Samsung Neo QLED 8K, TV Premium untuk Semua Ruangan

Samsung Neo QLED 8K
Samsung Neo QLED 8K TV. Foto : Samsung Indonesia

Samsung Neo QLED 8K resmi meluncur di Indonesia pada Kamis (6/5/2021). Neo QLED 8K merupakan salah satu TV premium dari pabrikan elektronik asal Korea Selatan.

Sebagai TV premium, tentu bakal menghadirkan pengalaman menonton dengan kualitas yang tak tertandingi, baik itu suara maupun gambarnya.

Baca Juga : Fitur Unggulan Samsung Super Smart TV 2020, Harga Mulai Rp 3 Jutaan

Bahkan, televisi yang diboyong oleh Samsung Electronics Indonesia (SEIN) ini, dipadukan dengan desain mutakhir untuk konsumen Indonesia.

President SEIN, Yoonsoo Kim mengatakan, Samsung sebagai pemimpin pasar TV mendefinisikan kembali peran televisi untuk memenuhi penggunanya. Baik itu kebutuhan, kebiasaan, serta minat konsumennya, kapanpun dan di mana pun.

“Kami hadirkan rangkaian TV paling lengkap untuk memberikan pengalaman terbaik bagi semuanya. Jadi, apapun aktivitas, aspirasi, serta passion mereka,” katanya dalam keterangan resmi yang HR Online terima pada Kamis (6/5/2021).

Kelebihan Samsung Neo QLED 8K

Samsung Electronics juga berkontribusi dalam lingkungan hidup, yaitu upaya pengurangan emisi gas rumah kaca. Salah satunya dengan menerapkan eco-packaging buat semua Lifestyle TV, serta sebagian besar produk Neo QLED TV tahun 2021 ini. Selain itu, Samsung juga menghadirkan remote control dengan tenaga solar cell.

Eco-packaging bisa memiliki kontribusi untuk mengurangi 10 ribu ton emisi gas rumah kaca setiap tahunnya.

Inovasi untuk Semua Pengguna

Samsung Neo QLED 8K yang merupakan TV premium ini hadir dengan lompatan teknologi yang dapat menghadirkan pengalaman menonton tak tertandingi.

Kehadiran tersebut lewat peningkatan yang signifikan baik itu pada kualitas gambar, desain, atau juga suara.

Baca Juga : Samsung QLED 8K TV Q950TS Diperkenalkan, Hadir dengan Desain Ideal

Sementara Quantum Matrix Technology Pro memaksimalkan performa Quantum Mini LED yang memiliki ukuran LED yang 40x lebih kecil dari LED konvensional, guna memberikan warna hitam yang lebih pekat serta level kontras yang tinggi. Sehingga dengan begitu, tayangan TV menjadi lebih tajam dan hidup.

Sedangkan Neo Quantum Processor 8K memakai teknologi deep-learning, serta AI Upscaling guna meningkatkan kualitas konten menjadi kualitas 8K.

Lantas pada bagian audio pada Samsung Neo QLED 8K, hadir dengan surround sound yang sangat memukau dan dinamis berkat adanya OTS atau Object Tracking Sound Pro. Teknologi ini menyajikan audio yang bergerak dengan mengikuti gerakan obyek pada setiap adegan.

Sedangkan Fitur Spacefit Sound juga menghadirkan akustik paling baik. Hal tersebut berkat kemampuannya untuk material ruangan, menganalisa bentuk, dan juga menyesuaikan audio dengan otomatis.

Lalu, Infinity One Design menjadikan Neo QLED 8K besutan Samsung ini makin tipis dengan bezel 0,8 mm. Sehingga TV ini tampak stylish.

Fitur untuk Bermain Game Terbaik

Adapun rancangan Samsung TV Neo QLED 8K sendiri yaitu untuk menghadirkan pengalaman terbaik buat penggunanya. Mulai dari bermain game, bekerja, sampai menjaga kebugaran.

Baca Juga : Samsung QLED 8K TV Miliki Banyak Kelebihan, Berapa Harganya?

Sementara untuk pada gamer, tersedia fitur FreeSync Premium Pro serta Auto Low Latency Mode (ALLM).

Fitur ini menghadirkan gaming yang seamless tanpa screen tearing maupun input latency yang rendah, cuma 5,8 ms pada 4k 120 hz, atau terendah dari televisi apapun. Sehingga hasilnya, gamer dapat bereaksi dengan lebih tangkas.

Selain itu, Samsung TV Neo QLED 8K pada fitur game ini juga terdapat teknologi AMD FreeSync™. Kelebihan dari teknologi ini bisa menampilkan gambar permainan yang lebih smooth.

Kemudian, fitur Motion Xcelerator Turbo+, yang akan menampilkan gerakan serta gambar dengan sangat jernih, bahkan bisa dalam kecepatan tinggi.

Tak kalah penting yaitu Super Ultrawide GameView,dengan rasio layar yang sangat lebar yakni 21:9 dan juga 32:9.

Bahkan, posisi layar dari Neo QLED 8K ini dapat Anda atur sesuai ketinggian mata.

Fitur Terbaik Untuk Bekerja dari Samsung Neo QLED 8K

Dalam masa pandemi Covid-19 sekarang ini, bekerja maupun belajar dari rumah sudah menjadi kebiasaan atau kenormalan baru.

Untuk Anda yang bekerja dari rumah, TV ini sudah memberikan bantuan berupa fitur PC on TV. Sehingga, Anda dapat mengakses dokumen-dokumen yang ada pada komputer, baik PC maupun laptop, yang kemudian menampilkannya pada layar Neo QLED 8K dengan ukuran lebih besar.

Selain itu, bagi pengguna HP Samsung Galaxy, maka bisa menggunakan Samsung DeX. Sehingga, bisa menampilkan dokumen sekolah atau kerja pada layar televisi yang lebih lebar dan juga lebih nyaman.

Tak ketinggalan, Samsung Neo QLED 8K juga mendukung conference call. TV premium besutan Samsung ini sudah dilengkapi dengan aplikasi video call Google Duo.

Caranya, pengguna tinggal hubungkan webcam dengan memakai USB atau mirroring smartphone ke bagian layar TV ketika rapat.

Lebih serunya lagi, pengguna dapat tetap memantau konten TV sembari rapat atau meeting. Hal tersebut berkat adanya fitur Multi View.

Bahkan, Samsung Neo QLED 8K TV juga tersedia aplikasi Digital Butler dan SmartThings. Aplikasi ini dapat bekerja atau menonton televisi sambil mengontrol dan memonitor smart appliances meski dari rumah lewat layar TV ini. 

Harga dan Ketersediaan

Samsung Neo QLED TV membuka Pre-order mulai tanggal 6 sampai 31 Mei 2021, yang bisa lewat toko online Samsung.com.

Sementara untuk harga dalam masa pre-order untuk Neo QLED 8K TV yang berukuran 65 dan 75 inci, mulai dari Rp 51.999.000 sampai Rp 71.999.000.

Sedangkan Neo QLED 4K TV berukuran 65 inci dan 75 inci, rentang harganya antara Rp 32.999.000 sampai Rp 61.999.000.

Untuk ketersediaan Samsung Neo QLED 8K TV, akan tersedia dalam ukuran 85 inci pada bulan Juli 2021 mendatang. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto