Wagub Jabar Sidak Pangandaran Setelah Kerumunan Bubar, Telat?

Wagub Jabar Sidak Pangandaran
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulul (topi hitam) saat sidak Pantai Pangandaran. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum melakukan sidak (Inspeksi Mendadak) ke sejumlah lokasi obyek wisata Pangandaran, Minggu (16/5/2021).

Sehari sebelumnya, salah satu obyek wisata di Pangandaran Pantai Batu Karas viral di media sosial lantaran padatnya wisatawan di lokasi tersebut. Hal ini memicu Pemkab Pangandaran dan Pemprov Jabar untuk menutup obyek wisata di Pangandaran.

Akibat penutupan tersebut, kerumunan di sejumlah obyek wisata Pangandaran bisa terurai. Wagub Jabar sendiri baru melakukan sidak di Pantai Batu Karas hingga Pantai Karapyak Pangandaran setelah kerumunan bubar. 

Selain itu, Uu juga mengunjungi para petugas gabungan di Pos Penyekatan, Pintu Tolgate Pangandaran dan Bundaran Emplak Kalipucang. 

Baca Juga: Kerumunan di Batu Karas Pangandaran, Netizen: Seperti Sungai Gangga

Uu mengatakan, penutupan beberapa obyek wisata di Jawa Barat termasuk Pangandaran dipicu kerumunan wisatawan di Pantai Batu Karas.

“Awalnya penutupan obyek wisata tersebut tidak ada. Namun seiring kejadian di Batu Karas kemarin dan wisatawan banyak yang tidak pakai masker jadi untuk sementara, obyek wisata tersebut ditutup,” ujar Uu, Minggu (16/5/2021).

Penutupan obyek wisata tersebut, lanjut Uu, waktunya tidak pasti sampai kapan. “Kita tidak bisa menentukannya,” katanya.

Baca Juga: Video ‘Tidak Ada Corona di Pantai’ Viral, Pangandaran Trending Topic

Uu juga mengimbau kepada para wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran maupun ke obyek wisata lainnya di Jawa Barat agar mengenakan masker serta mematuhi protokol kesehatan (Prokes). 

“Prokes tetap diterapkan di lokasi wisata, hal tersebut agar di lokasi obyek wisata tidak terjadi klaster penularan Covid-19 baru,” katanya.  

Sementara itu dari pantauan HR Online saat Wagub Jabar sidak, ia menggunakan kendaraan bak terbuka milik Satpol PP Pangandaran. UU kemudian mengelilingi bibir pantai sambil woro-woro mengimbau pengunjung menerapkan prokes. (Entang/R7/HR-Online)

Editor: Ndu