Sistem Pembayaran Online, Keuntungan dan Kelebihannya

sistem pembayaran online
Apa itu sistem pembayaran online? Foto: Ist/Net

Sistem pembayaran online saat ini menjadi suatu hal yang tidak bisa lepas dari perkembangan dunia digital dan internet yang semakin maju dan dinamis. Selain kemudahannya, ada banyak keuntungan dan kelebihan transaksi online.

Teknologi mutakhir membuat banyak perubahan dalam seluruh sendi kehidupan manusia. Salah satunya sistem pembayaran. Selama ini, orang menggunakan pembayaran secara konvensional menggunakan uang tunai secara langsung.

Namun seiring berjalannya waktu, saat ini sistem pembayaran dapat kita lakukan secara lebih bervariasi. Terutama dengan adanya metode pembayaran secara online.

Kehadiran internet payment system bahkan telah mendapat dukungan pemerintah melalui regulasi dengan lembaga terkait. Seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia. Sehingga transaksi pembayaran secara online menjadi legal, sah, dan aman.

Karena itu makin banyak orang yang menggunakan model pembayaran online. Mereka merasakan beragam kemudahan dalam menggunakan transaksi secara online. Cara ini malah telah menjadi sebuah gaya hidup masyarakat modern saat ini.

Baca Juga: Jenis Pembayaran Online Terpopuler, dari Kartu Kredit Hingga COD

Keuntungan Sistem Pembayaran Online

Sebelum mengulas kelebihan transaksi online ada baiknya kita kupas pengertian sistem pembayaran online. Secara istilah, ini adalah suatu pelayanan dalam proses pembayaran yang kita laksanakan menggunakan media internet lewat server atau daring.

Selama ini kita mengenal sistem pembayaran secara fisik atau dengan uang tunai secara langsung. Cara tersebut kini sudah semakin ketinggalan jaman. Makin banyak orang yang memilih cara pembayaran online tanpa uang tunai.

Ada banyak keuntungan jika kita menggunakan metode pembayaran online ini, seperti berikut ini.

Untuk Belanja Online

Segala pembayaran bisa kita laksanakan ketika kita membeli barang melalui internet dengan lebih mudah dan cepat

Metodenya Lebih Variatif

Ada banyak dan variasi metode pembayaran online yang tersedia. Ini membuat banyak orang memilih sistem pembayaran online. Ini juga memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya.

Menekan Risiko Pencurian

Memperkecil risiko pencurian dan perampokan. Dengan tidak membawa uang tunai dalam dompet akan membuat seseorang merasa tenang terhadap risiko tindakan pencurian dan perampokan.

Para penjahat pun akan berpikir ulang ketika akan merampok atau mencuri dompet seseorang. Karena yang mereka dapatkan adalah kartu-kartu bukan uang tunai. Seperti kartu ATM atau kartu kredit yang bisa diblokir sewaktu-waktu oleh pemiliknya.

Lebih Nyaman

Penggunaan metode transaksi secara online akan lebih membuat aman dan tenang. Apalagi pemerintah juga memberikan regulasinya yang jelas.

Baca Juga: Aplikasi Pinjaman Online Terdaftar di OJK

Hemat Biaya dan Tenaga

Sistem pembayaran online juga dapat menghemat tenaga dan biaya. Karena kamu tak perlu jauh-jauh membayar lewat bank. Karena pembayaran dapat dilakukan di rumah menggunakan perangkat gadget yang tersambung koneksi internet.

Kelebihan Sistem Pembayaran Online

Selain keuntungan, ada banyak juga kelebihan atau keunggulan seseorang menggunakan internet payment sistem. Berikut ini beberapa keunggulannya.

Mudah

Hal yang paling utama dari kelebihan sistem transaksi online adalah dari segi kemudahan yang ada.

Banyak Orang Menggunakan

Sistem pembayaran online menjadi jenis pembayaran yang paling populer dan terbanyak dipergunakan orang di jaman modern sekarang ini. Marketplace dan toko online banyak menerapkan menggunakan layanan pembayaran online.

Transaksi pembayaran menggunakan uang tunai menjadi jarang dilakukan orang dalam pembelian dan penjualan barang di internet. Orang lebih banyak menggunakan pembayaran online antara penjual dan pembeli.

Tidak Perlu Mengantri

Salah satu kendala yang sering terjadi dalam pembelian barang suatu toko fisik adalah terjadinya antrian. Hal ini karena pembelian dan pembayaran harus kita lakukan secara tunai.

Kondisi ini sebaliknya tidak terjadi bagi mereka yang menggunakan layanan pembayaran online. Mereka tidak akan mengalami yang namanya mengantri panjang untuk membeli barang.

Hanya dengan menggunakan ponsel android, kita sudah dapat melakukan pembayaran melalui internet secara cepat, praktis dan tanpa harus antri.

Aman

Sistem transaksi online juga lebih aman ketimbang pembayaran konvensional. Hal ini karena pembayaran kita lakukan dengan uang digital melalui ponsel menggunakan aplikasi atau tanpa uang tunai. Sehingga menghindarkan diri dari risiko perampokan.

Itulah berbagai keuntungan dan kelebihannya sistem pembayaran online. Transaksi online tak lagi harus dengan kartu kredit. Ada banyak layanan transaksi semacam ini yang makin merangsang orang senang berbelanja secara online. (R11/HR Online)

Editor: Jujang