Kamis, Juni 30, 2022
BerandaOtomotifMotorThe All New Honda Dio, Hadir dengan Harga Lebih Murah

The All New Honda Dio, Hadir dengan Harga Lebih Murah

The All New Honda Dio baru saja meluncur untuk pasar otomotif di Filipina. Meskipun sebelumnya, motor besutan asal Jepang ini sudah meluncur di India. Sementara dari penampilannya, motor ini serupa seperti Beat, karena sama-sama dari Honda.

Mengenai kapasitas dan mesinnya pun juga serupa. Hal yang lebih menarik lagi, motor satu ini lengkap dengan bagasi luas. Selain itu, yang kabarnya juga irit bahan  bakar.

Desain The All New Honda Dio

Motor ini memiliki desain tampilannya yang stylish dan serbaguna. Motor ini juga memiliki tampilan yang cukup tajam. Terlihat dari positioning lamp pada bagian setang yang tampak sipit. Penggunaan lampu utama LED pada bagian bodi tengahnya yang meruncing.

Baca Juga : Honda Cross Cub 110 Motor Limited Edition Seharga Rp 44 Jutaan

Sementara pada bagian lampu sein depannya terlihat meruncing ke atas. Untuk warna Honda Dio memiliki 3 pilihan warnanya. Seperti halnya warna Sport Red, Vibrant Orange, dan Candy Jazz Blue.

Fitur

Kapasitas bagasi pada bagian jok motor The All New Honda Dio ini yang luas. Sehingga bisa menampung lebih banyak barang bawaan. Bagasi tersebut hadir dengan kapasitas 14,4 liter. Selain itu motor ini memiliki dua rak gantung.

Rak gantung yang pertama terletak pada bagian leher motor. Rak gantung yang kedua terletak pada bagian leher dekat jok pengendara. Kedua rak gantung ini bisa membawa lebih banyak barang bawaan. Tentunya barang bawaan tetap aman.

Pada bagian pengendara, The All New Honda Dio lengkap dengan pijakan kaki yang luas. Pijakan ini menjadikan kaki lebih nyaman saat berkendara. Kunci motor juga sudah lengkap dengan pengaman.

Baca Juga : Honda CB400SF Super Four, Akan Hadir Berkonsep Retro Modern

Seperti pada umumnya keluaran motor dari Honda. Kemudian bagian samping kunci kontak terdapat tombol. Tombol tersebut untuk membuka bagasinya. Sehingga pengendara tidak perlu lagi repot membuka bagasi. Tanpa harus melepaskan kunci kontak.

Penggunaan speedometer masih menggunakan instrumen analog. Namun informasi yang diberikan oleh speedometer The All New Honda Dio cukup lengkap. Berbeda dengan tampilan instrumen speedometer yang dipasarkan di India. Tampilan instrumen yang lebih mewah dan futuristik.

Bagasi yang luas menjadikan jok untuk pengendara dan pembonceng ikut luas. Jok yang luas ini membuat keduanya terasa nyaman. Pengendara dan pembonceng tidak terlalu dekat atau tidak terasa sempit.

Mesin

Motor The All New Honda Dio ini menggunakan dengan mesin satu silinder kapasitas 109CC. Tipe mesin yang SOHC dan masih menggunakan karbu. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 7.8 HP di putaran 7.500Rpm. Torsi puncaknya 8,91 Nm pada putaran 5.000Rpm. Penggunaan pelumas untuk motor ini 0,8 L sama seperti Honda Beat.

Honda Dio mengkonsumsi bahan bakar yang cukup irit. Untuk 1 liter bahan bakarnya bisa mencapai 58.3 Km. Bahan bakar yang irit merupakan motor yang sangat cocok. Untuk penggunaan kebutuhan sehari-hari.

Untuk tangkinya sendiri dapat menampung 5.3 liter. Tampungan bahan bakar yang cukup besar. Sehingga motor ini dapat menjangkau lebih jauh. Hal itu karena irit bahan bakar dan tampungan bahan bakar lebih besar.

Baca Juga : Honda CRF250 Rally 2021 Meluncur Dengan Performa Tangguh

Sementara untuk tenaga dari mesin ke roda belakangnya menggunakan sabuk. Hal itu agar menjadi lebih efisien. Sistem penggerak The All New Honda Dio menggunakan sabuk gigi ganda. Sehingga dapat berkontribusi pada penghematan konsumsi bahan bakar. Penambahan dengan Honda ACG Starter membuatnya makin stylish.

Spesifikasi

Roda motor The All New Honda Dio ini yang memiliki diameter 10”. Penggunaan bannya dengan ukuran 90 / 100-10 baik ban depan dan ban belakang. Untuk velg menggunakan Casting Wheel. Motor ini juga lengkap dengan Combi Brake System (CBS) sebagai sistem pengeremannya.

CBS bisa menghentikan laju motor sedikit lebih optimal. Namun pengereman bagian depan masih tipe drum bukan Disk. Untuk rem bagian belakang juga menggunakan tipe drum.  Untuk rem depan memiliki pelindung atau cover.

Kaki-kaki motor ini menggunakan 3 suspensi. Dua suspensi depan dengan tipe teleskopik. Suspensi belakangnya dengan tipe lengan ayun. Jarak roda belakang dan depan ditambah 22 cm. Hal itu agar memberikan berkendara yang lebih baik.

Honda Dio ditawarkan lebih murah dari Honda Beat. Penjualan motor ini di Filipina dengan harga 49.900 Peso. Apabila dirupiahkan yang setara sekitar Rp 14,8 jutaan. Sedangkan Honda Beat ditawarkan Rp 16,665 juta untuk OTR Jakarta.

The All New Honda Dio yang kini meluncur di Filipina. Motor ini yang irit dan serbaguna. Hadir dengan harga lebih murah dibandingkan Honda Beat. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -