Senin, September 26, 2022
BerandaBerita TerbaruTingkat Kematangan Buah Pisang Menentukan Manfaatnya

Tingkat Kematangan Buah Pisang Menentukan Manfaatnya

Tingkat kematangan buah pisang ternyata berpengaruh pada khasiat yang terkandung di dalamnya. Manfaat buah pisang ternyata berbeda-beda berdasarkan tingkat kematangannya.

Khasiat buah pisang dalam kesehatan dapat melancarkan pencernaan, rasanya enak dan cukup mengenyangkan. Jika kamu suka mengonsumsi pisang, ada banyak sekali nutrisi yang terkandung di dalamnya. Mulai dari program diet, meringankan diabetes, dan tinggi antioksidan.

Baca Juga: Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh, Otak dan Darah

Untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari buah pisang, yuk ketahui nutrisinya dari warna kulit. Kita akan lebih mudah menyesuaikan manfaatnya dengan kebutuhan tubuh saat ini.

Manfaat Buah Pisang dari Tingkat Kematangan

Berikut ini beberapa khasiat dari buah pisang berdasarkan warna kulit yang menandakan kematangannya:

Kulit Hijau

Pisang yang masih berkulit hijau biasanya belum terlalu matang, namun bagi penderita gula darang tinggi sudah bisa mengonsumsinya karena mengandung rendah gula. Pisang yang belum terlalu matang aman dapat membantu menjaga kadar gula darah agar tidak naik.

Selain mengkonsumsi pisang yang belum terlalu matang, penderita diabetes dianjurkan makan makanan rendah gula seperti nasi merah dan brokoli. Ikan laut dan dark chocolate juga diperbolehkan untuk penderita diabetes.

Hijau Kekuningan

Tingkat kematangan buah pisang terlihat saat kulitnya berwarna hijau kekuningan. Manfaat buah pisang dengan kulit hijau kekuningan adalah membantu program diet.

Kamu yang sedang berjuang menurunkan berat badan, pisang dengan warna kulit hijau kekuningan ini akan cocok masuk ke dalam menu harian.

Baca Juga: Jus Buah Untuk Menurunkan Darah Tinggi yang Enak dan Ampuh

Makan buah pisang dapat membantu melancarkan pencernaan yang merupakan kunci keberhasilan dalam diet weight loss. Selain itu juga buah memiliki kandungan air yang mencegah tubuh dehidrasi dan mengontrol rasa lapar.

Kulit Kuning

Pisang dengan kulit berwarna kuning cocok sebagai makanan setelah olahraga. Manfaat buah pisang dari tingkat kematangan kulitnya yang berwarna kuning dapat mengembalikan stamina yang hilang setelah berlari. Kita juga bisa menikmati rasanya yang enak saat istirahat dari bersepeda.

Kalau kamu sedang giat membentuk tubuh, jangan lupa untuk selalu menyediakan buah pisang. Pisang dapat menjadi cemilan yang menyehatkan sekaligus membantu mengendalikan rasa lapar di luar jadwal makan.

Kuning Berbintik

Tingkat kematangan buah pisang bisa terlihat saat kulitnya berwarna kuning berintik. Dengan kata lain buah pisang yang semakin matang, kulitnya yang kuning akan mulai berbintik. Kandungan di dalamnya tinggi antioksidan, sehingga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem imun.

Setiap hari kita berhadapan dengan polusi, bakteri, bahkan virus. Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit.

Kulit Kecoklatan

Manfaat buah pisang yang berkulit coklat adalah tinggi anti inflamasi, sehingga bisa meredakan peradangan. Kamu yang memiliki kulit sensitif, kemerahan karena terbakar sinar matahari atau mengalami luka, dianjurkan untuk makan buah pisang. Hal ini dapat membantu mempercepat pemulihan dari dalam.

Mengkonsumsi buah pisang juga sangat dianjurkan untuk pasien pasca operasi dan melahirkan. Menurut dr. Sarlita, buah pisang mengandung tinggi kalium sehingga dapat membantu memulihkan tubuh agar kembali sehat dan bertenaga.

Setelah mengetahui manfaat buah pisang dilihat dari tingkat kematangan, yuk kita biasakan menu sehat. Mengonsumsi pisang setiap hari dapat menyehatkan tubuh, memulihkan tenaga, sekaligus melancarkan pencernaan. Apalagi untuk yang baru selesai olahraga, pisang cocok dimakan untuk mengisi ulang energi. (R7/HR-Online)