Tata Cara Sholat Tasbih Sesuai dengan Tuntunan Agama Islam

Tata Cara Sholat Tasbih yang Unik Sesua dengan Tuntunan Agama Islam
Ilustrasi Tata Cara Sholat Tasbih. Foto: Ist/Net

Tata cara sholat Tasbih nyatanya masih menjadi perkara yang membingungkan bagi beberapa orang. Banyak yang masih mempertanyakan bagaimana sih melaksanakan sholat Tasbih dengan baik dan benar sesuai tuntunan agama? Meskipun bukan sebuah kewajiban, akan tetapi banyak orang yang ingin melaksanakannya lantaran Allah semata.

Sesuai dengan namanya, pasti amalan sunnah yang satu ini juga mempunyai tata cara yang berbeda atau unik dengan sholat 5 waktu pada umumnya.

Tidak heran juga jika masih ada yang bingung mengenai bagaimana pelaksanaannya. Ada berbagai macam manfaat yang akan anda dapatkan jika kita melakukan amalan ini dengan rutin.

Salah satunya adalah menjadikan kita lebih tenang. Pasalnya, hal ini juga termasuk dalam hal mendekatkan diri kepada Allah Ta’alla. Seperti halnya dzikir dan doa kepada Allah SWT.

baca juga: Cara Mengqodho Sholat yang Penting Sesuai Tuntunan Ajaran Islam

Inilah Tata Cara Sholat Tasbih yang Harus Anda Ketahui

Masih banyak yang bertanya karena bingung mengenai caranya. Berikut ini rekomendasi tutorialnya khusus untuk anda. Simak dengan baik, jangan sampai ada yang terlewatkan. Kuy, bismillah jangan lupa ya.

baca juga: Doa Setelah Sholat Tarawih Banyak Manfaat dan Menambahkan Pahala

Hukum Tentang Aman Sunnah Sholat

Perlu anda ketahui, jumlah rakaat sholat Tasbih ini adalah 4 rakaat. Anda bisa melakukannya dengan sekali salam bila waktu pengerjaannya adalah siang hari. Akan tetapi jika anda melakukannya saat malam hari, maka menggunakan dua kali salam.

Mengenai hukum tersebut sudah seharusnya anda ketahui, sebelum anda juga mengetahui bagaimana tata cara sholat Tasbih yang benar. Sebagaimana yang terdapat dalam hadits Kanjeng Nabi SAW “Shalat waktu malam sebanyak dua rakaat, dua rakaat”. Namun ada juga yang mengatakan bahwa shalat Tasbih ini boleh kita lakukan kapanpun atau setiap hari.

baca juga: Sholat Qobliyah Subuh dan Keutamaannya yang Penting Untuk Diketahui

Membaca niat menjadi tata cara sholat Tasbih yang utama. Meski kita tidak harus melafadzkannya dengan suara yang lantang, akan tetapi sangat penting.

Karena memang semua amalan ataupun perbuatan itu bergantung dengan niatnya. Apapun yang sudah diniatkan, maka akan mendapatkan sesuai apa yang menjadi niatnya.

Untuk anda yang belum mengetahui dan menghafal niatnya, berikut ini lafadz sholat tasbih dengan dua salam untuk empat rakaat:

Sedangkan niat sholat tasbih dengan empat rakaat sekali salam, begini niatnya:

Untuk tata cara sholat Tasbih yang selanjutnya sama dengan kita hendak melaksanakan sholat lima waktu, takbiratul ikram, membaca doa iftitah, surat Al-Fatihah, dan surat pendek yang ada dalam Al-Quran. Meskipun demikian, akan tetapi anda harus melakukannya dengan khusyu’ dan tuma’ninah.

Membaca Doa Khusus untuk Sholat Tasbih

Inilah yang menjadi pembeda sholat tasbih dengan yang lainnya, sebelum ruku’ ada bacaan atau doa khusus yang harus kita baca. Bagaimana, apakah sudah hafal atau mendengarnya? Mari kita simak dan hafalkan bersama doanya. Supaya sholat kita juga diterima oleh Allah.

Tata Cara Sholat Tasbih

Dalam tata cara sholat Tasbih, doa tersebut harus anda baca sebanyak 15 kali sebelum ruku’.

Namun, saat ruku’, doa tersebut harus tetap kita baca. Hanya saja berbeda dalam jumlahnya. Jika sebelum ruku’ sebanyak 15 kali, maka saat ruku’ sebanyak 10 kali.

Setelah ruku’, tata cara sholat Tasbih yang selanjutnya juga nggak jauh berbeda dengan sholat Fardhu yakni i’tidal, sujud, dan duduk diantara dua sujud. Pada tata cara tersebut, doa tersebut juga harus kita baca sebanyak 10 kali

Bukan hanya itu saja, akan tetapi untuk sujud yang kedua juga membaca doa tersebut dengan jumlah yang sama. Saat duduk diantara dua sujud, doa tersebut nyatanya tetap dan harus kita baca juga.

Membaca Doa Sebanyak 75 Kali

Pada intinya, tata cara sholat Tasbih itu mempunyai ciri khas tersendiri yakni setiap satu rakaat doa tersebut harus anda baca sebanyak 75 kali. Maa Syaa Allah, sungguh limpahan pahala yang tak terhingga.

Semoga, dengan adanya penjelasan mengenai tata cara sholat Tasbih, dapat menambahkan banyak pahala dan mendapatkan ridho dari Allah SWT juga mendekatkan diri meningkatkan iman kita kepada-Nya. Aamiin. (Muhafid/R6/HR-Online)