Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita TerbaruTips Merawat Laptop Dengan Mudah Supaya Lebih Awet

Tips Merawat Laptop Dengan Mudah Supaya Lebih Awet

Tips merawat laptop sangat diperlukan agar performanya tetap terjaga dalam waktu yang lama dan juga tidak lemot.

Laptop sendiri sekarang seperti menjadi kebutuhan yang penting. Pasalnya, tidak sedikit yang melakukan aktivitas dalam bekerja secara mobile.

Selain itu, untuk para pelajar atau mahasiswa, laptop juga sangat penting terlebih dalam masa pandemi Covid-19 sekarang ini. Sebab, pembelajaran harus dilakukan dengan virtual dan sejenisnya.

Beberapa Tips Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Tanpa Anda sadari, bahwa semakin banyak pekerjaan, maka kinerja dari komputer baik PC maupun laptop akan mudah terkuras. Baik itu performa ataupun sisi lainnya.

Baca Juga : Kipas Laptop Berisik, Ini Penyebab dan Tips untuk Mengatasinya

Selain itu, dalam hal pemakaian pun harus Anda perhatikan. Bisa jadi, jika cara pemakaian yang salah dapat menyebabkan laptop lebih cepat rusak, seperti pemakaian yang melebihi kemampuannya.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tips sederhana untuk merawat laptop supaya lebih awet atau tidak cepat rusak. 

Matikan Setelah Selesai Pemakaian

Salah satu kebiasaan yang sering pengguna lakukan adalah lupa mematikan laptop, setelah selesai atau pekerjaan rampung.

Memang, dalam komputer baik PC maupun laptop ada Mode Sleep yang seperti sudah mati. Padahal, dengan mode tersebut komputer masih bekerja, meski layar kelihatan tidak menyala.

Oleh karena itu, tips sederhana merawat laptop biar tetap awet salah satunya adalah mematikannya dengan cara yang benar. Bisa dengan pilihan Shutdown atau Hibernate, sehingga sistem komputer benar-benar sudah off.

Bukan hanya itu, ternyata dalam mode Sleep tersebut masih bisa menguras daya baterai. Pasalnya, laptop benar-benar belum mati.

Sehingga, apabila Anda membiarkan terus menerus maka baterai akan dalam keadaan 0 persen. Dan itulah yang bisa mengurangi umur baterai, yang menyebabkan daya tahan baterai makin berkurang atau lemah.

Hindari Memakai Laptop di Atas Kasur

Tips merawat laptop selanjutnya agat tetap awet yaitu menghindari menyalakan atau memakainya di atas kasur.

Dengan menyalakan atau menaruh laptop pada permukaan yang empuk, bisa menghambat sirkulasi udara terutama pada bagian bawah laptop. Sebab, udara pembuangan akan kesulitan untuk keluar, karena tertahan badan kasur.

Baca Juga : Laptop Mendadak Mati Sendiri, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sehingga, udara panas pembuangan tersebut bukannya keluar namun berputar kembali ke dalam laptop. Maka jangan salahkan perangkat ini cepat rusak, karena komponen-komponen laptop akan bertambah panas dan overheat.

Maka cara yang benar adalah menaruh laptop pada permukaan yang rata, yang bisa memperlancar sirkulasi udara untuk keluar.

Setelah Mematikan Jangan Langsung Menutup Laptop

Meski terbilang sepele, tapi tips merawat laptop yang satu ini benar-benar bisa membuat tetap awet. Jadi, setelah Anda mematikan jangan langsung menutupnya. Tapi biarkan dulu selama 5 sampai 10 menit, atau sampai perangkat tersebut benar-benar dingin.

Pasalnya, laptop yang baru off tersebut biasanya masih panas, dapat anda rasakan dengan menyentuh pada bagian keyboard.

Apabila Anda langsung menutup laptop, maka panas yang seharusnya keluar dengan lancar malah akan ke layar. Apabila terus-menerus, bisa merusak layar laptop.

Cabut Flashdisk Setelah Pemakaian

Satu lagi kebiasaan yang bikin laptop cepat rusak adalah lupa mencabut flashdisk atau sejenisnya setelah pemakaian selesai. Padahal, tips dengan unplug dengan benar tersebut termasuk cara merawat laptop yang sangat mudah.

Baca Juga : Laptop Tidak Bisa Connect WiFi, Berikut Cara Mengatasinya

Sebagai informasi, bahwa membiarkan flashdisk dengan terlalu lama terus nyolok pada laptop, bisa memakan banyak sumber daya. Selain itu juga dapat mengakibatkan laptop tersebut menjadi overheat atau terlalu panas

Tapi, pada saat mencabut flashdisk tersebut lakukan dengan benar. Jangan asal cabut karena bisa merusak flashdisk, bahkan membuat data akan hilang atau corrupt.

Pakai Cooling Pad

Tips atau cara merawat laptop selanjutnya yaitu menambah pendingin luar dengan memakai cooling pad (kipas laptop).

Alat yang ditaruh atau sebagai alas ini bisa membantu laptop tetap dingin. Pasalnya, sirkulasi udara yang berjalan dari bawah laptop bisa keluar dengan baik.

Sehingga, apabila suhu dalam tetap terjaga, maka hardware atau komponen dalam laptop juga bakalan lebih awet.

Sebenarnya masih banyak tips merawat laptop lainnya, seperti memakai antivirus, mengaktifkan battery saver, hindari minuman di dekat laptop, membersihkan dengan rutin. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -