Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBerita TerbaruSakit Kepala Bagian Belakang, Kenali Penyebab dan Gejalanya

Sakit Kepala Bagian Belakang, Kenali Penyebab dan Gejalanya

Sakit kepala bagian belakang mungkin termasuk jarang terjadi. Namun, jika gangguan ini sering muncul sebaiknya segera periksakan ke dokter. Apalagi jika gejalanya berupa kepala terasa berat dan tengkuk yang kaku.

Anda yang memiliki keluhan sering nyeri pada bagian tengkuk dan kepala bagian belakang agaknya harus berhati-hati. Apalagi jika nyeri kepala bagian belakang berlangsung terus menerus atau sering berulang datang.

Kondisi ini bisa merupakan sinyal adanya sesuatu tidak beres yang serius bagi kesehatan tubuh anda. Nyeri kepala bagian belakang biasanya berupa keluhan seperti seringnya merasakan tegang, nyeri, bahkan kepala bagian belakang sangat terasa berat.

Faktor Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang

Gangguan pada kepala memang banyak jenisnya. Selain pusing, migrain, letak nyeri pada kepala juga kadang berlainan. Penting mengenal gejala yang ada maupun penyebabnya agar penanganannya lebih efektif.

Sebenarnya apa saja yang memicu munculnya nyeri dan sakit kepala? Berikut ini berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab sakit kepala bagian belakang yang perlu anda waspadai.

Baca Juga : Sakit Kepala Vertigo, Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatannya

Salah Posisi Duduk

Posisi duduk yang salah juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala bagian belakang. Hal ini dikarenakan otot otot anda mengalami kaku yang lama dan juga secara terus menerus.

Sehingga dengan otot bagian belakang yang menegang akan menyebabkan kepala bagian belakang menjadi turut merasakan nyeri.

Karena itu ketika seharian anda bekerja ada baiknya lakukanlah sesekali olahraga ringan. Melakukan peregangan pada tubuh berapa kali agar tidak terjadi kekakuan otot tulang belakang.

Gangguan Tulang Belakang

Ketika anda mengalami gejala sakit kepala bagian belakang secara terus menerus, maka bisa jadi tulang belakang anda tidak bekerja dengan baik dan mengalami masalah disfungsional, hal ini berakibat otot-otot leher menjadi tegang.

Menyegerakan memeriksakan ke dokter sangatlah disarankan, karena jika dibiarkan secara terus menerus, maka dikhawatirkan akan berakibat fatal. Juga akan menyebabkan tulang belakang anda mengalami gangguan yang kronis dan fatalnya bisa menyebabkan peradangan otak.

Baca Juga : Sakit Kepala Tipe Ketegangan yang Perlu Anda Pahami Secara Pasti

Naiknya Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi juga dapat menjadi penyebab rasa sakit kepala  bagian belakang. Kebanyakan orang yang mengalami gangguan kolesterol juga sering mengalami sakit pada bagian kepala ini.

Gangguan pada kepala ini sebenarnya bisa kita atasi dengan mudah. Akan tetapi jika kita biarkan secara terus menerus, maka hal ini akan berakibat fatal bagi tubuh anda.

Stres

Penyebab sakit kepala bagian belakang selanjutnya adalah karena kebanyakan beban pikiran yang mengakibatkan anda menjadi stres yang berlebih. Baik tekanan pekerjaan atau masalah dalam rumah tangga.

Ketika anda mengalami stres dan mengalami tekanan berat, hal ini dapat menyebabkan kinerja otak menjadi lebih keras dan aliran darah yang mengalir di area sekitar kepala juga menjadi tidak stabil.

Kondisi inilah yang dapat mengakibatkan terjadinya rasa nyeri pada bagian kepala terutama kepala bagian belakang. Untuk meredakannya, cobalah untuk membuat rileks pikiran agar tidak menjadi semakin memberatkan anda.

Baca Juga : Penyebab Hidung Mimisan dan Sakit Kepala, Salah Satunya Sinusitis

Ketegangan

Terjadinya ketegangan pada otot leher dan bagian pundak juga memiliki peranan sebagai penyebab sakit kepala bagian belakang. Tak sedikit orang yang mengalami kondisi semacam ini.

Otot-otot pada pundak yang mengencang dan kaku apalagi otot pada leher juga ikut menegang, memiliki pengaruh yang besar terhadap terjadinya nyeri pada bagian belakang kepala.

Ketegangan pada otot bisa terjadi karena sejumlah faktor. Baik karena anda kurang tidur atau salah dalam posisi tidur. Selain itu, kecemasan dan sakit gigi juga berhubungan erat dengan rasa nyeri pada bagian kepala ini.

Sakit Kepala Cervicogenic

Sakit yang terjadi akibat adanya gangguan pada leher ini merupakan jenis sakit kepala sekunder. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan gangguan yang anda alami tersebut.

Selain itu sakit kepala vertebrogenic juga bisa mengakibatkan nyeri pada bagian belakang kepala. Hal ini bisa terjadi karena anda yang salah dalam posisi tidur, juga sekaligus berpengaruh pada fungsi tulang belakang.

Itulah beberapa penyebab sakit kepala bagian belakang yang perlu anda ketahui. Dengan mengenali faktor yang menyebabkan gangguan ini sejak dini, tentunya kita bisa bertindak proaktif untuk mencegah kondisi menjadi semakin parah. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

spot_img
- Advertisment -

Berita Terbaru