Sekolah Tatap Muka di Ciamis Optimis Berlanjut Setelah Lebaran

Sekolah Tatap Muka di Ciamis Optimis Berlanjut Setelah Lebaran
Siswa SD sedang mengikuti sekolah tatap muka beberapa waktu lalu. Foto : Ferry/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Uji coba sekolah tatap muka di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, saat ini berjalan lancar. Bahkan, sampai saat ini tidak ada laporan bahwa siswa maupun guru terpapar Covid-19.

Hal tersebut sebagaimana dikatakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Ciamis, H. Tatang, Selasa (4/5/2021).

Sekda Ciamis mengaku sangat optimis bahwa sekolah tatap muka bisa berlanjut setelah libur hari raya Idul Fitri nanti. Akan tetapi, katanya, tentunya masih dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. 

“Melihat kondisi saat ini, saya optimis pembelajaran tatap muka (PTM) bisa dilanjutkan setelah lebaran nanti. Karena, kegiatan PTM di Kabupaten Ciamis masih aman dan lancar,’ katanya.

Meski masih aman, namun Tatang membenarkan ada tiga SD di Kecamatan Cidolog yang sempat menutup sekolah. “Karena ada salah satu warganya sana yang terkonfirmasi positif Covid-19,” lanjut Tatang. 

Akan tetapi, sambungnya, saat ini sekolah tersebut telah membuka tatap muka kembali. Pasalnya, warga yang terkonfirmasi sudah selesai isolasi dan keadaanya membaik. 

“Itu bukan siswa atau guru. Tapi yang terkonfirmasi adalah warga setempat. Jadi, untuk antisipasi saja menutup sementara PTM, namun sekarang udah buka lagi,” bebernya.

Pertimbangan Sekolah Tatap Muka Pasca Lebaran di Ciamis

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Ciamis, H. Asep Saeful Rahmat mengatakan, PTM di Kabupaten Ciamis saat ini berjalan lancar.

Menurutnya, semua sekolah tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19, serta memperhatikan strategi pembelajaran dengan kurikulum dalam kondisi khusus.

Meskipun kondisi PTM lancar, katanya, namun masih ada perhitungan yang perlu pihaknya amati, terlebih pasca libur lebaran. 

“Saat ini banyak mungkin masyarakat yang mudik ke Ciamis. Meskipun pemerintah melarang mudik, tapi nanti pasti banyak yang mudik. Ini nanti akan jadi bahan pengamatan dan evaluasi kita, untuk melanjutkan sekolah tatap muka atau tidak,” katanya.

Lebih lanjut Asep menambahkan, jika nanti pasca lebaran kondisi pandemi Covid-19 naik, maka PTM mungkin akan dipertimbangkan lagi bahkan dihentikan. Namun, jika pasca hari raya kondisi Covid-19 landai, maka pihaknya akan melanjutkan PTM.

“Mudah-mudahan tidak ada klaster hari raya. Semua masyarakat dapat menyadari selalu menerapkan prokes, supaya kasus Covid-19 ini akan landai terus bahkan berakhir,” tuturnya.

Asep menjelaskan, jika PTM dilanjutkan setelah lebaran nanti, kemungkinan besar akan ada penambahan sekolah yang melaksanakan pembelajaran secara tatap muka. “Khususnya untuk SMP,” ujarnya.

Pasalnya, Dinas Kesehatan Ciamis terus melakukan akselerasi vaksinasi Covid-19 kepada tenaga pendidik SD dan SMP. 

“Kemungkinan sekolahnya nanti bertambah. Tidak hanya itu, mudah-mudahan saja semua jenjang sekolah dasar dari mulai kelas 1 sampai 4, bisa ikut melaksanakan tatap muka,” jelasnya. (Ferry/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto