Truk Fuso Terbalik di Gentong Tasikmalaya, Jalan Macet Sampai 5 Km

Truk Fuso Terbalik di Gentong Tasikmalaya
Truk fosu muatan kayu yang terbalik di tanjakan Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (29/5/2021). Foto : Apip/HR

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Sebuah truk fuso pengangkut kayu terbalik di tanjakan Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (29/5/2021).

Diduga truk berpelat nomor Z 9312 YA yang terbalik tersebut, akibat tidak mampu melewati medan jalan yang menanjak karena kelebihan muatan. Belum lagi, jalan Gentong terkenal dengan tanjakannya yang ekstrem dan menukik.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Akan tetapi, jalan dari kedua arah mengalami kemacetan hingga panjangnya 5 kilometer.

Kapolsek Kadipaten Polsek Tasikmalaya, Kompol Gunarto menuturkan, awalnya truk fuso ini melaju dari arah Tasikmalaya menuju Bandung.

Namun, setelah melewati tanjakan Gentong yang kedua, truk tersebut mundur kembali. Diduga pengemudi tak mampu lagi mengendalikan kendaraannya, sehingga truk fuso tersebut langsung terbalik.

“Beruntung, sang sopir membanting stir ke kiri. Sehingga truk terbalik tidak ke jurang,” tuturnya kepada HR Online di lokasi kejadian, Sabtu (29/5/2021).

Pantauan HR Online, untuk sementara petugas terpaksa menutup lalu lintas kendaraan yang melintas dari kedua arah. Pasalnya, evakuasi truk fuso yang terbalik tersebut tidak bisa menggunakan mobil derek, karena masih ada sebagian muatan kayu.

“Evakuasi truk tersebut sedikit kesulitan. Karena harus melibatkan tiga truk besar untuk mengevakuasinya,” ucapnya.

Lanjut Kompol Gunarto menambahkan, dampak truk fuso terbalik membuat jalur jalan Gentong mengalami kemacetan hingga 5 kilometer, baik dari arah Tasikmalaya maupun dari Bandung.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya sang supir mengalami shok,” pungkasnya. (Apip/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto