Sindrom Mirip Flu, Penyakit yang Sering Bikin Baper

sindrom mirip flu
Kenali jenis sindrom mirip flu. Foto: Ist/Net

Sindrom mirip flu merupakan jenis penyakit yang gejalanya serupa atau mirip dengan influenza. Tak jarang orang yang terkecoh sehingga akan menyepelekannya. Padahal bisa jadi meski mirip flu tapi itu tanda penyakit berbahaya.

Pada musim hujan, flu menjadi jenis penyakit yang sangat populer. Gangguan ini bisa melanda siapapun karena memang mudah menular.

Ada sejumlah gejala penyakit flu yang cukup populer dan banyak orang yang mengenalnya. Seperti tubuh yang mengalami demam, pegal-pegal, batuk hingga terasa lemas.

Baca Juga: Gejala Penyakit Hati Sejak Fase Awal yang Wajib Dikenali

Bagi Anda yang sedang mengalami gejala-gejala tersebut, pastinya akan langsung mengira jika sedang terserang flu. Padahal, banyak sekali penyakit lainnya yang memiliki gejala mirip flu yang jarang sekali orang tahu.

Sindrom Mirip Flu yang Terpopuler

Nah, untuk mengetahui lebih jelas terkait gejala-gejala yang sedang Anda rasakan, alangkah baiknya jika memeriksakan secara langsung ke dokter terdekat.

Dokter akan mendiagnosis penyakit apa yang sedang Anda derita dan akan memberikan obat untuk mengatasinya. Nah, berikut ini beberapa jenis penyakit dengan sindrom mirip flu yang sebaiknya Anda tahu.

Pilek

Apakah Anda mengira jika flu sama dengan pilek? Kedua jenis gangguan ini merupakan penyakit yang berbeda, tetapi memiliki sindrom yang mirip. Gangguan flu dan pilek terjadi karena adanya infeksi virus saat musim hujan.

Baca Juga: Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mudah Mengatasinya

Beberapa gejala yang timbul karena penyakit flu dan pilek memang sangat mirip. Seperti hidung tersumbat dan tenggorokan sakit.

Perbedaan antara flu dan pilek yaitu terletak pada gejala yang muncul. Gejala pada pilek biasanya muncul secara bertahap.

Ini berbeda dengan flu yang gejalanya umumnya akan muncul secara bersamaan. Dengan mengetahui perbedaan tersebut, tentunya obat yang harus Anda konsumsi berbeda.

Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan juga termasuk jenis sindrom mirip flu. Seperti halnya lemas, pegal-pegal, demam, tenggorokan sakit dan batuk. Tetapi, radang tenggorokan merupakan kondisi kesehatan dimana tenggorokan mengalami rasa sakit yang sangat parah.

Tetapi ada perbedaan antara flu dan radang tenggorokan. Untuk radang tenggorokan memiliki gejala amandel mengalami pembengkakan, bintik putih serta kelenjar limfa yang mengalami pembengkakan.

Meningitis

Sesuai dengan namanya, penyakit meningitis ini disebabkan karena terjadinya infeksi yang berasal dari meninges. Meningitis ini terjadi karena otak dan saraf tulang belakang terselimuti oleh membran.

Baca Juga: Makanan Penyebab Vertigo yang Perlu Dihindari

Meningitis termasuk virus yang lebih ringan jika dibandingkan dengan virus lainnya. Tetapi memiliki gejala yang hampir sama dengan flu seperti lesu, pusing dan demam.

Meskipun memiliki sindrom mirip flu, tetapi masih memiliki perbedaan. Meningitis memiliki gejala sangat sensitif dengan cahaya yang terang dan leher terasa kaku.

Bahayanya, penyakit meningitis jika tidak diatasi dengan cepat dan tepat, dapat menimbulkan kematian. Pasalnya penyakit ini dapat menyebabkan permasalahan pada otak.

Pneumonia

Penyakit flu yang parah dapat menimbulkan komplikasi. Salah satu komplikasi dari flu yaitu Penumonia. Bagi Anda yang sedang mengidap penyakit pneumonia, sebelumnya akan merasakan jika sudah sembuh dari penyakit flu.

Meskipun memiliki gejala yang hampir sama dengan penyakit flu, tetap saja ada perbedaannya. Pneumonia memiliki gejala batuk dalam waktu yang lama, nyeri dada dan berlendir.

Sedangkan dari segi demam, bagi Anda yang menderita pneumonia bisa merasakan sindrom mirip flu yaitu demam dengan tingkat tinggi maupun rendah.

Mononucleosis

Mungkin Anda masih asing dengan penyakit Mononucleosis. Penyakit ini biasanya berhubungan dengan indera penciuman.

Bahkan penyakit ini mudah sekali menular melalui air liur atau air dari bersin. Selain itu, penggunaan peralatan makan secara bersama-sama juga memungkinkan tertularnya penyakit Mononucleosis.

Perbedaan flu dengan sindrom Mononucleosis yaitu waktu munculnya gejala. Gejala penyakit Mononucleosis muncul tidak secara bersamaan, dengan kata lain secara perlahan-lahan.

Perbedaan lainnya Mononucleosis terjadi pembengkakan pada hati dan waktu sembuhnya cukup lama. Bahkan, proses pengobatan penyakit ini bisa mencapai berbulan-bulan.

Itulah beberapa sindrom mirip flu, penyakit yang sering bikin baper dan salah tebak. Megenal gejala suatu penyakit tak cukup hanya dari beberapa tanda saja. Jika Anda ragu sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter Anda. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu