Senangnya Petugas Penyekatan di Ciamis, Dapat Sembako dari Bupati

Petugas Penyekatan di Ciamims
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyerahkan bingkisan sembako kepada salah satu petugas penyekatan di Cihaurbeuti. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Wajah para petugas yang berjaga di Posko Penyekatan Mudik Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat terlihat sumringah. Pasalnya para petugas tersebut kedatangan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya untuk meninjau langsung posko penyekatan perbatasan Ciamis-Tasikmalaya tersebut, Senin (10/5/2021).

Hal sama juga terlihat di wajah para petugas yang berjaga di Posko Penyekatan Mudik Karang Resik. Bukan hanya mendapat dorongan semangat, para petugas tersebut juga mendapat bingkisan sembako dari Bupati Ciamis.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meninjau Posko Penyekatan untuk memastikan penyekatan sesuai dengan prosedur. Herdiat juga mengecek sarana dan prasarana posko.

Kepala UPTD Terminal Ciamis Ferry Roswandi mengungkapkan, kedatangan Bupati Ciamis selain memantau petugas penyekatan, juga sekaligus berkoordinasi dengan petugas penyekatan Ciamis-Kota Tasikmalaya di Karang Resik. 

“Pak Bupati mengingatkan petugas di lapangan agar tegas kepada pemudik yang nekat,” katanya.

Meskipun demikian, menurut Ferry, Bupati Ciamis juga mewanti-wanti petugas agar menegur pemudin dengan sopan.

“Sopan tapi juga tegas. Karena bagaimana pun itu masyarakat kita. Kita melakukan perintah. Sementara kepada masyarakat Pak Bupati juga mengharapkan masyarakat sabar untuk tidak mudik dulu. Ini kan untuk kebaikan bersama juga,” katanya.

Ferry menuturkan keputusan untuk melarang mudik telah melalui berbagai pertimbangan, salah satunya kondisi penanganan Covid-19 selama satu tahun terakhir. Sehingga kebijakan penyekatan pun diambil untuk mencegah penularan Covid-19.

“Jangan sampai kita mengalami apa yang terjadi di India. Kasus kematian di sana sangat tinggi. Karena itu penyekatan ini merupakan bagian dari ikhtiar kita untuk mencegah penyebaran Covid-19 sejak dini,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Ciamis selain memberikan bingkisan sembako kepara petugas yang berjaga di Posko Penyekatan, ia juga membagikan paket sembako kepada warga sepanjang perjalanan yang dilaluinya. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu