada alasan memilih interior  shabby chic untuk ruang tamu berikut ini.

Ramah Budget

Dengan mementingkan prinsip upcycled, desain interior shabby chic ini lebih ramah budget. Memberikan furnitur atau ornamen dekorasi dengan harga yang terjangkau. Pilihan lainnya dengan mengecat dan mendesain ulang furnitur tua yang ada.

Sehingga menjadi sebuah kreasi baru yang cantik dengan tema shabby chic. Dengan unsur kayu lapuk dan cat yang mengelupas. Untuk memberikan kesan shabby chic yang lebih maksimal. Tentunya dapat menggunakan kursi tua, daun pintu jadul, dan jendelanya dengan motif pidana.

Baca Juga: Desain Kamar Kost Lesehan Tetap Nyaman dan Tak Ketinggalan Zaman

Selain itu kaca dengan bingkai kayu tua sebagai aksesorisnya. Namun, perlu memperhatikan juga penggunaan jumlah furniturnya. Hal itu agar tidak terlihat seperti ruangan tempat berkumpulnya barang bekas.

Cozy dan Nostalgic

Ruang tamu shabby chic sederhana dengan pemilihan warna yang lembut. Penggunaan material linen dan rendanya sebagai pelapis furniturnya. Selain itu juga penggunaan motif bunga, yang akan menambah gaya shabby chic. Tentunya memberikan kesan lebih hangat dan juga romantis.

Unsur nostalgia juga akan anda dapatkan. Hal itu karena desain interiornya yang terinspirasi dari gaya rumah tradisional. Seperti halnya countryside house dan farm house. Rumah di daerah pedesaan Inggris tahun 1900-an.

Menggunakan Palet Warna yang Lembut 

Ruang tamu interior shabby chic memakai palet warna lembut juga ringan. Seperti pada warna kuning gading, putih, krem, abu-abu, dan coklat. Sehingga memberikan atmosfer tenang dan nyaman ke dalam ruang tamu.

Baca Juga: Interior Ruang Makan dan Dapur yang Beragam Memberi Zona Nyaman

Selain itu dengan pemilihan warna-warna pastel. Seperti warna pink muda, biru muda, hijau muda, dan ungu muda. Warna tersebut yang selaras dengan interior ruang tamu shabby chic sederhana. Sehingga perlu memilih furniture dan ornamen dekorasi. Tentunya yang berwarna lembut dan feminin.

Tampilan Unik Dan Antik

Kata shabby dan chic sebenarnya memiliki arti berbeda dan saling bertolak belakang. Kata shabby yang memiliki arti sesuatu yang usang dan kumal. Sedangkan chic memiliki arti cantik dan indah. Sehingga hal itu yang membuat gaya interior shabby chic istimewa.

Penggunaan benda yang terkesan usang seperti meja dan kursi kayu dengan goresan. Kain berwarna pudar, cat dinding terkelupas, dan ornamen dekorasinya kuno. Semua itu dinilai sebagai gaya desain yang unik dan antik. Selain itu juga memiliki nilai seni di dalamnya.

Untuk dapat menghadirkan suasana yang nyaman ala interior shabby chic. Sebaiknya menghindari penggunaan furniture dengan permukaannya yang glossy. Gunakan furniture kayu dan logam dengan hasil matte dan terdapat goresannya seperti motif patina.

Cocok Untuk Hunian yang Berukuran Mungil

Tentunya ada cara menyiasati hunian berukuran mungil, anda bisa memanfaatkan dekorasi cermin yang berbingkai antik. Bukan hanya lebih identik dengan model shabby chic, namun juga memberi efek luas pada ruang tamu shabby chic sederhana.

Selain itu pemilihan cermin warna putih sebagai langkah cermat. Hal itu sebab, warna putih bisa menjadikan ruangan tampak lebih cerah juga lapang. Penggunaan furniture tidak hanya memiliki fungsi estetika saja, namun juga memiliki fungsi yang baik. 

Tentunya untuk mengatasi masalah storage dalam hunian shabby chic berukuran kecil. Anda juga dapat memilih tempat penyimpanan dengan bentuk vertikal. Selain itu dekorasi gantung untuk menghemat tempatnya. Penggunaan meja bundar akan lebih efektif untuk ruang tamu berukuran kecil.

Ruang tamu shabby chic sederhana sebagai salah satu pilihan desain interior. Interior ruang tamu yang satu ini ramah budget, namun tetap menampilkan kesan elegan. (R10/HR-Online)

Editor: Ndu