Ubah Browser Utama iPhone Mudah, Berikut Beberapa Ketentuannya!

Ubah Browser Utama iPhone
Ilustrasi Ubah Browser Utama iPhone. Foto: Ist/Net

Ubah browser utama iPhone dapat dilakukan para pengguna ke browser pihak ketiga sesuai dengan yang diinginkan. Browser pihak ketiga tersebut seperti Mozilla Firefox, Opera atau Google Chrome.

Akan tetapi bagi para pengguna yang telah menginstall iOs 14 versi percobaan tidak dapat menemukan kehadiran fitur tersebut. Hingga pada saat perusahaan merilis iOS 14 beta 8 lalu, akhirnya Apple secara resmi merilis fitur ini.

Baca Juga : Logout iCloud iPhone Penting Dilakukan, Simak Langkah Mudahnya! 

Bagi para pengguna yang telah menginstall iOS 14 versi percobaan, maka dapat update iOS 14 ke versi terbaru tepatnya ada beta 8. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi apabila iOS 14 versi final yang telah resmi rilis pada publik.

Cara Ubah Browser Utama iPhone

Untuk perangkat komputer, cukup mudah dalam mengubah browser default yang anda gunakan. Akan tetapi jika anda menggunakan perangkat iPhone atau iPad, dapat dimungkinkan prosesnya akan sedikit rumit.

Pada beberapa pengguna mungkin lebih suka dengan chrome meskipun ada pula yang merasa nyaman dengan Firefox atau Safari. Namun mungkin terdapat beberapa pengguna yang belum mengetahui bagaimana cara mengubah browser utama iPhone atau iPad.

Berikut dapat anda simak beberapa tipsnya. Sebelum iOS 14, Apple tidak mengizinkan para pengguna untuk dapat mengubah browser default pada perangkat.

Baca Juga : Back Tap iPhone Fitur Tersembunyi dengan Beragam Manfaat

Meskipun demikian, para pengguna dapat mengunduh browser pihak ketiga, atau aplikasi yang membuka tautan dengan menggunakan Safari. Para pengguna dapat memilih membukanya dengan menggunakan browser lain.

Hal ini tentu memerlukan adanya langkah tambahan yang harus pengguna lakukan, yang terkadang sedikit ribet. Namun anda tidak perlu khawatir, saat ini Apple telah mengizinkan para pengguna untuk dapat mengubah browser utama ada perangkat iPhone atau iPad. Caranya pun cukup mudah, berikut ini dapat anda simak beberapa langkahnya.

Ketentuan Ubah Browser Utama iPhone atau iPad

Sebelum mengubah browser sesuai yang anda inginkan, pastikan anda telah menggunakan iOS 14. Dan bagi anda yang masih menggunakan versi percobaan,maka pastikan pula anda telah menginstall iOS 14 beta 8.

Dan satu lagi, untuk saat ini fitur untuk mengubah default browser hanya dapat anda lakukan pada browser Google Chrome saja. Untuk browser yang lainnya kemungkinan akan segera menyusul dengan seiring dirilisnya iOS 14 pada publik.

Cara Ubah Browser Utama pada Perangkat iPhone atau iPad

Berikut ini beberapa langkah untuk mengubah browser utama pada perangkat iPhone yang anda miliki antara lain:

  • Langkah pertama pastikan anda telah menginstall browser yang anda inginkan. Dalam hal ini adalah Google Chrome dengan versi yang paling baru.
  • Lalu buka pengaturan atau setting
  • Kemudian gulir ke bawah serta cari aplikasi browser yang ingin anda jadikan sebagai default (cari menu Google Chrome)
  • Selanjutnya  pilih menu App Browser Default, kemudian anda ubah browser utama iPhone dari Safari ke Chrome.
  • Proses berikutnya klik browser pilihan anda
  • Anda dapat mengulang beberapa langkah di atas apabila ingin kembali ke safari atau akan beralih ke browser lainnya.

Saat ini, setiap kali anda membuka tautan yang terkirim melalui email atau aplikasi obrolan, maka yang akan terbuka adala chrome. Berbeda jika aplikasi tersebut menggunakan browser bawaan sendiri.

Berbeda dengan Android, hingga saat ini iOS asih sangat terbatas dalam hal aplikasi default yang dapat diatur. Penting untuk anda ketahui, saat ini pengguna iOS hanya dapat memilih pengaturan browser default atau aplikasi email.

Ketentuan Penghapusan App Browser Web

Apabila anda menghapus app browser web, maka perangkat akan menetapkan Safari sebagai app browser default. Akan tetapi apabila anda menghapus app safari, maka dalam hal ini perangkat akan menetapkan salah satu app browser web lain sebagai default.

Baca Juga : iPhone Could Not Be Restored, Coba Gunakan Cara untuk Mengatasinya

Sedangkan bagi anda yang akan menggunakan app Safari lagi, maka anda harus menginstalnya ulang pada perangkat anda. Demikian pula jika anda menghapus app email, maka perangkat akan menetapkan app Mail sebagai default.

Jika anda menghapus app Mail, maka perangkat akan menetapkan salah satu app email lain sebagai default. Sama halnya dengan Safari, apabila anda akan menggunakan app Mail lagi, maka anda harus menginstalnya lagi pada perangkat anda.

Cukup mudah bukan cara ubah browser utama iPhone atau iPad di atas. Mungkin bagi sebagian pengguna beranggapan bahwa browser safari bawaan iPhone masih menjadi yang terbaik bagi perangkat iPhone saat ini. Meskipun demikian, fitur ini hadir untuk melengkapi kebutuhan para pengguna sesuai dengan yang mereka inginkan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto