Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita PangandaranTingkatkan Pelanggan, PDAM Pangandaran Gandeng Developer Perum

Tingkatkan Pelanggan, PDAM Pangandaran Gandeng Developer Perum

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Prabawa Mukti menggandeng developer perumahan di wilayah Kabupaten Pangandaran untuk meningkatkan pelanggan.

Penandatangan kerjasama PDAM Tirta Prabawa Mukti dengan develover tersebut bertempat di Pamugaran Kampung Turis, Kabupaten Pangandaran, Rabu (5/5/2021).

Pjs Direktur PDAM Tirta Perbawa Mukti Tatang Mulyana mengatakan, dirinya sebagai penjabat sementara mulai dari 1 Februari 2020 sampai Februari 2021. Selama periode tersebut sebanyak 150 pelanggan berhasil digaet.

“Berharap ke depan banyak warga yang dipasok air bersih oleh Perumda. mudah-mudahan bisa mensuply seluruh perumahan di Pangandaran,” singkatnya.

Sementara Direktur PDAM Tirta Prabawa Mukti Agus Teguh mengatakan, kerjasama antara perusahaan dengan developer tersebut untuk meningkatkan cakupan pelanggan.

Saat ini, pelanggan baru sekitar 3000-an. Targetnya pada tahun 2021 ini, perusahaan bisa menyalurkan air bersih ke 1000 pelanggan. 

“Kita berupaya agar pelayanan lebih baik ke seluruh masyarakat dengan salah satunya menggandeng developer perumahan yang ada di wilayah Kabupaten Pangandaran ini,” kata Agus Teguh, Kamis (6/5/2021).

Lebih lanjut Agus Teguh menambahkan, langkah selanjutnya pihaknya akan menginventarisir sumber-sumber air baku yang lain. “Mudah-mudahan kita dapatkan seiring perkembangan banyaknya permintaan stok semakin menipis,” katanya.

“Saat ini baru dua sumber air baku yang digunakan seperti di Putrapinggan kapasitas 5000 pelanggan. Itu baru dimanfaatkan sekitar 2500 pelanggan. Sementara di Parigi, kapasitas 2000 pelanggan sudah hampir habis, suplai mulai berkurang,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Agus, sumber air baku lainnya di Padaherang dan Kalipucang belum terlalu berjalan. Hal ini karena sumber air bakunya terbatas dan terbagi dengan kebutuhan pertanian.

“Kemampuan suplai untuk jaminan air kita masih terbatas. Mudah-mudahan ke depan sumber air baku kita akan perluas lagi seiring permintaan bertambah,” tandasnya.

Bupati Pangandaran Apresiasi PDAM Tirta Wibawa Mukti

Sementara Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata mengatakan, kewajiban pemerintah daerah menyediakan air bersih bagi masyarakat. Saat ini PDAM milik Pemkab Pangandaran tersebut baru dikelola satu tahun. 

Selama itu, baru sekitar 30 persen yang memanfaatkan PDAM Tirta Wibawa Mukti untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

“Masyarakat kita masih belum memanfaatkan karena air bawah tanah mudah didapat, dan hotel-hotel di kita masih belum sepenuhnya memanfaatkan PDAM karena masih terkendala suplai dan pasokan yang minim,” jelasnya.

Jeje juga mengapresiasi karyawan PDAM Tirta Wibawa Mukti yang pembayaran gajinya tidak membebankan APBD.

“Ke depan kita akan investasi untuk peningkatan dan perluasan suplai air juga intens komunikasi dengan masyarakat pentingnya menggunakan air bersih,” katanya.

“PDAM ini tidak menggerogoti APBD sudah bagus, tahun depan kita bantu untuk peningkatan perluasan suplai air dari tambahan sumber air bakunya,” pungkas Jeje. (Madlani/R7/HR-Online)

Editor: Ndu

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img