Sistem Tanaman Hidroponik, Keuntungan dan Media Tanamnya

sistem tanaman hidroponik

Sistem tanaman hidroponik menjadi alternatif terbaik cara bertanam pada masa sekarang. Kualitas hasil panen tanaman jauh lebih baik dan lebih higienis ketimbang bercocok tanam menggunakan cara konvensional. Ada banyak keuntungan sistem ini lainnya.

Bahkan jumlah penggemar sayuran hidroponik semakin banyak saja, terutama pada wilayah perkotaan. Karena sayuran hasil hidroponik jauh lebih aman dan sehat kita konsumsi, lebih bergizi, dan lebih bersih.

Biasanya sayuran dan buah hasil hidroponik mempunyai harga lebih mahal. Walaupun begitu, tetap saja hasil sayuran hidroponik laris manis di pasaran. Bahkan permintaan semakin tinggi dari tahun ke tahun.

Keuntungan Sistem Tanaman Hidroponik

Sistem tanaman hidroponik sebenarnya sudah populer sejak lama. Ini merupakan suatu cara bercocok tanam dengan media air (hydro). Teknik ini makin populer terutama sejak pandemi Covid-19, karena banyak orang bsa melakukannya dari rumah.

Karena itu, inilah salah satu peluang usaha rumahan dengan menjalankan teknik bertanam hidroponik. Bahkan bercocok tanam tanaman hias dan sayuran hidroponik menjadi aktivitas yang banyak orang lakukan saat wabah virus Corona sekarang ini.

Baca Juga : Jenis Sayuran Hidroponik Ini Cocok Ditanam di Rumah

Ada banyak jenis tanaman yang dapat dan cocok kita tanam secara hidroponik, khususnya jenis sayuran. Antara lain seledri, bawang merah, tomat, cabe, sawi, kangkung, bayam, dan sayuran lainnya.

Usaha bertanam sayuran atau buah-buahan secara hidroponik yang sedang tren ini tak terlepas dari banyaknya keunggulan dari usaha tersebut. Berikut ini beberapa kelebihan dan keuntungan sistem tanaman hidroponik yang sebaiknya anda tahu.

Tak Memakai Media Tanah

Kelebihan utama bertanam hidroponik adalah kamu tak membutuhkan media tanah untuk bertanam. Yang dibutuhkan adalah air. Karena media tanamnya adalah air yang dicampur larutan nutrisi untuk merangsang pertumbuhan tanaman sayuran atau buah-buahan.

Hemat Biaya

Salah satu pertimbangan utama seorang petani dalam menanam usaha sayuran adalah memperhitungkan biaya modal usaha yang mereka perlukan. Inilah keuntungan bisnis dari sistem tanaman hidroponik.

Baca Juga : Bercocok Tanam di Planet Mars, Studi Klaim Ada 9 Jenis Tanaman Bisa Tumbuh

Untuk bertanam sayuran atau buah-buahan konvensional memerlukan rincian modal uang yang sangat besar. Sedangkan, biaya menanam sayuran secara hidroponik jauh lebih murah ketimbang usaha bertanam sayuran pada lahan tanah.

Proses Pemeliharaan yang Mudah

Anda tak perlu setiap hari menyiram tanaman. Karena tanaman sudah teraliri air secara otomatis, yakni dengan adanya cairan larutan nutrisi yang mengalir melalui media pipa.

Tidak Membutuhkan Lahan Luas

Seiring dengan pembangunan yang pesat di kota maupun desa membuat lahan tanah semakin berkurang. Dengan demikian, harga jual tanah dan harga sewa tanah untuk usaha bertanam sayuran dan buah-buahan menjadi mahal.

Usaha bertanam secara hidroponik lebih unggul, sebab tidak memerlukan lahan yang luas. Bahkan, dengan lahan sempit, usaha hidroponik dapat kita lakukan. Kita juga bisa merangkai susunan pipa media tanam untuk memperbanyak tanaman.

Baca Juga : Gapoktan Sukasari Ciamis Kembangkan Tanaman Holtikultura Hidroponik

Ramah Lingkungan

Salah satu keunggulan yang paling nyata dari usaha bertanam hidroponik adalah bebas dari zat-zat berbahaya atau pestisida.

Hal ini berbeda dengan bertanam sayuran secara konvensional. Penggunaan pestisida membuat hasil sayurannya sangat mungkin beracun sebagai akibat semprotan petani untuk membasmi hama.

Sayuran hidroponik sangat aman untuk kita makan karena terbebas dari zat pestisida. Seluruh bagian sayuran terbebas dari zat beracun dan kotoran, sehingga dapat kita makan tanpa takut keracunan.

Lebih Cepat Tumbuh

Sayuran atau buah hasil sistem tanaman hidroponik lebih cepat panen ketimbang bertanam secara konvensional. Inilah yang membuat bisnis bertanam secara hidroponik lebih menguntungkan karena lebih cepat tumbuhnya.

Baca Juga : Ide Peluang Bisnis Pertanian Saat Pandemi yang Menguntungkan

Tanpa Kenal Musim

Usaha bertanam hidroponik dapat kita lakukan kapan saja tanpa mengenal musim kemarau atau hujan. Anda bisa merencanakan ingin panen berapa kali satu tahun.

Selain itu anda juga dapat merencanakan jika ingin panen setiap hari. Hal tersebut tak didapatkan dari bertanam sayuran secara konvensional menggunakan media tanah.

Lingkungan yang Bersih

Sekarang bedakan bertanam secara hidroponik dengan cara konvensional. Manakah yang lebih bersih terhadap lingkungan sekitarnya? Tentu saja sistem tanaman hidroponik.

Minim Pupuk

Dengan bertanam secara hidroponik akan membuat penggunaan pupuk akan berkurang drastis. Inilah yang membuat tanam hidroponik lebih hemat biaya dan jauh lebih menguntungkan.

Minim Serangan Hama

Terakhir yang menjadi kelebihan usaha hidroponik adalah jarangnya mengalami masalah terkena serangan penyakit dan hama. Seperti serangan cacing, ulat, dan bakteri.

Berbeda kalau usaha bertanam sayuran dengan tanah yang sering mengalami penyakit tanaman atau hama. Misalkan adanya hama tikus atau ayam yang mematuk sayuran.

Itulah kelebihan dan keuntungan sistem tanaman hidroponik ketimbang teknik konvensional dengan tanah. Dengan banyaknya waktu luang untuk beraktivitas dari rumah, peluang usaha ini tentunya sangat prospektif. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah