Sinopsis Mau Jadi Apa? Kisah Kehidupan Masa SMA Soleh Solihun

Sinopsis Mau Jadi Apa? Kisah Kehidupan Masa SMA Soleh Solihun
Sinopsis Mau Jadi Apa? Foto: Ist/Net

Sinopsis Mau Jadi Apa? Menceritakan pencarian jati diri sekelompok anak muda. Film ini merupakan arahan dari sutradara Monty Tiwa dan Soleh Solihun. Tentu saja bersama produser Chand Parwez Servia serta Gangsar Sukrisno.

Sedangkan untuk penulis naskah film Mau Jadi Apa? adalah Agasyah Karim, Khalid Kashogi, dan Soleh Solihun. Selama penayangannya pasti akan terlihat sosok pemain yang menampilkan aksinya dengan luar biasa. Mereka adalah Soleh Solihun, Anggika Bolsterli, Aurelie Moeremans, dan masih banyak lagi.

Dalam pembuatan film ini bekerjasama dengan perusahaan produksi Starvision Plus Millennia. Lain halnya dengan distributor film ini adalah Kharisma StarVision.

Ternyata film Mau Jadi Apa? sudah rilis perdana sejak 30 November 2017. Memiliki durasi penayangan selama 103 menit dengan bahasa Sunda. Namun, ada juga beberapa percakapan yang menggunakan bahasa Sunda.

Kilas Sinopsis Mau Jadi Apa? Tahun 2017

Sebenarnya film ini adalah kisah nyata yang pernah Soleh alami semasa kuliahnya. Sehingga tertuang dalam bentuk dramatisasi dari kehidupan Soleh. Ia saat itu kuliah sejak tahun 1997 hingga 2003.

Baca Juga: Sinopsis Ali & Ratu Ratu Queens Mencari Ibu yang Lama Hilang

Namanya masih usia muda jelas saja ia bingung dengan masa depannya. Bukanlah hal yang tabu lagi seorang mahasiswa bimbang dengan kehidupannya. Saat itu ia sedang kuliah di Universitas Padjajaran, Bandung.

Soleh dan teman-temannya masuk pada Fakultas Ilmu Komunikasi. Ia bingung dengan jalur lanjutan kuliahnya. Kini tidak banyak kegiatan yang mereka lakukan.

Sinopsis Mau Jadi Apa? menjelaskan bahwa hidupnya cukup terpuruk. Akhirnya Soleh berinisiatif untuk membuat majalah kampus bersama teman-temannya. Kebetulan semuanya sedang merasakan kegalauan untuk melanjutkan karir.

Masing-masing temannya memiliki karakter yang berbeda. Lukman adalah sosok yang jago menggambar. Marsyel adalah si hopeless Romantic yang selalu sial.

Sedangkan Eko adalah si penggila musik yang doyan nyela. Ada juga Fei yang merupakan cewek blasteran cantik, tapi agak gila. Satu lagi ada Syarif si mulut besar.

Majalah Kampus

Sinopsis Mau Jadi Apa? menunjukkan majalah kampus yang mereka buat memuat hal-hal ringan. Dalam hal ini termasuk film, musik, olahraga, dan gosip tertentu.

Baca Juga: Sinopsis Tjoet Nja Dhien, Perjuangan Rakyat Aceh Melawan Belanda

Bahkan ada juga kisah tentang percintaan antar mahasiswa. Mereka memberikan nama majalah tersebut dengan Karung Goni. Adapun kepanjangannya adalah Kabar, Ungkapan, Gosip, dan Opini.

Banyak hal yang mereka temui ketika membuat majalah. Mulai dari pengalaman yang biasa hingga luar biasa bisa mereka dapatkan.

Sinopsis Mau Jadi Apa? memperlihatkan kehidupan mereka yang juga menghadapi banyak cibiran dari orang-orang. Utamanya cibiran dari anak-anak Fakta Jatinangor.

Majalah Fakta Jatinangor sudah lebih dulu ada sebelum mereka. Namun, isinya lebih serius daripada Karung Goni. Bahkan lebih mendominasi di kawasan kampus.

Panji adalah pimpinan majalah Fakta Jatinangor. Ia memiliki sikap yang arogan dan suka balas dendam. Sehingga banyak anak-anak yang kurang suka bahkan takut dengannya.

Ros, Cewek Incaran Soleh

Sinopsis Mau Jadi Apa? menunjukkan sikap Soleh yang berusaha menjadi bintang. Ia juga berusaha mengejar salah satu wanita kampusnya.

Rupanya Soleh sudah sejak lama mengincar nama cewek itu. Ros adalah orang yang cantik dan menarik hati Soleh. Sinopsis Mau Jadi Apa? menjelaskan tentang pengalaman yang luar biasa.

Usaha Soleh terus mengejar Ros yang cantik dan banyak penggemarnya. Tidak memungkiri bahwa Panji juga mengusik kehidupannya. Mereka selalu iri dan dengki dengan kelakuan Soleh.

Apalagi majalah Soleh yang sudah mulai merajalela. Banyak orang yang suka dengan majalah Karung Goni. Anak-anak muda ini saling berseteru satu sama lain. Mereka merebutkan kekuasaan atas majalah yang mereka buat.

Perkembangan Karung Goni Soleh dan Teman-temannya

Sinopsis Mau Jadi Apa? memperlihatkan Soleh yang juga bingung dengan perkembangan majalah kedepannya. Tak hanya itu, ia juga mempermasalahkan masa depannya.

Tidak mungkin mereka semua selamanya akan seperti ini. Materi Ilmu Komunikasi yang mereka dapatkan masih belum berguna sama sekali.

Seperti biasa kehidupannya selalu dipenuhi dengan rasa bingung. Namun, mereka terus berusaha untuk bangkit agar sukses. Namun, lagi-lagi perjalanan mereka harus terhambat dengan banyaknya rintangan. Mereka mendapati kerusuhan yang sulit untuk dilalui.

Bagaimana kelanjutan dari sinopsis Mau Jadi Apa? Apakah Soleh bisa mendapatkan impiannya dalam masa muda? (R10/HR-Online)

Editor: Ndu