Warga Cipaku Ciamis Kerap Dianggap Jual Beli Monyet Gegara Ini

Warga Cipaku
Sepasang monyet peliharaan Abas, warga Desa Bangbayang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis. Foto : Edji Darsono/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Warga Cipaku Ciamis bernama Abas, sering dianggap memperjualbelikan monyet oleh banyak orang gara-gara memelihara sepasang hewan tersebut hingga beranak.

Abas yang merupakan warga Desa Bangbayang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengaku memelihara sepasang monyet. Kedua hewan peliharaannya itu ia kandangi dalam kerangkeng besi.

“Dua ekor monyet yang saya pelihara ini pemberian dari teman saya. Namun ternyata sepasang monyet tersebut berjodoh. Karena selama dua tahun saya pelihara sudah satu kali beranak. Bahkan sekarang pun sedang bunting lagi,” terang Abas kepada HR Online, Minggu (30/05/2021).

Baca Juga : Gubyag Kolam di Cipaku Ciamis Digelar Para Pemuda

Namun, lanjut Abas, gara-gara anak pertama dari sepasang monyet peliharaannya itu ada yang memintanya dan memberikan uang untuk pengganti pakan. Sehingga banyak orang yang menganggapnya beternak monyet untuk diperjualbelikan.

Abas mengaku kalau ia tidak ada niat sedikitpun untuk beternak monyet, apalagi sampai memperjualbelikan monyet peliharaannya.

“Hanya kebetulan saja monyet peliharaan saya ini janjat dan betina, kemudian berjodoh dan akhirnya beranak,” ujarnya.

Abas juga mengaku sempat akan melepas liarkan kedua monyet peliharaannya ke dalam hutan. Namun, ia khawatir hewan peliharaannya itu akan pulang lagi, dan mencelakai orang. Karena kedua ekor monyet tersebut terbilang galak.

“Kalau saja ada orang yang ingin merawatnya, maka dengan senang hati saya akan berikan. Tapi, selama tidak ada yang mau merawatnya dengan baik, akan tetap saya pelihara. Meski setiap hari saya harus memberinya pakan,” kata Abas. (Dji/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah