Minggu, Agustus 7, 2022
BerandaBerita TerbaruSaffron Jadi Rempah Termahal, Ketahui 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Saffron Jadi Rempah Termahal, Ketahui 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Saffron jadi rempah termahal di dunia lantaran memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan kulit. Putik bunga bernama saffron ini tumbuh di daerah-daerah kering yang beriklim panas, seperti Maroko, Iran, Kashmir, dan Yunani.

Dalam setahun, bunga saffron mekar satu kali selama beberapa minggu, yakni dari akhir bulan Oktober sampai awal November. Oleh karena itu, produsen harus memanennya dengan cepat.

Selain itu, bunga saffron juga hanya mempunyai empat kuntum. Dalam tiap kuntum bunganya memiliki tiga putik. Jadi, untuk bisa menghasilkan 1 kilogram produk akhir butuh 11 ribu hingga 17 ribu kuntum bunga saffron.

Produksi yang terbatas, kemudian harus pilih-pilih saat penanaman maupun panen, tetapi permintaan pasar selalu melebihi dari pasokan. Itulah yang membuat saffron jadi rempah termahal di dunia. Harga per kilogramnya hampir mencapai US$ 10.000.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini manfaat luar biasa yang bisa didapat dari bunga saffron bagi kesehatan kulit.

Baca Juga : Selain Bunga Saffron, Inilah Rempah Termahal di Dunia

Bunga Saffron Jadi Rempah Termahal, Khasiatnya Luar Biasa

Antioksidan Tinggi

Saffron kaya akan kandungan vitamin A yang mampu memperlambat laju penuaan, meningkatkan elastisitas serta kelembutan kulit. Juga mampu melindungi kulit dari radikal bebas dan efek bahaya paparan sinar ultraviolet.

Memulihkan Kulit

Putik kunyit yang kaya akan mineral serta memiliki kandungan dua karotenoid sangat kuat, seperti crocetin dan crocin. Karotenoid tersebut dipercaya sangat efektif untuk memperbaiki kerusakan kulit, sekaligus memastikan kondisi kesehatan sel secara keseluruhan.

Saffron jadi rempah termahal yang bermanfaat membantu memulihkan kulit akibat dampak kerusakan lingkungan akibat oksidasi, dan paparan sinar matahari. Bunga tersebut juga dapat menyembuhkan segala masalah yang memengaruhi elastisitas kulit.

Baca Juga : Manfaat Bunga Saffron, Herbal Termahal yang Baik untuk Otak Hingga Vitalitas

Bahkan, bunga saffron juga mampu menyembuhkan luka akibat goresan, maupun luka lainnya. Berdasarkan penelitian menunjukkan kalau putik saffron punya kemampuan meningkatkan produksi sel. Bahkan bisa menyembuhkan luka secara cepat.

Pencerah Kulit

Selain mengandung vitamin A tinggi, saffron sebagai rempah termahal juga memiliki tingkat kandungan vitamin C yang sangat tinggi.

Bunga tersebut membantu dalam meningkatkan pembentukan kolagen, menghilangkan tanda-tanda bintik hitam pada kulit, dan pigmentasi, serta bintik-bintik lainnya.

Pigmentasi Kulit Berkurang

Tidak hanya bisa mencerahkan warna kulit, saffron sebagai rempah termahal juga dapat meningkatkan sekaligus mengurangi hiperpigmentasi karena kaya akan kandungan vitamin.

Baca Juga : Racikan Kopi Teraneh di Dunia, Kamu Berani Coba?

Meredakan Peradangan

Kekuatan penyembuhan dari saffron sebagai rempah termahal ini dapat membantu meredakan peradangan dan kemerahan pada kulit, bahkan bisa membantu mengatasi masalah jerawat.

Sejumlah manfaat tersebut berkat kandungan vitamin seperti B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, serta vitamin B9. Manfaat dari vitamin B bisa membantu kulit untuk menghilangkan racun.

Dengan begitu, bunga saffron dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada kulit. Terutama pada bagian kulit yang sangat sensitif. Oleh karena itu, bunga saffron sebagai obat holistik. Tak hanya pengobatan secara internal, tapi juga secara eksternal. (R3/HR-Online)