Toyota Avanza Generasi Baru Akan Segera Meluncur

Toyota Avanza Generasi Baru Akan Segera Meluncur
Ilustrasi Toyota Avanza generasi baru. Foto: Ist/Net

Toyota Avanza generasi baru akan segera meluncur. Informasi itu dipicu dengan kemunculan foto-foto kembaran Avanza, yakni Daihatsu Xenia terbaru dengan penggerak roda depannya. Kabar Toyota Avanza model baru ini yang sudah beredar sejak beberapa tahun lalu.

Tepatnya sejak munculnya mobil konsep Daihatsu DN Multisix. Hadir saat pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

Desain Toyota Avanza Generasi Baru

Konsep DN Multisix yang sepertinya menjadi penerus duo MPV Toyota Avanza. Avanza sendiri berasal dari pabrikan Astra Daihatsu Motor (ADM). Sehingga basis siluet Multisix yang dipertahankan sedemikian rupa. Kemudian akan mengadaptasikan bahasa desain Toyota teranyar.

Fasad depannya, tampilan tajam “Keen Look” mengadopsi komposisi dari Toyota Raize. Termasuk wajar bagi pabrikan membuat paras serupa antara satu model dengan model lainnya. Bagian tulang pipi mengangkat pada bagian samping dan berisi bingkai fog lamp.

Baca Juga : All New Toyota Raize Akan Meluncur Secara Virtual pada 30 April 2021

Pada bagian tengahnya, aksentuasi grill serta emblem cukup dengan garis tipis. Untuk bisa menghubungkan lampu. Akan tetapi, fungsi yang utama aliran udara menuju sistem pendinginannya. Terletak pada bagian apron besar sisi tengah.

Tampilan desain belakang Avanza yang sekilas serupa. Dengan desain buritan Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Bagian belakang Toyota Avanza generasi baru itu tampak lebih panjang daripada sebelumnya. Desain lampu belakangnya tampak lebih manis. Hal itu mengingatkan akan desain lampu belakangnya Corolla Altis.

Mesin

Rumor beredar Toyota Avanza hadir dengan penggerak roda depan. Sehingga tidak lagi menggunakan penggerak roda belakang. Spekulasinya adalah mobil jenis ‘MPV compact minivan’ yang berwujud Xenia atau Avanza yang baru ini. Hal itu adalah pengembangan DN Multisix yang berbasis DNGA.

Informasi lainnya, generasi baru Avanza masih menggunakan konfigurasi joknya tiga baris enam penumpang. Seperti halnya pada desain konsep DN Multisix. Kemudian menggunakan mesin 1.000 cc turbo seperti Rocky. Selain itu juga ada tambahan opsi mesinnya 1.200 cc hybrid.

Baca Juga : Spesifikasi Toyota Vios Gen 1 jadi Medium Sedan Terkuat

Kemudian, secara umum interpretasi dari desain DN Multisix berbeda jauh dari Xenia atau Avanza sekarang ini. DN Multisix kemungkinan menggunakan sistem penggerak roda depannya. Sehingga ada juga spekulasi menyebutnya model baru yang lainnya.

Mulai tahun ini ADM sudah menyampaikan akan memproduksi D-CVT di Indonesia. Transmisinya ini dalam negeri pertama kali digunakan Rocky dan Raize. Kemungkinan juga untuk penggunaan desain baru Xenia dan Terios. Hal ini berarti termasuk juga Avanza dan Rush.

Spesifikasi

Melihat profil samping, beberapa titiknya versi konsep tentu perlu disesuaikan. Pada Toyota Avanza generasi baru bagian handle pintu dalam rendering. Kemudian bagian spion dan terlihat ringkih berisikan kamera. Kemungkinan belum menjadi kebutuhan akan MPV tersebut.

Baca Juga : Mobil Avanza Terbaru Disulap dengan Modifikasi Super Keren

Tampak juga bagian garis beltline dan rumah kaca Multisix terlihat begitu tipis. Hal itu yang menciptakan profil badan tinggi berkaki pendek. Sehingga beltline dari pilar A sampai sebelum pilar C mengalami penurunan. Apabila Toyota Avanza generasi baru merasa ada kemiripan. Pada rangkaian kaca samping dengan mobil lainnya. Sepertinya tampak menyerupai Mobilio.

Fitur

Teknologi Avanza generasi baru diharapkan mengandalkan permainan full LED. Tentunya dengan adanya fitur otomatis. Sudah saatnya fitur LED yang lebih jauh pada segmen LMPV masa mendatang. Pada Toyota Avanza generasi baru bingkai pada fog lamp terdapat DRL. Selain itu juga lampu kabut untuk pelengkap sinaran.

Fitur sewajarnya yang cukup naik kelas. Hal itu agar mengimbangi peperangan pada segmen MPV terjangkau. Dengan menempatkan piranti kontrol stabilitas dan Hill Start Assist. Meskipun baru pada varian atasnya. Tentunya cukup krusial untuk sebuah MPV menganut VSC.

Selain juga dapat membantu mengurangi selip. Perangkat stabilitas meminimalisir risiko lanjutannya,  akibat hilang kendali. Pada beberapa line up Avanza di luar negeri sudah lengkap dengan VSC. Hal ini tentunya bukan hal sulit bagi Toyota.

Pada bagian kabin, terdapat fitur kenyamanan standar. Seperti halnya AC digital yang sudah masuk dalam daftarnya. Adanya sarana hiburan dengan layar sentuhnya. Semakin lengkap dengan konektivitas smartphone. Selain itu juga fitur bawaan seperti navigasinya.

Toyota Avanza generasi baru akan segera meluncur. Rumor beredar Toyota Avanza hadir dengan penggerak roda depan. Sehingga tidak lagi menggunakan penggerak roda belakang. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto