Rumah Tersambar Petir di Banjarsari Ciamis, Aliran Listrik Terganggu

Tersambar Petir
Aryono menunjukkan bagian tembok rumahnya yang rusak tersambar petir. Foto: Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Rumah tersambar petir di Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengakibatkan sejumlah barang elektronik yang ada di dalam rumah tersebut rusak.

Selain itu, petir yang menyambar rumah milik Aryono, warga Dusun Ciulu, RT. 23, RW. 06, Desa Ciulu, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis pada Jumat (28/05/2021) mengakibatkan aliran listrik terganggu.

FK Tagana Kabupaten Ciamis, Uju Suparman mengatakan, rumah yang tersambar petir di Banjarsari itu terjadi sekitar pukul 20.00 WIB.

“Kejadiannya pukul 20.00 WIB, yakni saat hujan disertai kilatan petir. Pada waktu itu tiba-tiba petir menyambar melalui kabel listrik yang ada dalam rumah milik Aryono. Sambaran petir mengakibatkan beberapa alat elektronik yang menancap pada stop kontak listrik rusak,” terangnya.

Selain merusak sejumlah barang elektronik berupa kipas angin, televisi berikut antenanya, sambaran petir juga merusak bagian tembok rumah Aryono hingga jebol.

“Kabel listriknya kan berada di dalam tembok. Jadi, arus petir itu masuk hingga menjebol tembok. Bahkan sampai mengeluarkan kepulan asap yang lumayan pekat. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, pemilik rumah mengalami trauma atas kejadian tersebut,” jelas Uju.

Akibat kejadian itu, KWH listrik rumah korban juga mengalami kerusakan, sehingga berdampak terhadap pemadaman listrik bagi rumah warga lainnya.

“Kebetulan jalur PLN juga ada yang tersambar peti. Jadi tadi sempat terjadi pemadaman listrik oleh PLN,” jelasnya. (Suherman/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah