Rumah Tingkat Sederhana di Desa dengan Konsep Minimalis

Rumah Tingkat Sederhana di Desa dengan Konsep Minimalis
Ilustrasi Rumah Tingkat Sederhana di Desa. Foto: Ist/Net

Rumah tingkat sederhana di desa tentu dapat memberikan kesan modern dan menarik di lingkungan pedesaan. Untuk mewujudkan hunian idaman di desa sesuai yang anda inginkan, maka anda harus cerdik dalam menentukan rancangan.

Rumah mewah di tengah perkotaan mungkin menjadi suatu hal yang biasa. Akan tetapi, bagaimana jika rumah lantai 2 terletak pada kawasan perkampungan.

Dengan dikelilingi oleh berbagai rumah dengan konsep sederhana. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri. Sebuah desain rumah modern minimalis yang terletak pada tengah perkampungan yang dikelilingi oleh rumah sederhana khas perkampungan.

Tips Membangun Rumah Tingkat Sederhana di Desa

Terlepas dari kondisi lingkungan tersebut, dalam menciptakan hunian lantai dua pada kawasan pedesaan, hal penting yang harus diperhatikan adalah dari sisi desainnya.

Baca Juga: Rumah Kampung Modern Menarik, Mulai dari Sederhana Hingga Minimalis

Membangun rumah di tengah perkampungan mempunyai nilai serta tantangan tersendiri. Selain itu, membangun rumah di kawasan perkampungan memerlukan sedikit trik serta disiplin yang lebih supaya proses pembangunan lebih lancar.

Pertimbangkan secara baik, lokasi, bahan material, dan lain sebagainya. Terutama bagi anda yang ingin membangun rumah tingkat sederhana di desa.

Berikut ini beberapa tips yang perlu anda perhatikan dalam membangun rumah lantai 2 di kawasan pedesaan, antara lain:

Perhatikan Kondisi Tanah dan Lingkungan Sekitar

Sebelum membangun rumah tingkat sederhana di kawasan pedesaan, sebaiknya anda memilih atau memiliki lahan terlebih dahulu. Pastikan kondisi, tekstur, serta ukuran lahan pada lokasi yang anda pilih.

Baca Juga: Desain Butik Minimalis Nyaman dan Mengundang Perhatian Pelanggan

Dengan demikian, anda dapat menyesuaikan bangunan lantai dua yang akan anda buat. Selain itu, perhatikan pula kondisi lingkungan sekitar, karena anda dan keluarga akan menetap dan tinggal di sana.

Pilih Konsep yang Sesuai dan Tepat

Tips membangun rumah tingkat sederhana di desa selanjutnya adalah menentukan serta memilih konsep atau desain rumah minimalis yang tepat.

Jika anda telah berkeluarga serta mempunyai anak, sebaiknya anda bangun rumah minimalis dengan konsep keluarga dua tingkat dengan konsep kontemporer atau yang lainnya.

Tentukan Tipe Rumah

Dalam membangun rumah tingkat di desa, hal penting lain yang harus anda perhatikan adalah memilih tipe rumah secara tepat.

Baca Juga: Desain Rumah Jepang yang Dinamis dan Serba Minimalis

Di mana rumah tersebut sesuai dengan kebutuhan serta ketersediaan lahan yang anda miliki. Selain itu, pemilihan tipe rumah minimalis juga harus anda sesuaikan dengan budget yang anda miliki.

Susun Denah serta Estimasi Biaya

Selanjutnya susun denah rumah tingkat sederhana di desa secara detail. Dengan demikian, anda dapat membuat perhitungan biaya yang anda perlukan.

Berikutnya buat denah yang akurat serta benar-benar sesuai dengan kebutuhan rumah. Dengan demikian, rumah pun dapat memberikan kenyamanan yang maksimal.

Hal penting lainnya, anda perlu menghitung biaya pembangunan, termasuk dengan mengecek harga material bangunan dan lain sebagainya.

Beri Perhatian Khusus pada Bagian Pondasi

Pondasi merupakan faktor penting dalam sebuah bangunan rumah. Terutama jika bangunan tersebut mengusung desain dua lantai.

Pastikan bagian pondasi rumah benar-benar kokoh serta dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Sebaiknya anda menggunakan komposisi material bangunan kualitas terbaik.

Cermati Penggunaan Sekat Bangunan Rumah

Bangunan rumah minimalis pada umumnya tidak mempunyai banyak sekat ruangan. Sehingga tampak lega, meskipun memiliki ukuran yang tidak terlalu luas.

Meskipun demikian, anda tetap harus mencermati penggunaan sekat pada bangunan rumah anda. Terutama pada area-area yang sebenarnya tidak terlalu mudah diperlukan, sehingga tampilan rumah tetap nampak elegan.

Pilihan Tangga yang Tepat

Saat membangun rumah tingkat sederhana di desa, sebaiknya anda memilih tangga yang kokoh dan tepat. Terdapat beragam pilihan tangga rumah.

Mulai dari berbahan baku besi, kayu, keramik dan lainnya. Hal ini dapat anda sesuaikan dengan konsep rumah tingkat yang anda pilih.

Warna Tepat Sesuai dengan Konsep

Pemilihan warna juga menjadi faktor penting dalam hal pembangunan rumah berlantai dua di kawasan pedesaan. Pada umumnya, rumah-rumah kawasan pedesaan mengusung warna netral.

Pastikan anda memadukan warna yang tepat sesuai dengan konsep rumah anda. Dengan demikian, keseluruhan rumah tampak lebih serasi, nyaman, indah, serta sedap dipandang.

Pemaksimalan teras serta area taman juga penting untuk anda perhatikan dalam membangun rumah tingkat sederhana di desa. Meskipun berada pada kawasan pedesaan, teras dan taman akan menjadi bagian terdepan yang memerlukan perhatian khusus sehingga membuat rumah menjadi lebih cantik.(R10/HR-Online)

Editor: Dadang