Wisata Pangandaran Buka, Wisatawan Tanpa Surat Sehat Diputar Balik

Wisata di Pangandaran Buka
Petugas kepolisian saat memeriksa warga di Posko Penyekatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Obyek wisata di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, tetap buka saat hari lebaran Idul Fitri, Kamis (13/5/2021).

Meskipun begitu, petugas gabungan dari TNI, Kepolisian, Satpol PP, Dishub, hingga Tim Medis Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran, tetap berjaga di posko penyekatan perbatasan Kalipucang-Cilacap. Rencananya petugas gabungan tersebut akan bertugas hinggal 17 Mei 2021 mendatang.

Kapolsek Kalipucang Kompol Jumeli mengatakan, sesuai perintah pihaknya melakukan penyekatan bukan hanya untuk para pemudik, namun juga bagi warga yang hendak berwisata. Mengingat tempat wisata di Pangandaran tetap buka saat hari lebaran 2021, meski masih pandemi Covid-19.

“Khusus untuk para wisatawan yang hendak berwisata, kita periksa surat sehat antigen dari tempat asalnya. Jika tidak bisa menunjukan surat sehat maka kami tidak pandang bulu meskipun hendak berwisata tapi tidak ada surat sehat tetap akan kami putar balikan,” tegas Kompol Jumeli, Kamis (13/5/2021).

Jika tidak membawa surat sehat dari tempat asalnya, petugas dari Dinas Kesehatan akan melakukan rapid antigen. Apabila hasilnya negatif maka wisatawan tersebut bisa melanjutkan perjalanan.

“Di perbatasan Pancimas Kalipucang yang diputar balikan bukan hanya para pemudik ataupun para wisatawan, warga pun sama. Baik dari Kalipucang ataupun dari Pangandaran yang menggunakan kendaraan motor tidak memakai helm maka diputar balikan,” katanya.

Petugas juga memberikan edukasi kepada para pengguna motor untuk tertib berlalu lintas. Salah satunya dengan menggunakan helm saat bepergian.

“Sudah tak terhitung jumlahnya pengendara yang kami putar balikkan. Terutama para pemudik yang tidak memiliki surat lengkap juga diputar balikan ke daerah asalnya,” tandasnya. (Entang/R7/HR-Online)

Editor: Ndu