Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita TerbaruYamaha NMAX Mini Mesin 125 cc, Lebih Mahal dari Yamaha NMAX 155

Yamaha NMAX Mini Mesin 125 cc, Lebih Mahal dari Yamaha NMAX 155

Yamaha NMAX Mini Mesin 125 cc meluncur sebagai motor matic baru di Eropa. Banyak yang mengidolakan memiliki motor matic baru Yamaha NMAX ini. Namun masih banyak pula yang terkendala mengenai harga. Karena, harganya cukup mencengangkan dan berbeda jauh dengan 155 cc.

Kini Yamaha NMAX 125 2021 mempunyai dimensi bodi yang sama dengan versi 155 cc. Namun kapasitas mesinnya berbeda karena lebih kecil.

Spesifikasi Yamaha NMAX Mini Mesin 125 cc

Mesin Yamaha NMAX 125 ini yang diperbarui dan bersertifikasi Euro 5. Teknologi Variable Valve Actuation (VVA) menjadi kunci mesin Yamaha lolos sertifikasi Euro5. Teknologi VVA memiliki camshaft intake khusus.

Baca Juga : Zontes 310M 2021, Mocin Pesaing NMAX dan Forza 250

Teknologinya yang terdiri dari dua cam lobe. Ideal pada rpm rendah sampai dengan menengah. Selain itu juga ideal untuk putarannya rpm tinggi. Selanjutnya, sistem secara langsung beralih menuju cam lobe merupakan paling sesuai untuk aplikasi berkendaranya.

Yamaha NMAX Mini ini mendapatkan dukungan mesin 125 cc VVA. Motor ini memiliki silinder tunggal dan pendingin air. Dapur pacunya menghasilkan tenaga sebesar 11,8 hp. Pada torsi puncaknya mencapai 11 Nm.

Menggunakan mesin yang kecil, konsumsi bensin harapannya lebih efisien. Penggunaan bahan bakarnya tergolong cukup irit. Apabila 1 liter bensin bisa mencapai 46,9 km. Meskipun mesinnya lebih kecil, secara garis besar mesinnya memiliki basis sama-sama Bluecore.

Desain

Mengenai tampilan desain dan bodi, yang tidak jauh berbeda dengan Yamaha NMAX 155. Tampilan bodi Yamaha NMAX Mini Mesin 125 cc hanya lebih ramping. Tampak tidak lagi bersudut seperti Yamaha NMAX 155. Lampu depan  baru menggunakan LED dan ada DRL.

Baca Juga : Saudara Yamaha NMAX Kena Recall, Ini Alasan Sebenarnya

Sedangkan pada bagian lampu belakang Yamaha NMAX 125 ini juga tampak baru. Yamaha mengklaim bagian depannya baru itu meningkatkan perlindungannya. Perlindungan terhadap adanya angin dan hujan. Selain itu, juga peningkatan aerodinamika mengurangi kebisingan angin apabila berkendara.

Fitur

Kaki-kaki Yamaha NMAX 125 ini tetap menggunakan rem cakram di kedua rodanya. Motor ini mendapatkan penambahan plus fitur Traction Control. Selain itu juga memiliki beberapa fiturnya. Seperti Simple Communication Control Unit (SCCU) yang terhubung ke smartphone melalui Bluetooth.

Sistem itu untuk pengendara Yamaha NMAX Mini Mesin 125 cc menghubungkan motor dengan smartphone. Tentunya dengan melalui aplikasi Yamaha My Ride. Pada fungsi fiturnya masih sama dengan versi di Indonesia. Pemiliknya dapat mengetahui keadaan motor termasuk baterai serta status oli. Selain itu juga pencarian lokasi untuk parkir, konsumsi bahan bakar, dan yang lainnya.

Aplikasi Yamaha My Ride juga memiliki fungsinya Ride & Record. Sehingga data perjalanannya bisa terekam. Seperti halnya kemiringan, akselerasi, kecepatan, jarak, dan lainnya. Data tersebut juga bisa dibagikan ke sesamanya pengguna MyRide lain.

Baca Juga : Yamaha Force 155 2020 Edisi Ulang Tahun, Bawa Mesin Serupa NMAX

Selain itu, Yamaha NMAX 125 juga lengkap dengan fitur kontrol traksi TCS. Untuk yang di Indonesia khusus untuk varian yang ABS. Bagian sokbreker belakangnya Yamaha NMAX versi 125 tidak menggunakan tabung reservoir.

Sedangkan di Indonesia menggunakan tabung, Untuk varian ABS bisa menyetel preloadnya. Sisanya yang masih sama saja, seperti panel instrumen Y-Connect. Pada kunci keyless Smart Key sampai dengan fitur SSS (Start & Stop System).

Yamaha NMAX Mini Mesin 125 cc juga lengkap dengan teknologi Start & Stop. Sistem tersebut akan secara otomatis membuat mesinnya mati saat kondisi idle. Seperti saat berhenti pada saat di lampu lalu lintas.

Mesin Yamaha NMAX 125 akan kembali menyala secara otomatis. Pada saat tuas remnya dilepas dan tuas gas diputar. Sistem tersebut yang bisa membantu mengurangi polusi. Selain itu juga akan menghemat bahan bakar. Pada sistem juga bisa untuk dinonaktifkan.

Harga

Yamaha NMAX Mini mesin 125 cc ini yang siap meluncur pada 28 Juni mendatang di Jepang. Motor Yamaha ini hadir dengan empat pilihan warna barunya. Di Jepang, nantinya Yamaha NMAX 125 2021 dalam prediksinya akan dijual seharga JPY 368.500.

Apabila disetarakan dengan rupiah sekitar Rp 48 jutaan. Harga tersebut yang jauh beda dengan Yamaha NMAX 155. Tentunya yang jauh lebih mahal. Yamaha NMAX di Indonesia yang dijual Rp 33 jutaan pada tipe tertinggi.

Yamaha NMAX Mini Mesin 125 cc hadir sebagai motor matic baru di Eropa. Memang banyak yang mengidolakan memiliki motor matic baru Yamaha NMAX ini. Namun penawaran harga lebih mahal daripada Yamaha NMAX 155. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -