Tanda Kolesterol Naik, Kenali Sejak Dini Sebelum Terlambat

tanda kolesterol naik
Ini dia tanda kolesterol naik. Foto: Ist/Net

Ada banyak tanda kolesterol naik yang bisa kita kenali. Namun kadang gejala ini tidak begitu jelas sehingga membuat kita ragu. Padahal deteksi dini gangguan ini berguna untuk mencegah dampaknya yang bisa berbahaya jika terlambat.

Tingginya kolesterol bisa terjadi karena pola hidup yang tidak sehat dan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kolesterol.

Sebenarnya kolesterol juga berperan sangat penting bagi tubuh agar dapat berfungsi dengan normal. Tetapi jika asupan kolesterol berlangsung secara berlebihan juga tidak bagus.

Baca Juga: Penyebab Leher Sakit, Kenali Hal Tidak Terduga Ini!

Gejala dan Tanda Kolesterol Naik

Mengenal gejala tubuh saat kolesterol naik sangat penting. In terutama untuk mencegah berbagai penyakit kronis yang berbahaya.  Lantas bagaimana sih cara mengetahui jika tubuh mengalami gangguan kolesterol? Yuk langsung saja simak ulasannya.

Tubuh Mudah Lelah

Mudah lelah menjadi salah satu tanda kolesterol naik yang paling mudah untuk Anda ketahui. Tubuh yang gampang lelah dan lemas terjadi karena adanya plak yang berada dalam pembuluh darah.

Dengan adanya plak ini dapat menyebabkan terhambatnya aliran darah yang akan menuju ke jaringan tubuh. Gangguan ini akan menyebabkan suplai nutrisi dan oksigen ke berbagai organ tubuh lainnya juga akan terganggu.

Nah, jika Anda merasa mudah lelah secara berlebihan, cobalah untuk mengecek ke dokter. Hal ini untuk mengetahui penyebabnya. Sekalipun tidak karena kolesterol, setidaknya Anda bisa mengetahui apa yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Baca Juga: Gejala TBC Tulang dan Penyebabnya yang Perlu Anda Tahu

Sering Mengantuk

Apakah Anda sering mengantuk secara berlebihan? Waspadai, kemungkinan saja gejala ini muncul karena tanda kolesterol naik. Pada saat kolesterol naik, akan terjadi hambatan pada saluran pembuluh darah yang menuju otak.

Gangguan ini akan menyebabkan pasokan oksigen yang dibutuhkan otak menjadi berkurang secara drastis. Tak heran jika saat ini banyak orang dengan kolesterol tinggi mudah sekali mengantuk dan lelah.

Nyeri pada Kaki

Tanda lain yang dapat kita kenali untuk mendeteksi kolesterol yang tinggi pada tubuh yaitu nyeri kaki. Hal ini karena adanya plak yang menumpuk pada saluran darah sekitar kaki.

Terhambatnya aliran darah ini jika berlangsung lama dan seiring berjalannya waktu dapat menyebabkan rasa nyeri dan sakit yang berlebihan pada kaki.

Pegal-pegal pada Tengkuk

Tengkuk yang sering mengalami pegal-pegal juga bisa menjadi salah satu tanda kolesterol naik yang mudah kita ketahui. Meskipun tengkuk terasa pegal-pegal tidak semuanya karena meningkatnya kadar kolesterol.

Tengkuk yang pegal-pegal ini terjadi karena adanya plak yang menumpuk pada pembuluh darah yang terletak pada bagian leher. Banyaknya tumpukan plak ini bisa menyumbat aliran darah sehingga memicu pegal.

Nyeri Dada

Apakah Anda sering merasakan nyeri pada bagian dada? Jika benar, bisa saja ini karena kadar kolesterol yang sedang naik. Nyeri dada karena pembuluh darah pada jantung terhambat karena adanya banyak tumpukan plak.

Baca Juga: Gangguan Sistem Peredaran Darah, dari Tensi, Jantung, hingga Stroke

Maka dari itu, Anda harus segera konsultasi dengan dokter. Karena jika benar itu karena kolesterol naik, akan sangat bahaya jika tidak segera mendapat penanganan dengan benar.

Terjadi Xanthomata

Penumpukan kolesterol atau biasa disebut dengan xanthomata yang terlihat jelas pada jaringan tubuh juga bisa menjadi salah satu tanda kolesterol naik.

Tanda-tanda yang satu ini paling mudah untuk Anda ketahui. Perlu diketahui jika penumpukan kolesterol merupakan pembengkakan yang terjadi pada tubuh yang ditandai dengan bentuk bulat serta warna kekuningan.

Terjadi Xanthelasma

Gangguan xanthelasma merupakan kondisi timbulnya bercak-bercak berwarna kuning yang terdapat muncul pada bagian bawah kelopak mata. Jika anda mengalami ini bisa menjadi salah satu tanda kolesterol tinggi.

Gangguan ini terjadi karena terjadinya penyumbatan saluran darah dengan adanya plak. Segera konsultasikan dengan dokter untuk memastikannya.

Muncul Gumpalan pada Urat

Faktor genetik juga bisa menjadi salah satu penyebab naiknya kolesterol. Hal ini biasanya ditandai dengan munculnya gumpalan pada urat yang terlihat jelas pada kulit. Biasanya gumpalan ini berbentuk kecil seukuran setengah biji kacang.

Dengan banyaknya gejala kolesterol sehingga tidak ada tanda yang lebih spesifik. Bahkan ada juga orang yang sedang mengalami gangguan kolesterol tetapi tidak memperlihatkan gejala atau tanda-tanda sama sekali.

Maka dari itu, untuk mencegah timbulnya tanda kolesterol naik selalu jaga pola hidup yang sehat. Kita juga perlu menghindari makanan yang mengandung banyak kolesterol. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu