Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita BanjarUsai Lebaran, Stok Darah di PMI Kota Banjar Kian Menipis

Usai Lebaran, Stok Darah di PMI Kota Banjar Kian Menipis

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Usai libur lebaran, stok darah di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjar sering mengalami kekosongan dan kian menipis.

Hal tersebut lantaran jumlah warga atau sukarelawan yang melakukan donor darah selama bulan ramadan menurun drastis.

Humas PMI Kota Banjar, Alfan Nurrohman, membenarkan jika ketersediaan stok darah usai lebaran ini kian menipis.

Menurutnya, kekosongan darah di PMI Kota Banjar terjadi karena beberapa faktor.

Salah satunya akibat menurunnya jumlah sukarelawan atau pendonor pada saat bulan ramadan.

Kemudian, banyak warga masyarakat yang saat ini masih mengikuti proses pelaksanaan vaksinasi dosis kedua sehingga mereka tidak bisa mendonorkan darahnya.

Selain itu, penggalangan donor darah yang biasa dilakukan dengan cara keliling oleh petugas pada bulan puasa kemarin juga mengalami banyak kendala dan hanya berjalan beberapa kali saja.

“Usai lebaran ini ketersediaan stok darah memang menurun drastis. Bahkan banyak pasien yang mencari donor pengganti,” kata Alfan kepada HR Online di Kota Banjar, Rabu (19/5/2021).

Lanjut Alfan, berdasarkan data laporan per tanggal 19 Mei, jumlah cadangan stok darah yang tersedia di PMI Banjar sebanyak 63 labu.

Rinciannya, golongan darah A sebanyak 21 labu, golongan darah B 15 labu.

Selain itu, golongan darah O 21 labu dan golongan darah AB 6 labu.

Sedangkan stok darah yang sudah ditandai oleh pasien sebanyak 32 labu.

“Jumlahnya ada 63 labu tapi sekarang hanya 31 labu cadangan stok darah yang tersisa di PMI Kota Banjar. Selebihnya sudah ditandai oleh pasien,” ujar Alfan.

Baca Juga: Ratusan Warga Binaan Lapas Banjar Dapat Remisi, 2 Langsung Bebas

Stok Menipis, PMI Kota Banjar Ajak Warga Donor Darah

Alfan menambahkan, idealnya kebutuhan dalam setiap bulan di Kota Banjar harus ada cadangan seribu kantong darah dengan rincian kebutuhan antara 35-40 kantong darah per hari.

Oleh sebab itu, untuk memenuhi stok kebutuhan darah tersebut pihaknya mengajak kepada masyarakat untuk mendonorkan darahnya di kantor Sekretariat PMI Kota Banjar.

Selain itu, saat ini pihak PMI juga sudah kembali melakukan agenda rutin donor darah keliling di sejumlah titik lokasi sebagai bentuk jemput bola pelayanan kepada warga.

“Sekarang kami sudah mulai agendakan donor darah keliling. Rencananya besok hari Jum’at bertempat di Komplek Perkantoran Purwaharja,” katanya. (Muhlisin/R8/HR Online)

Editor: Jujang