Swab Antigen Gratis Bagi Pebalik Lebaran di Gentong Tasikmalaya

Swab Antigen Gratis Bagi Pebalik Lebaran di Gentong Tasikmalaya
Petugas kesehatan sedang melakukan swab antigen gratis kepada salah seorang pebalik yang akan kembali ke tempat kerjanya, Selasa (18/5/2021). Foto : Apip/HR

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Petugas gabungan yang berada di pos penyekatan Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, melakukan pemeriksaan swab antigen gratis bagi para pebalik.

Tes swab tersebut untuk mengantisipasi adanya penyebaran Covid-19 dari para pemudik lebaran yang hendak kembali ke tempat kerjanya.

Pantauan HR Online di lokasi, Selasa (18/5/2021), petugas melakukan swab antigen gratis secara acak, ke sejumlah kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Terutama mereka yang akan kembali ke kota-kota besar seperti Bandung, Bogor, Bekasi, Jakarta dan Tangerang.

Dansatgas penyekatan pos jaga Gentong, Kompol Gunarto mengatakan, pemeriksaan swab antigen bagi para pengemudi tersebut sengaja dilakukan sesuai perintah.

“Tujuannya untuk menghindari adanya penyebaran Covid-19, yang para pemudik bawa ke tempat kerjanya di kota-kota besar,” katanya, Selasa (18/5/2021).

Sementara terkait dengan pemeriksaan secara acak, Kompol Gunarto mengungkapkan, hal tersebut karena minimnya kuota swab antigen yang kuotanya hanya 50.

“Dari 50 yang kami periksa dalam 2 tahap tersebut, hasilnya semua negatif,” ungkapnya,

Lebih lanjut ia menambahkan, bahwa pemeriksaan swab antigen gratis di pos penyekatan Gentong, rencananya akan dilakukan setiap hari sampai diberlakukannya penyekatan. “Dan sesuai dengan kuota yang pemerintah berikan,” sambungnya,

Adanya swab antigen gratis oleh petugas gabungan mendapat apresiasi dari warga yang baru pulang mudik.

Seperti yang Intan Nuraini, salah seorang pemudik ungkapkan. Menurutnya, dengan adanya swab antigen tersebut, bisa memberi ketenangan ketika bepergian. Karena, jadi persyaratan untuk bisa kembali ke kota asal.

“Saya sangat berterimakasih kepada petugas penyekatan di Gentong ini. Karena dengan adanya swab antigen gratis ini merasa sangat terbantu,” singkatnya. (Apip/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto