Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaPropertiRumah Kayu Minimalis 2 Lantai, Hunian Nyaman dan Ramah Lingkungan

Rumah Kayu Minimalis 2 Lantai, Hunian Nyaman dan Ramah Lingkungan

Rumah kayu minimalis 2 lantai  bisa menjadi pilihan alternatif hunian anda. Pilihan rumah kayu tentunya menyesuaikan dengan selera masing-masing. Hal yang terpenting bahwa setiap rumah memberikan kenyamanan untuk penghuninya.

Rumah kayu minimalis juga bisa menjadikan hunian tampak lebih menawan. Namun dalam hal ini anda perlu memperhatikan mengenai kualitas kayu yang digunakan.

Tips Membangun Rumah Kayu Minimalis 2 Lantai

Anda tentu ingin membangun rumah kayu sebagai hunian yang nyaman bukan? Untuk itu, anda bisa memperhatikan beberapa tips dalam membangun hunian berikut ini.

Buat Anggaran

Untuk membangun rumah kayu minimalis juga memerlukan RAB. Anda perlu anggaran yang tepat untuk membiayai setiap tenaga ahlinya. Selain itu juga penggunaan material selama proses pembangunannya. Pembangunan rumah kayu tentunya juga  memerlukan perincian yang jelas.

Baca Juga: Rumah Minimalis Ala Eropa, Desain yang Cocok untuk Daerah Tropis

Memang rumah kayu akan lebih murah apabila dibandingkan dengan rumah lainnya. Namun bukan berarti tidak memerlukan perincian yang jelas. Perincian tersebut agar bisa mengetahui pendistribusian  uang yang dipersiapkan.

Buatlah Sketsa Gambar

Saat ini banyak model rumah kayu yang bisa dijadikan referensi untuk pembangunannya. Sebelum mewujudkannya, anda perlu mencari sketsa atau membuat sketsa sendiri. Sehingga nantinya dapat disesuaikan dengan bentuk. Selain itu, luas tanah untuk pembangunan rumah kayu minimalis 2 lantai juga perlu anda perhatikan.

Tidak semua bisa menggambar sebuah sketsa rumah. Untuk memudahkan hal tersebut anda bisa menggunakan jasa desain rumah yang profesional. Tentunya ini akan membutuhkan biaya lebih untuk melakukannya. Namun penggunanya akan mendapatkan desain yang sesuai dengan keinginannya.

Sketsa ini sebagai langkah awal untuk pembangunan rumah kayu. Apabila terjadi sedikit kesalahan mengenai ukuran dan bentuk dari ruangan rumah. Maka akan berpengaruh pada keseluruhan bagian rumah kayu tersebut.  Setiap detail desain perlu dibuat lebih serius dengan ukuran yang jelas.

Baca Juga: Rumah Minimalis Atap Miring Membuat Eskterior Semakin Sempurna

Perhatikan Bagian Konstruksi Kayu

Hal yang penting untuk pemilihan kayu yang tepat. Hal itu akan membuat bangunannya lebih kuat dan tahan lama. Apabila terjadi kesalahan pemilihan kayu akan menjadikan masalah. Bentuk rumah kayu minimalis akan berkurang keindahannya. Anda juga perlu untuk mengawetkan kayu tersebut. Hal itu bertujuan agar tidak terganggu oleh rayap dan tidak mudah lapuk.

Hitungan Untuk Kayu

Hal lain yang perlu diperhitungkan mengenai jumlah kayu yang dibutuhkan. Tentunya untuk proses pembangunan rumah kayu minimalis 2 lantai. Semua bagian rumah akan membutuhkan banyak kayu. Sehingga uang untuk membeli kayu tersebut yang lebih diutamakan.

Perhitungan kayu yang tepat nantinya akan membantu ketepatan selesainya pembangunan rumah kayu minimalis ini. Apabila jumlah kayunya habis pada saat tengah-tengah pembangunan., maka akan menghambat proses pembangunannya.

Anda masih memerlukan waktu lagi untuk membeli atau mencari kayu yang sama.  Namun apabila stok kayu tersebut tidak tersedia tentunya ini akan menunda pembangunan rumah tersebut.

Baca Juga: Rooftop Rumah Minimalis Membuat Tampilan Lebih Mewah dan Menawan

Kelebihan Rumah Kayu

Pastinya ada beberapa kelebihan yang anda dapatkan saat memilih rumah kayu. Untuk itu ketahui kelebihan rumah kayu berikut ini.

Memiliki Nilai Estetika Tinggi

Kelebihan rumah kayu tampak dari sisi estetika. Tentunya nilai estetikanya lebih unggul apabila dibandingkan bahan pembuat rumah lainnya. Kayu sebagai bahan rumah yang cukup mudah membentuknya.

Selain itu anda bisa mengkreasikannya sesuai dengan keinginan. Bahkan untuk membuat dekorasinya bisa membentuk dari sisa kayu pembuatan rumah tersebut.

Ramah Lingkungan

Kelebihan rumah kayu minimalis 2 lantai yang lebih ramah lingkungan. Hal itu karena semua bahannya yang alami dari kayu. Bahan kayu tidak menyisakan limbah yang membahayakan alam dan lingkungan sekitar. Selain itu, limbahnya dari pembangunan rumah bisa menjadi bentuk lainnya lebih bermanfaat.

Kuat dan Kokoh

Kelebihan dari rumah kayu minimalis ini, bentukannya yang lebih kuat dan kokoh. Rumah kayu ini yang akan lebih kuat dari guncangan. Selain itu juga tidak mudah mengalami pengeroposan dan kebocoran.

Tentunya akan berbeda dengan rumah jenis yang lainnya. Hal yang terpenting adalah dalam hal perawatannya. Apabila merawat rumah kayu dengan baik maka akan lebih awet dan selalu terjaga.

Ekonomis

Meskipun rumah kayu ini tampak berkelas dan mahal. Namun apabila merincinya dengan baik. Pembangunan rumah kayu ini tidak menghabiskan banyak biaya. Bahkan rinciannya lebih murah daripada jenis rumah yang lainnya. Hal ini karena kayu mudah untuk direkatkan dan disatukan. Tentunya tidak memerlukan kerangka rumahnya lagi.

Jenis rumah kayu minimalis 2 lantai cocok sebagai pilihan hunian yang nyaman. Pastikan anda memperhatikan pemilihan kayu yang tepat agar rumah lebih kokoh. Dengan begitu, anda akan betah tinggal di dalamnya. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img