Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita TasikmalayaTest Antigen Calon Penumpang Bus di Singaparna Tasikmalaya, 2 Positif

Test Antigen Calon Penumpang Bus di Singaparna Tasikmalaya, 2 Positif

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Test antigen calon penumpang bus di Terminal Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, digelar Polres Tasikmalaya, Kamis (20/05/2021).

Hasil tes secara acak terhadap 100 orang calon penumpang dan pedagang itu, terkonfirmasi 2 orang positif Covid-19.

AKBP. Rimsyahtono, Kapolres Tasikmalaya mengatakan, Satuan Lalu Lintas Polres Tasikmalaya Polda Jabar menggelar kegiatan bakti sosial berupa rapid test antigen bagi calon penumpang bus. Tujuannya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Ia menyebutkan, bus yang beroperasi saat ini pada umumnya akan membawa penumpang ke Bandung, Jakarta, Bekasi, Tangerang, serta daerah lainnya. Sehingga mereka rentan terpapar Covid-19.

“Pasca larangan mudik berakhir, bus kembali beroperasi. Kami antisipasi penyebaran Covid-19 dengan cara melakukan test antigen terhadap calon penumpang bus secara acak. Ada sebanyak 100 alat rapid test antigen yang kami sediakan,” terangnya.

Baca Juga : Polres Tasikmalaya Angkut 200 Motor yang Diduga Hendak Balapan Liar

AKBP. Rimsyahtono menjelaskan, hasil rapid test antigen langsung keluar, dan berlaku 1 x 24 jam. Jadi pihaknya terus random, target dalam satu hari sebanyak 100 orang yang mengikuti rapid test antigen ini.

“Yang mengikuti tes ini tak hanya calon penumpang, tapi juga para pedagang yang ada di Terminal Singaparna. Dari 100 orang yang jalani rapid test antigen secara acak ini, dua orang diantaranya positif virus Corona,” jelasnya.

Tujuan rapid test antigen calon penumpang bus ini untuk mencegah dan menghindari penyebaran Covid-19 dari kegiatan arus balik masyarakat ke luar daerah.

AKBP. Rimsyahtono menyebutkan, 2 orang penumpang bus yang terkonfirmasi positif itu 1 orang berasal dari Kecamatan Cigalontang. Sedangkan, satu orang lagi pedagang di Terminal Singaparna asal Kecamatan Sukaraja.

Bagi yang terkonfirmasi positif akan ditindaklanjuti oleh Puskesmas yang wilayahnya sesuai alamat domisili kedua orang tersebut. Keduanya bakal menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. (Apip/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah