Kamis, Desember 2, 2021
BerandaBerita TerbaruYamaha Zuma 125 Hadir Bergaya Adventure Seharga Rp 53 Juta

Yamaha Zuma 125 Hadir Bergaya Adventure Seharga Rp 53 Juta

Yamaha Zuma 125 baru saja Yamaha Motor Corporation luncurkan. Yamaha Zuma ini untuk model 2022 di Amerika Serikat. Kehadiran skuter dengan gaya adventure ini untuk berbagai medan. Baik wilayah perkotaan dan berpetualang di jalanan yang sulit.

Lampu utama motor ini berbentuk bulat dengan cover plastik berwarna hitam. Hal itu untuk memancarkan aura adventure yang kental.

Desain Yamaha Zuma 125

Sebelumnya Yamaha NMAX belum bisa menghadapi Honda ADV 150 karena desainnya berbeda. Kini motor matic baru Yamaha Zuma mesinnya NMAX penantang Honda ADV 150. Tampak desainnya yang sama-sama motor untuk berbagai medan.

Baca Juga : Yamaha YZF R7 Hadir Sebagai Motor Sport Pengganti Yamaha R6

Tampilan depan dari Yamaha Zuma ini yang memancarkan aura X-Ride. Tampilannya lebih sangar karena makin mengotak menyerupai Yamaha X-Ride. Pastinya dengan penggunaan model instrumen klaster serupa. Namun tetap berbeda secara tampilannya.

Mesin Yamaha Zuma 125

Mesin Yamaha NMAX termasuk memiliki performa yang bagus. Yamaha kini menggunakannya untuk Zuma ini. Apabila dibandingkan dengan pilihan mesin Yamaha Soul GT 125. Namun berbeda dengan Zuma 125 dan Honda ADV 150. Motor ini hanya menggunakan pilihan mesinnya 125.

Yamaha NMAX yang berada di luar negeri, ada yang dipasarkan 125 cc. Sementara Zuma dengan model 2022 motor matic baru yang meluncur Mei ini. Skuter adventure ini yang memiliki banyak perubahan. Mulai dari segi desainnya sampai bagian mesin.

Konsep skuter adventure sendiri begitu menarik. Hal itu karena memiliki desain tangguh dengan mesin dari NMAX. Untuk model 2021 Yamaha Zuma 125 menggunakan mesin LC4V Blue Core. Mesin tersebut yang juga digunakan NMAX. Namun bukan pada Yamaha NMAX versi Indonesia. Melainkan menggunakan mesin Yamaha NMAX pasar ekspor. Motor tersebut hadir dengan mesin 155 cc.

Mesin Zuma 125 hadir dengan bore stroke 52.0 × 58.7 mm. Dengan mengusung mesin 125cc ini yang lengkap dengan teknologi seperti Variable Valve Actuation (VVA). Selain itu memiliki starter seamless SMG.

Baca Juga : Yamaha FZS-FI 2021 Meluncur di India, Intip Spesifikasi yang Diusungnya

Mengenai urusan kompresi, rasio kompresi dari skuter adventure ini berada pada angka 11.2:1. Apabila mengintip dari spesifikasi piston yang dipakai, Yamaha 125 terbaru ini tidak memakai mesin yang serupa Yamaha X-Ride. Tentunya yang beredar saat ini pada pasar Indonesia.

Spesifikasi

Lampu depan Yamaha Zuma 125 tampak simetris. Model lampu asimetris dengan penggunaan cover plastik berwarna hitam doff. Bagian tersebut yang membuat aura adventure semakin kental. Lampu utamanya masih menggunakan lampu halogen dengan warna kuning. Tentunya yang lebih cocok untuk melewati kondisi jalan berkabut.

Dengan detail-detail seperti mobil jip dan penjelajah. Spakbor depan Zuma 125 juga memiliki model gantung. Bagian paruh lebar seperti halnya motor trail. Pada area setangnya juga telanjang, menampakkan handlebar, dan panel instrumennya.

Bagian depan Yamaha Zuma 125 tampak lebih berisi, hal itu karena penempatan tangki BBM. Bagian tersebut yang bisa diakses melalui kompartemen sebelah kirinya. Sedangkan bagian kaki-kaki memiliki sok teleskopik terbalut karet. Sehingga akan tampak ala motor trail klasik. Bagian sok depannya yang memiliki jarak main 3.2 inci.

Baca Juga : Motor Listrik Yamaha E01 Masuk Produksi Dengan Desain Mirip NMax

Sementara untuk suspensinya, menggunakan tabung sok breker. Skuter ini  terpasangkan lengan ayun dengan shock ganda di belakangnya. Dengan memiliki jarak main 3.1 inci atau 7,874 cm. Kemudian bagian peleknya ring 12 inci dengan ban DURO tampak kasar. Ukuran bannya 120/70-12 depan dan 130/70-12 belakangnya.

Tampak unik pada bagian rem Yamaha Zuma 125. Memiliki cakram 245 mm depan dan 230 mm belakang model wave. Rem tersebut yang menggunakan model linked. Sehingga rem belakang juga terhubung dengan rem depannya.

Fitur

Zuma 125 memiliki panel instrumen LCD yang kekinian. Untuk bepergian tidak perlu khawatir, karena terdapat penyimpanan cukup besar. Bahkan bisa masuknya helm full face sekalipun. Selain itu, ada juga soket USB listrik untuk pengisian daya perangkat. Soket USB berada pada bagian kanan kompartemen dekat rumah kunci.

Harga

Skuter menyediakan pelanggan dalam dua warnanya, yaitu biru dan hitam. Yamaha menawarkan skuter ini model tahun 2022 yang seharga 3.699 dollar Amerika Serikat. Apabila dirupiahkan dengan harga sekitar Rp 53 juta rupiah. Yamaha menyebutkan bahwa tersedianya motor ini pada bulan Juli 2021. Apabila dijual di Indonesia pastinya akan lebih menarik.

Yamaha Zuma 125 akan hadir dengan gaya adventure. Skuter adventure yang dapat berkendara untuk berbagai medan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -