Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita TerbaruUnreg Kartu yang Hilang All Operator Efektif dan Mudah, Data Tetap Aman

Unreg Kartu yang Hilang All Operator Efektif dan Mudah, Data Tetap Aman

Unreg kartu yang hilang penting untuk anda lakukan dalam menjaga keamanan data yang anda miliki melalui nomor tersebut. Berdasarkan peraturan Kominfo no 14 tahun 2017 mengenai Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi, tanggal 31 Oktober 2017.

Dalam peraturan tersebut disebutkan setiap pengguna kartu seluler wajib untuk lakukan registrasi yang mereka gunakan. Hal ini bertujuan untuk memberi perlindungan pada pelanggan serta masyarakat dari berbagai jenis penipuan yang dapat dilakukan melalui SMS, telepon, serta dalam bentuk kejahatan lainnya.

Baca Juga : Mengganti SIM Card Tanpa Mematikan HP, Benarkah Aman?

Lalu juga untuk meminimalkan penyalahgunaan nomor serta menuju single identity number. Namun, bagaimana jika kartu seluler yang anda gunakan tiba-tiba hilang atau sudah tidak aktif lagi?

Dalam hal ini, anda harus segera melakukan unregristrasi agar keamanan data dari nomor seluler tersebut tidak secara otomatis terunreg.

Mengetahui Cara Unreg Kartu yang Hilang Agar Lebih Aman

Berikut ini cara unreg SIM card yang hilang untuk berbagai operator seluler, antara lain:

XL dan Axis

Cara unreg kartu yang hilang pada Axis dan XL dapat anda lakukan melalui fitur SMS, berikut langkah-langkahnya:

  1. Ketik UNREG#nomor ponsel anda.
  2. Kemudian kirim ke 4444.
  3. Tunggu hingga terdapat pemberitahuan SMS dari XL atau Axis.

Atau anda dapat menghubungi Call Center XL di nomor 817. Nantinya, pihak operator Axis dan XL akan melakukan pemblokiran kartu anda yang hilang tersebut setelah melakukan verifikasi data pelanggan sesuai dengan data yang anda berikan saat registrasi di 4444.

Baca Juga : SIM Card Tidak Terbaca, Simak Cara Mengatasinya!

Berikutnya, setelah kartu berhasil terblokir, maka pelanggan dapat datang ke gerai XL center terdekat untuk memperoleh ganti SIM baru dengan nomor yang sama. Untuk kartu XL, anda dapat unreg melalui device lain dengan mencantumkan nomor XL yang anda gunakan.

3 (Tri)

Bagi anda para pengguna kartu 3 (Tri), berikut ini cara unreg kartu yang hilang. Ketik UNREG#NIK kirim ke 4444. Atau dengan menggunakan cara lain dengan mengakses website resmi Tri di alamat registrasi.tri.co.id.

Terdapat dua pilihan bagi para pengguna yakni “Unreg” dan “Registrasi Kartu Prabayar”. Jika anda akan membatalkan pendaftaran, maka anda dapat pilih “Unreg”.

Ketikkan data yang anda gunakan saat registrasi pertama kali masuk nomor Tri dan NIK. Kemudian tekan tombol “Minta Kode Rahasia”. Berikutnya ketikkan kode tersebut dan kirim ke nomor Tri yang akan anda unreg.

Baca Juga : Registrasi SIM Card Prabayar Gagal, Ini Penyebabnya

Lalu ketikkan kode rahasia yang anda peroleh dalam kolom yang telah tersedia. Masa berlaku kode hanya 5 menit. Oleh karena itu, harus cepat anda input. Tekan pada “I’m not a robot” untuk proses validasi, kemudian klik Tombol Kirim.

Indosat

Berikutnya, jika anda menggunakan kartu Indosat, di bawah ini cara unreg kartu yang hilang melalui fitur SMS, antara lain:

  1. Ketik UNREG#NomorNIK atau UNPAIR#NomorHP#
  2. Kemudian anda kirim ke 4444
  3. Tunggu adanya SMS pemberitahuan dari Indosat terkait permintaan tersebut
  4. Apabila anda lupa dengan nomor tersebut, maka anda dapat hubungi customer service Indosat no (021) 30003000 untuk dapat unreg kartu yang hilang. Atau anda juga dapat mendatangi gerai Indosat terdekat dan membawa KTP dan KK.

Smartfren

Untuk anda para pelanggan Smartfren, berikut ini cara unreg kartu yang hilang milik anda, antara lain:

  1. Dengan menggunakan fitur SMS, anda dapat mengetikkan SMS dengan format: UNREG#NomorNIK.
  2. Selanjutnya ketikkan UNREG#Nomor HP kemudian kirim ke 4444
  3. Lalu SMS pemberitahuan akan dikirimkan oleh pihak operator yang menyatakan bahwa proses unreg berhasil.
  4. Atau anda dapat mengunjungi situs resmi Smartfren di mysf.id/unreg dan ikuti petunjuk selanjutnya.
  5. Anda juga dapat datang langsung ke gerai Smartfren dengan membawa kartu identitas asli yang berupa KK dan KTP.

Telkomsel

Bagi anda pengguna kartu Telkomsel, jika kartu hilang dan ingin meng-unreg kartu tersebut, maka anda dapat datang langsung ke lokasi gerai Grapari terdekat. Anda dapat menggunakan mesin MyGrapari dalam proses unreg kartu operator Telkomsel yang hilang.

Ikuti petunjuk yang terdapat mesin tersebut. Namun sebelumnya, penting bagi anda untuk mempersiapkan bukti identitas diri yang berupa eKTP, KK, serta 2 nomor telepon yang anda hubungi dalam satu bulan terakhir.

Selain datang langsung ke Grapari, anda juga dapat unreg kartu yang hilang dengan menghubungi customer service Telkomsel di 188. Siapkan identitas diri sesuai dengan yang anda berikan ketika registrasi kartu ke 4444. Apabila verifikasi anda lakukan dengan benar, maka pihak Telkomsel akan segera memblokir kartu tersebut. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto