Transfer SMS ke HP Baru Mudah, Berikut Rincian Tutorial Lengkapnya

Transfer SMS ke HP Baru Mudah, Berikut Rincian Tutorial Lengkapnya
Ilustrasi Transfer SMS ke HP Baru. Foto: Ist/Net

Transfer SMS ke HP baru dapat anda lakukan dengan beberapa langkah mudah. Saat mengganti ponsel, anda mungkin perlu untuk mentransfer pesan teks atau SMS dari ponsel lama ke ponsel baru. Dalam hal ini, anda dapat melakukannya melalui bantuan beragam aplikasi gratis yang terdapat pada Play Store.

Baca Juga : Memindahkan Kontak Ke HP Baru Cepat Tanpa Ribet 

Cara ini cukup praktis. Lalu dapat memberikan kesempatan pada anda dalam mentransfer semua pesan teks dari perangkat Android lama serta iDevices untuk ponsel Android baru hanya dengan sekali klik saja.

Cara Transfer SMS ke HP Baru Mudah

Untuk dapat mentransfer SMS, sayangnya hingga saat ini Android tidak menyediakan cara resminya. Dengan demikian, cara tercepat untuk dapat mentransfer SMS antar ponsel Android adalah menggunakan bantuan aplikasi transfer SMS yang tersedia pada Play Store.

Baca Juga : Aplikasi Transfer File Terbaik, Solusi Pengiriman Data Praktis dan Cepat

Terdapat beragam aplikasi transfer SMS cukup terkenal yang dapat anda gunakan dalam proses transfer SMS ke ponsel lain. Aplikasi tersebut antara lain SMS Backup+ atau SMS Backup & Restore.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa ulasan tentang penggunaan aplikasi pihak ketiga dalam proses transfer SMS ke HP baru, antara lain:

Menggunakan Aplikasi SMS Backup+ atau SMS Backup & Restore

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menginstal aplikasi tersebut pada kedua ponsel. Pastikan kedua perangkat berada pada koneksi jaringan yang stabil.
  2. Selanjutnya buka aplikasi pada kedua ponsel.
  3. Sambungkan akun Gmail ke aplikasi SMS Backup+ atau SMS Backup & Restore.
  4. Selanjutnya aplikasi akan mencadangkan SMS anda pada akun Gmail. Ketuk “Connect” untuk dapat memilih akun anda.
  5. Lalu gunakan akun Gmail yang sama dengan akun Android pada ponsel dengan tujuan untuk mempermudah pemulihan pesan.
  6. Pada kedua aplikasi terdapat tombol Backup yang berfungsi untuk mencadangkan pesan pada perangkat anda.
  7. Langkah transfer SMS ke HP baru berikutnya adalah pilih lokasi pencadangan SMS pada SMS Backup+ atau SMS Backup & Restore. Kedua aplikasi ini akan mencadangkan SMS ke berkas lokal.
  8. Selanjutnya berkas SMS dapat anda simpan pada penyimpanan awan atau Cloud Storage. Caranya ketuk “Local Backup anda Upload” untuk dapat memilih penyimpanan awan atau mengirimkan berkas cadangan pada alamat surel sendiri.
  9. Berikutnya centang opsi “Include MMS Messages” untuk dapat ikut mencadangkan pesan group serta pesan
  10. Tunggu hingga proses pencadangan selesai. Apabila ponsel lama anda menampung banyak pesan, maka proses pencadangan akan memakan waktu yang lama. Dalam hal ini, anda dapat mengurangi waktu tunggu dengan cara menonaktifkan pencadangan SMS yang tidak anda butuhkan.
  11. Apabila anda menggunakan aplikasi SMS Backup & Restore, maka pindahkan berkas cadangan ke ponsel baru setelah proses pencadangan selesai. Selanjutnya unduh aplikasi pencadangan SMS pada ponsel baru. Jika anda menggunakan SMS Backup+, maka pastikan anda menggunakan akun Google yang sama pada kedua perangkat.
  12. Proses transfer SMS ke HP baru berikutnya, ketuk Restore untuk memulai pemulihan SMS. Atur aplikasi cadangan sebagai aplikasi bawaan. Selanjutnya anda dapat mengembalikan pengaturan aplikasi bawaan setelah proses pemulihan selesai.
  13. Tunggu hingga proses pemulihan selesai. Selanjutnya kembalikan pengaturan aplikasi SMS bawaan setelah pemulihan SMS berhasil. Hal ini agar anda dapat menampilkan pesan serta mengirim pesan baru.

Transfer SMS ke HP Baru Melalui Wondershae Mobile Trans

Perangkat lunak Wondershare Mobile Trans dapat bekerja dengan baik dalam menyalin SMS antar ponsel Android. Adapun cara menggunakannya adalah:

  1. Langkah pertama, instal Wondershare Mobile Trans telepon pada komputer dan jendela utama pergi untuk memulai.
  2. Langkah berikutnya, sambungkan ponsel Android baru dan yang lama ke perangkat komputer menggunakan kabel USB. Dengan memanfaatkan perangkat lunak transfer satu klik telepon akan secara otomatis mendeteksi serta menunjukkan dua perangkat HP pada jendela utama.
  3. Klik tombol Flip yang kemudian tempat dua ponsel akan berubah. Seperti pada opsi “Clear data sebelum salinan” anda mencentang off jika ingin menghapus SMS pada ponsel Android baru. Namun jika anda tidak ingin menghapus pesan, maka biarkan “Clear data sebelum salinan” tetap dalam posisi centang.

Berikutnya dalam transfer SMS ke HP baru melalui Wondershare Mobile Trans, hapus semua tanda sebelum file lain kecuali pesan teks. Selanjutnya klik “Salin mulai”. Pastikan kedua ponsel terhubung sepanjang waktu. Saat proses transfer berakhir, maka anda dapat klik OK untuk menyelesaikannya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto