Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita TerbaruYamaha YZF R7 Hadir Sebagai Motor Sport Pengganti Yamaha R6

Yamaha YZF R7 Hadir Sebagai Motor Sport Pengganti Yamaha R6

Yamaha YZF R7 yang telah resmi meluncur sebagai motor sport baru. Setelah muncul beberapa kali dalam teasernya. Motor YZF R7 akhirnya resmi mengaspal. Motor ini merupakan persembahan Yamaha untuk penggemarnya.

Dengan mewujudkan Yamaha YZF R6 dalam versinya yang lebih baik. Selain itu sebagai pengganti dari Yamaha YZF R6 yang telah disuntik mati.

Desain Yamaha YZF R7

Melengkapi katalog supersports Yamaha, motor ini menggunakan mesin yang sama. Tentunya dengan motor Yamaha MT-07. Namun perbedaannya, Yamaha R7 ini memiliki ‘baju’ motor sport yang tertutup fairing.

Yamaha R7 terbaru memberikan tampilan desain fascia. Namun tampak berbeda dengan model-model R Series yang sebelumnya. Pada bagian kanan kiri fascia tetap menampilkan garis lampunya yang DRL sporty. Pada bagian lampu utamanya memberikan tampilan yang lebih garang. Tentunya dengan dukungan LED proyektor.

Baca Juga : Motor Yamaha Y16ZR Resmi Meluncur di Malaysia

Untuk desain fairing, bodi, dan buritan Yamaha R7 secara keseluruhan. Motor ini yang masih menampilkan bahasa desain R Series. Perbedaan utamanya terletak pada bagian sasis dan mesinnya.

Mesin

Yamaha R7 yang menggunakan mesin 689 cc yang sama halnya dengan MT-07. Mesinnya Crossplane 2 (CP2) dua silinder DOHC delapan katup. Tentunya dengan pendingin cairan yang sudah sesuai Euro 5 tersebut. 

Baca Juga : Motor Listrik Yamaha E01 Masuk Produksi Dengan Desain Mirip NMax

Sehingga akan menghasilkan tenaga mencapai 73.4 PS pada 8.750 rpm. Sedangkan pada torsi maksimal Yamaha YZF R7 67 Nm pada 6.500 rpm.

Fitur

Yamaha R7 hadir dengan pengaturan ECU terbarunya. Tidak hanya itu, pada pengaturan suplai bahan bakar yang lebih optimal. Hal itu berguna untuk meningkatkan kemampuan kontrol dan respons throttle.

Perpaduan mesin Yamaha R7 dengan transmisi enam percepatan. Yamaha R7 telah lengkap dengan fitur assist and slipper clutch. Yamaha menghadirkan tuas kopling R7 yang lebih ringan 33%. Hal itu apabila dibandingkan dengan kopling normal.

Fitur quick shifter yang bisa menggantikan gigi naik tanpa menekan tuas koplingnya. Selain itu juga tersedia dengan opsi biaya tambahannya. Pada bagian dalam kokpit, panel instrumen digital LCD menampilkan semua informasi yang dibutuhkan.

Spesifikasi

Yamaha R7 hadir dengan suspensi depan upside-down. Selain itu KYB dengan diameter 41 mm yang dapat diatur. Penyetelan kompresinya ada pada bagian garpu depan sebelah kiri. Terdapat juga rebound di sebelah kanannya. Sedangkan pada bagian belakangnya memiliki monoshock.

Bagian tersebut yang terpasang secara horizontal. Namun juga dapat disesuaikan preload dan rebound. Untuk pengereman, Yamaha YZF R7 memiliki kaliper empat piston. Selain itu juga memiliki radial-mount dan master rem Brembo.

Yamaha R7 yang memiliki bobot sekitar 188 kg. Motor ini memiliki rangka tubular yang tampak ramping. Bahkan Yamaha menyebutnya lebih ramping daripada R25 dan R15. Hal ini memungkinkan Yamaha R7 memiliki profil depannya yang ramping. Hal itu yang akan membantu aerodinamika.

Baca Juga : Yamaha New Vino 50, Motor Matic Bermesin eSP Honda

Yamaha R7 yang bisa menampung bahan bakar sebanyak 13 liter. Motor ini memiliki velg 17 inchi 10 palang. Tentunya yang terbungkus dengan ban 120/70 di depan dan 180/55 di belakangnya.

Pilihan Warna

Yamaha R7 ini menyediakan dua pilihan warna. Pilihan warnanya Icon Blue dengan panel kontras biru matte tua. Sedangkan warna Yamaha Black dengan perpaduan finishing hitam gloss dengan grafisnya minimal. Yamaha YZF R7 yang diperkirakan penjualannya pada dealer Yamaha Eropa pada Oktober 2021.

Pihak Yamaha yang memberikan informasi bahwa YZF R7 memiliki harga awal sekitar $ 8.999. Harga tersebut apabila dirupiahkan setara Rp 128 juta.  Di Indonesia, motor Yamaha YZF R6 yang ditawarkan dengan harga Rp 270 juta. Mengenai R7 pastinya akan memiliki kisaran harganya yang berbeda dari R6.

Pembuatan Yamaha R7 oleh Yamaha sebagai pengganti YZF R6. Motor YZF R6 yang kini sudah disuntik mati. Yamaha R6 tidak berlanjut lagi proses produksinya. Hal itu karena menurunnya penjualan motor sport dengan kapasitas 600 cc tersebut. Peminat motor sport kini lebih menyukai motor 600 cc ke atas.

Penjualan Yamaha YZF R6 sudah berhenti untuk wilayah Amerika dan Eropa. Tentunya ada beberapa faktor yang mengakibatkan Yamaha harus menyuntik mati R6. Tidak hanya melemahnya penjualan pada segmen ini. Faktor emisi Euro 5 yang akan diterapkan juga akan mempersulit posisi Yamaha R6.

Kini Yamaha YZF R7 yang resmi meluncur sebagai motor sport baru. Motor tersebut sebagai versi yang lebih baik dari  Yamaha R6. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -